outfit lebaran untuk keluarga

Lebaran sebentar lagi! Siapa nih yang masih bingung pilih outfit lebaran untuk keluarga? Mengenakan outfit yang seragam bersama keluarga, memang akan menambah kehangatan suasana lebaran. Terutama saat sesi foto bareng, outfit keluarga tentunya menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Yuk, cari inspirasi outfit Idul Fitri untuk keluarga di sini!

Arti outfit lebaran baru

Membeli outfit atau pakaian baru untuk merayakan lebaran, sudah menjadi tradisi orang Islam di hampir seluruh penjuru dunia. Dilansir dari The National News, hal ini juga menjadi sunnah, atau tradisi, Nabi Muhammad untuk mengenakan sesuatu yang baru saat hari raya. 

Namun, banyak orang juga tidak mengikuti kebiasaan tersebut dan hanya mengenakan pakaian yang sudah ada di lemari, hal ini tentu tidak jadi masalah. Umat Islam mengenakan outfit lebaran baru sebagai simbol hari raya yang suci, juga meluruskan niat untuk membuka lembaran baru dalam hidup. 

Deretan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Mudik Lebaran 2023

Outfit baru saat hari raya Idul Fitri, hanya menjadi tradisi yang sudah dilakukan sejak puluhan tahun lamanya. Tidak heran jika tradisi ini sudah seperti kewajiban tahunan, sehingga orang-orang akan sibuk membeli baju baru untuk merayakan lebaran.

Warna busana yang pas buat lebaran

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus mengenai warna busana lebaran yang harus dipakai. Namun, kebanyakan orang mengenakan pakaian bernuansa putih untuk merepresentasikan kesucian di hari raya. Jika kamu bosan dengan warna putih, cobalah beberapa rekomendasi warna berikut:

Sage green

Warna sage green sepertinya menjadi tren outfit lebaran tahun ini. Terlebih lagi, warna hijau selalu dikenal sebagai warna Muslim. Warna ini melambangkan kesucian dan juga merupakan warna yang menonjol dalam segala hal tentang Islam. Tahun ini, outfit berwarna hijau sage menjadi favorit banyak orang.

Biru

Warna langit, biru diasosiasikan dengan banyak tradisi keagamaan sebagai simbol keabadian, surga dan kehidupan spiritual. Kamu bisa memilih outfit dengan nuansa biru seperti aqua, kobalt atau biru tua. Akan lebih baik jika memilih warna biru yang kalem, agar semua anggota keluarga menyukainya. 

Abu-abu netral

Abu-abu adalah warna netral yang umum dipilih banyak orang berbagai gender dan usia. Abu-abu tidak lekang oleh waktu dan praktis dan paling baik digunakan untuk melengkapi tampilan. Kamu bisa menambahkan bordir atau pernak pernik cantik, agar outfit tidak terlihat terlalu polos.

Beige

Warna beige atau krem, adalah warna yang paling fleksibel, netral, terkesan kalem. Kamu bisa memilih ini sebagai alternatif warna putih. Padukan warna krem dengan warna lainnya seperti coklat muda. Terlalu banyak warna krem mungkin tidak cocok untuk semua orang, kamu harus memperhatikannya untuk setiap anggota keluarga.

Cek Kalori Ketupat, Bisa Buat Berat Badan Naik Setelah Lebaran 2023?

Ide outfit lebaran keluarga

Jika kamu masih bingung memilih outfit lebaran keluarga, beberapa inspirasi outfit dari selebriti Indonesia berikut ini mungkin bisa kamu ikuti:

1. Dude Harlino dan Alyssa

Pasangan selebriti ini mengenakan baju lebaran keluarga dengan nuansa putih. Dude dan kedua putranya kompak mamakai model koko sederhana yang terlihat gagah. Sedangkan Alyssa mengenakan gamis dengan aksen biru pada bagian roknya.

2. Oki Setiana Dewi dan keluarga

Oki dan keluarga mengenakan baju kembaran dengan dua putrinya, sedangkan dua putranya kembaran dengan suaminya. Mereka mengenakan busana serasi berwarna coklat muda dan coklat gelap. Terlihat semakin elegan dengan motif cantik dari masing-masing busana.

3. Vidi Aldiano dan Sheila Daisha

Pasangan yang baru menikah ini terlihat sangat kompak dengan baju lebaran bernuansa abu-abu. Dilengkapi dengan motif batik berwarna putih, membuat keduanya terlihat elegan dan simpel, cocok dengan karakter mereka yang masih muda.

4. Raisa Andriana dan keluarga

Raisa tampil elegan di hari lebaran dengan kebaya putih bermotif bunga, ditambah dengan aksen warna krem dari rok yang dikenakannya. Raisa tampil kompak dengan Hamish dan keluarga yang mengenakan baju serba putih.

5. Tya Ariestya dan keluarga

Jika kamu bosan dengan warna putih, krem, dan abu yang kalem, warna terakota seperti yang dikenakan Tya dan keluarga mungkin bisa jadi solusinya. Terracotta adalah earth tone, perpaduan antara merah bata dan coklat. Kamu mungkin bisa mencobanya sebagai gaya baru di hari lebaran.

Selamat mencoba!

____________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference