5 cara merawat tubuh

Masalah kesehatan bisa mempengaruhi tingkat kebahagiaan dan stres kamu. Bahkan, masalah kesehatan yang relatif kecil sekalipun, misalnya nyeri, flu, maupun gangguan pencernaan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.

Punya tubuh yang sehat dan bugar akan membuat kamu merasa nyaman ketika melakukan aktivitas. Karena itu, penting untuk merawat tubuh dengan kebiasaan hidup yang sehat. Kali ini, kami akan membahas 5 cara merawat tubuh secara alami yang perlu kamu perhatikan dan lakukan. Simak sampai akhir ya!

Alasan Mengapa Perlu Merawat Tubuh!

cara menjaga kesehatan tubuh

Merawat tubuh adalah semua upaya yang dilakukan untuk menjalani hidup yang lebih sehat, bugar, dan bahagia. Jangan menunggu sampai sakit dulu baru mulai merawat tubuh. Untuk merawatnya, kamu perlu memperhatikan kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari, jam tidur, maupun olahraga.

Beberapa alasan mengapa kita harus merawat tubuh, yaitu:

Pikiran lebih produktif dan bahagia

Merawat tubuh itu penting karena bisa membuat pikiran kamu lebih produktif dan bahagia. Tubuh yang sehat akan mengarah pada pikiran yang sehat pula. Hal ini dapat menurunkan kecemasan dan mengurangi kemungkinan terjadinya depresi.

Mencegah penyakit

Dengan merawat tubuh, penyakit akan bisa dicegah. Penyakit seperti flu dan demam tidak akan sering menyerang tubuh kamu. Jadi, selalu lebih baik untuk menghindari penyakit yang serius dan merawat tubuh secara teratur daripada menunggu sakit dulu baru mulai melakukannya.

Baca juga: Bagaimana Memaksimalkan Jam Tidur Siang yang Baik?

5 cara untuk merawat tubuh

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat tubuh, antara lain:

Konsumsi makanan yang sehat

menu makanan sehat

Konsumsi makanan yang bisa meningkatkan energi dan menjaga sistem pencernaan kamu tetap lancar. Apa yang kamu makan biasanya akan berpengaruh pada tingkat stres dan kesehatan jangka panjang kamu.

Jika kamu tidak punya pola makan yang sehat, kamu akan cenderung mengalami perasaan lesu, gelisah, mudah marah, lelah, dan lemah.

Dianjurkan untuk makan banyak buah dan sayuran, seperti wortel, apel, atau pisang. Sebaiknya hindari makanan cepat saji dan makanan olahan. Batasi konsumsi gula dan gorengan.

Baca juga: Tetap Sehat Dengan Konsumsi 11 Makanan Sehat Rendah Kalori Berikut! 

Tidur yang cukup

Cara Merawat Tubuh dengan Cukup istirahat

Sama seperti makanan, tidur juga bisa berdampak serius pada kesehatan kamu. Maka dari itu, cukuplah tidur pada malam hari yaitu sekitar 8 jam. Orang yang kurang tidur biasanya kurang produktif dan lebih rentan terhadap stres.

Kamu perlu menghindari konsumsi kafein setelah jam 2 siang, pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun di waktu yang sama setiap pagi, dan ciptakan ruangan tidur yang nyaman.

Baca juga: Apa itu Pola Tidur Bifasik? Ini Manfaat dan Cara Menerapkannya! 

Melakukan olahraga secara teratur

pola hidup sehat

Lakukan olahraga secara teratur. Misalnya, kamu bisa menjadikan lari pagi sebagai rutinitas sebelum pergi bekerja. Hal ini lebih efektif daripada kamu menunggu sampai merasa ingin melakukannya. Apalagi jika kamu punya aktivitas yang sibuk dan sering merasa lelah setelah bekerja.

Supaya lebih termotivasi untuk melakukan olahraga, kamu juga bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai. Misalnya, kamu bisa berjalan sambil mendengarkan musik. Musik bisa meningkatkan energi kamu.

Baca juga: Olahraga Favorit IU Lee Ji Eun, Rahasia Tubuh Sehat dan Ideal

Hindari mengonsumsi alkohol yang berlebihan

5 Cara merawat tubuh selanjutnya adalah mengurangi mengonsumsi alkoloh. Sebaiknya, hindari konsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan. Sebab, hal ini bisa membahayakan kesehatan dalam jangka panjang, termasuk memperburuk tingkat stres.

Kebiasaan mengonsumsi alkohol yang berlebihan bisa memudahkan tubuh terjangkit infeksi bakteri dan virus. Alkohol juga dapat memicu beberapa penyakit, seperti kanker, ginjal, dan hati.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Air Putih? Ternyata Baik untuk Tubuh dan Kulit! 

Minum air putih yang cukup

minum air dingin setelah olahraga

Dehidrasi bisa mempengaruhi energi dan suasana hati kamu. Maka, banyak dokter yang menyarankan untuk minum air putih yang cukup setiap hari, disesuaikan dengan tingkat aktivitas fisik. Misalnya, kalau kamu aktif melakukan olahraga, maka kamu harus minum lebih banyak agar terhidrasi dengan baik.

Mengonsumsi air putih bisa membantu membersihkan dan membuang racun dari tubuh kita. Hal ini juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan dan membersihkan kulit. Jadi, air putih tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tetapi juga menunjang penampilan kulit.

Menggunakan produk-produk berbahan alami

Terkahir, kamu juga perlu merawat tubuh dengan menggunakan produk-produk alami yang aman untuk tubuh. Salah satunya menggunakan pembalut organik. Pembalut organik menggunakan bahan-bahan alami, seperti terbuat dari organic cotton, tanpa pemutih, pengawet, pewangi, dan bahan kimia lainnya. Sehingga dapat mencegah terjadinya iritasi kulit dan gatal.

Itulah beberapa cara untuk merawat tubuh secara alami yang wajib kamu coba. Jika kamu melakukannya setiap hari, kamu akan melihat hasilnya dalam beberapa minggu atau beberapa bulan mendatang.

Share artikel ini
Reference