waktu tidur siang yang baik

beautiful asian woman casual dress sleep well on white bed daylight morning time

Memaksimalkan waktu tidur siang yang baik akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Tidur siang tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak saja, orang dewasa juga memerlukannya. Kamu bisa meningkatkan konsentrasi, kinerja, dan produktivitas setelah kembali dari tidur siang.

Tapi tidur siang yang dimaksud bukanlah tidur berjam-jam hingga menjelang sore. Mungkin kamu pernah merasa lelah dan tidak semangat setelah bangun? Hal ini bisa terjadi saat kamu tidur di waktu yang tidak tepat. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan memaksimalkannya, yuk cari tahu selengkapnya!

Mengenal waktu tidur siang yang baik

Waktu yang baik umumnya sekitar pukul 2 siang dan 3 sore. Kebanyakan orang tidur pada waktu tersebut, karena mereka telah selesai makan siang sehingga kadar energi dalam tubuh mulai menurun. Jika sudah begini, rasa kantuk pasti sudah tidak bisa ditahan lagi.

Namun tidak semua orang cocok, mungkin kamu salah satu orang yang tidak bisa tidur selain di kamar sendiri. Beberapa orang akan mengalami insomnia ketika mereka melakukannya. Tidak sedikit juga orang yang mengalami penurunan mood ketika bangun.

Kapan waktu tidur siang yang baik

Sebenarnya setiap orang memiliki terbaik masing-masing. Cara menghitungnya yaitu dengan melihat waktu bangun pagi. Jika kamu bangun jam 7 pagi, maka waktu idealnya yaitu jam 2 siang.

Sedangkan jika kamu jam 6 pagi, maka waktu tidur siang yang pas yaitu jam setengah 2 siang. Namun jika kamu terbiasa bangun agak siang, yaitu jam setengah 8 pagi, waktu idealnya sekitar jam setengah 3 siang atau menjelang sore.

Berapa lama waktu tidur siang yang baik

Setelah kamu menemukan waktu idealmu, sekarang tentukan durasi yang baik. Kamu tidak perlu tidur terlalu lama cukup 20-30 menit saja, saat bangun kamu akan merasa lebih segar dan semangat untuk melanjutkan aktivitas.

Sebaliknya, jika terlalu lama, kamu hanya akan merasa lemas dan terus menerus ingin tidur lagi. Hal inilah yang menimbulkan stigma bahwa ini hanya untuk orang malas. Sebaiknya jangan melakukannya jika kamu merasa tidak cukup dengan durasi 20-30 menit. Apalagi jika kamu harus melakukan pekerjaan atau kegiatan lain setelah bangun.

Cara memaksimalkan waktu tidur siang yang baik

Untuk mendapatkan hasil maksimal, ikuti tips berikut:

  1. Pastikan kamu tidur dalam durasi yang singkat. Semakin lama, semakin besar kemungkinan merasa pusing setelah bangun.
  2. Jangan tidur di sore hari. Tidur setelah jam 3 sore dapat mengganggu tidur malam.
  3. Tidur di lingkungan yang tenang. Sebaiknya pilih tempat yang tenang dan gelap dengan suhu ruangan yang nyaman dan sedikit gangguan. Cara ini akan membuatmu segar saat bangun.
  4. Beri sedikit waktu untuk bangun sebelum melanjutkan aktivitas, terutama kegiatan yang membutuhkan respons cepat.

Manfaat dari tidur siang dengan waktu yang baik

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan:

Meningkatkan memori

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur berperan penting dalam menyimpan ingatan. Ini dapat membantu mengingat hal-hal yang dipelajari sebelumnya di hari yang sama. Ini berfungsi untuk mencegah melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal.

Meningkatkan mood

Jika kamu merasa down, cobalah melakukan hal ini untuk membangkitkan semangat. Tidur atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur, dapat lebih meningkatkan mood. Para ahli mengatakan, relaksasi yang datang dari berbaring atau istirahat dapat menjadi mood booster, terlepas kamu tidur atau tidak.

Tidur siang lebih baik dari kafein

Jika kamu merasa lelah tetapi ada pekerjaan atau kegiatan yang harus diselesaikan. Lebih baik ambil waktu untuk tidur siang daripada menyeruput kopi. Dibandingkan dengan kafein,ini dapat membawa memori dan meningkatkan fokus yang lebih baik.

Tidur siang yang baik dapat meringankan stress dan kewalahan yang sedang kamu alami. Bukan niat untuk bermalas-malasan, ini ibarat ‘isi bensin’ untuk melanjutkan perjalanan panjang yang menguras energi.

Share artikel ini
Reference