voltaren gel obat apa

Rasa nyeri pada sendi, otot, dan jaringan lunak memang bisa sangat mengganggu. Untungnya, ada beragam obat yang bisa digunakan untuk meredakan gejala tersebut, salah satunya adalah Voltaren Gel.

Simak apa itu obat Voltaren Gel, mulai dari manfaat, dosis dan penggunaan, efek samping, hingga interaksi obatnya di sini!

Apa itu obat voltaren gel?

voltaren gel obat apa

Voltaren Gel merupakan salah satu sediaan obat yang mengandung Natrium Diklofenak, diproduksi oleh Novartis Indonesia.

Obat ini tersedia dalam bentuk gel dan termasuk dalam golongan Obat Antiinflamasi Non-Steroid (OAINS). 

Voltaren Gel digunakan untuk meredakan peradangan degeneratif seperti rematik, ankylosing spondylitis, dan osteoarthrosis. Selain itu, obat ini dimanfaatkan untuk perawatan atau pencegahan nyeri pasca operasi. 

Kelebihan sediaan gel ini adalah membantu memudahkan pasien yang sulit menelan obat dan menutupi rasa tidak enak pada obat.

Voltaren