cara memutuskan pacar

Ada banyak cara untuk putus dengan pacar, dan tidak semuanya mudah dilakukan. Cara memutuskan pacar secara baik-baik penting dilakukan agar tak ada yang sakit hati.

Cara memutuskan pacar harus dilakukan dengan etika. Disertai dengan kejujuran dan rasa hormat. Jadi, kamu harus mengatakannya dengan jelas dan jujur, meski reaksi darinya belum tentu seperti yang kamu harapkan.

Terkadang putus cinta dengan pacar lebih baik daripada bertahan dalam hubungan yang tidak sesuai harapan. Banyak orang merasa bersalah karena ingin mengakhiri hubungan dengan pacarnya. Namun, menurut para ahli, daripada menunggu pacar merasa tidak nyaman, lebih baik kamu mengambil tindakan. Simak caranya di bawah ini!

15 Cara memutuskan pacar secara baik-baik

cara melewati masa putus cinta
cara melewati masa putus cinta

Putus dengan pacar memang tidak mudah, sebaiknya diputuskan dengan cara yang baik dengan cara berikut ini.

1. Pilih waktu dan tempat yang tepat untuk mengatakannya

Pilih cara memutuskan pacar dengan hati-hati dan hormat. Jangan memutuskan hari ulang tahunnya, dan jangan mengatakannya di pagi hari sebelum bekerja (atau melalui SMS atau obrolan saat dia sedang bekerja).

2. Jelaskan mengapa kamu ingin putus

Kejujuran adalah hal terpenting dalam cara memutuskan pacar dengan hati-hati. Menurut para ahli, pada dasarnya manusia selalu ingin belajar dan mengerti mengapa sesuatu itu terjadi.

Jadi, menurut para ahli, jika kamu putus dengan pacar tanpa penjelasan atau alasan yang jelas, maka dia menjadi resah dan bertanya-tanya ada apa dengan dirinya.

3. Ucapkan dengan kalimat yang baik

Misalnya, jika alasan kamu putus sebenarnya hanya karena kamu tidak menyukai tampilannya, jangan katakan dengan lantang. Kejujuran memang penting, tapi harus diimbangi dengan kebaikan. Mungkin kamu bisa mengatakan bahwa kamu tidak melihat hubungan kamu berdua berlanjut.

4. Jangan mencoba berteman setelah putus

Terkadang, mantan pacar bisa menjadi teman baik. Namun, kamu berdua membutuhkan jarak setelah putus. Jika tidak, maka rasanya tidak seperti selamat tinggal.

5. Pastikan kamu benar-benar ingin putus

Jika kamu masih bimbang apakah ingin berpisah atau tidak, sebaiknya jangan mengambil tindakan sampai kamu tahu benar-benar ingin berpisah. Jadi, coba cerna alasan kamu ingin putus, dan apakah hubungan yang kamu jalani tidak memberikan manfaat dan kebahagiaan.

6. Bicara langsung secara pribadi

Minta dia untuk berbicara satu lawan satu di ruang pribadi atau di mana orang lain tidak dapat mendengar percakapan antara kalian berdua. Ini menunjukkan bahwa kamu menghargai pasangan kamu.

Simpel! Ini 5 Cara Mengungkapkan Perasaan Bahkan Untuk Orang Pemalu

7. Nyatakan bahwa kamu merasa sedih

Cara terbaik untuk memutuskan kencan adalah dengan memberi tahu pasangan kamu bagaimana perasaan kamu tentang keputusan yang dibuat. Beri tahu pasangan bahwa keputusan yang kamu pilih adalah sesuatu yang tidak mudah dan menyedihkan bagi kamu.

8. Tonjolkan nilai-nilai positif pasangan kamu

Selain mengungkapkan perasaan, kamu dapat mengetahui dampak positif apa yang diberikan pasangan. Kamu juga dapat mengingat apa tujuan kamu dan pasangan.

9. Sampaikan alasannya dengan jujur dan jelas

Tidak hanya perasaan, kamu perlu menyatakan dengan jujur apa yang membuat kamu memutuskan untuk berpisah dari pasangan.

Cara memutuskan pacar yang baik harus disertai dengan alasan yang jujur, jelas, dan tidak mengada-ada. Kejujuran dalam menyatakan alasan kamu merupakan bentuk penghargaan terhadap pasangan kamu.

10. Sampaikan keputusan dengan tegas

Kamu tidak boleh mencela bahwa nanti akan ada kesempatan untuk menebus kesalahan. Ini bisa membuat status kamu dan pasangan menjadi ambigu. Sebaiknya jelaskan bahwa kamu ingin berpisah.

11. Jangan menyalahkan pasangan kamu

Saat memutuskan pasangan, jangan salahkan pasangan atas keputusan kamu. Perjelas bahwa keputusan ini kamu yang menginginkan.

Jika pasangan mulai menyampaikan argumennya, dengarkan dan jawab pertanyaan pasangan kamu. Setelah itu, beri tahu pasangan bahwa keputusan kamu sudah bulat.

Bagaimana Ciri-Ciri Pasangan Berbohong dan Begini Cara Mengetahuinya!

12. Jangan terlalu memaksa

Mungkin kadang tergoda untuk menjaga hubungan baik dengan pasangan kamu dengan memberi tahu mereka bahwa kamu ingin tetap berteman. Namun, terkadang hal ini justru bisa melukai pasangan.

Cara terbaik untuk memutuskan pacar adalah membuat pasangan kamu melihat pacaran dengan kamu sebagai kenangan indah.

13. Berikan jeda waktu untuk pasangan

Beri pasangan kamu waktu untuk merasakan emosinya dan memproses apa yang terjadi. Hindari menelepon atau menghubungi pasangan, dan hiburlah pasangan kamu yang sedih dengan keputusan kamu.

14. Dengarkan keluhan dan keluhan pasangan kamu

Cara menentukan pacar yang baik selanjutnya adalah dengan mendengarkan keluh kesah dan keluh kesah pasangan sebelum berpisah. Bisa jadi pasangan telah memendam banyak keluhan terhadap kamu namun tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkannya.

15. Jangan berbicara buruk tentang pasangan kamu

Meski sudah putus, bukan berarti tiba-tiba membicarakan kejelekan pasangan dan menjadikan pacar sebagai ‘orang jahat’ di mata orang lain. Sadari bahwa setiap orang memiliki kelebihan serta kekurangannya.

Tips memutuskan pacar lewat chat

Meski disarankan bicara langsung, di saat tertentu kami bisa memutuskan hubungan lewat chat, berikut tips yang bisa kamu coba. Ada beberapa ahli, yaitu profesor, konselor dan ilmuwan, untuk menghasilkan obrolan atau pesan yang lebih baik.

1. Jujur adalah kuncinya

Kamu dapat mengirim obrolan berikut “Ngomong-ngomong, akhir-akhir ini jalan-jalan menyenangkan, tapi menurutku kita tidak ditakdirkan untuk menjadi pasangan.”

Sejujurnya” adalah cara yang bagus untuk menyampaikan beberapa berita yang tidak diinginkan, sementara “Saya rasa kita tidak ditakdirkan untuk menjadi pasangan” lebih ringan daripada beberapa alternatif.

Bagaimana Ciri-Ciri Pasangan Berbohong dan Begini Cara Mengetahuinya!

2. Buat kesan

“Hai, saya harap kamu baik-baik saja. Saya sangat senang mengenal kamu, tetapi jika saya jujur, saya tidak merasakan hubungan yang nyata di antara kita. Senang bertemu dengan kamu.”

Jika kamu mengakhiri hubungan jangka panjang, sebaiknya lakukan percakapan tatap muka. Tetapi jika kamu hanya pernah berkencan beberapa kali maka mungkin dapat diterima untuk melakukannya melalui SMS.

3. Sajikan fakta terbaik

“Aku rasa tidak cocok dengan hubungan kita ini. Jadi aku ingin mengakhiri semua komunikasi lebih lanjut dan berharap yang terbaik untukmu di masa depan”

Meskipun tidak ada yang menyukai penolakan, mengetahui posisi kamu lebih baik dalam jangka panjang.

Cara putus dengan pacar bukanlah perkara yang mudah, perlu kamu sadari bahwa berpisah dengan seseorang bukanlah hal yang mudah dan tentunya akan memicu perubahan dalam hubungan kamu dengan pasangan.

Share artikel ini
Reference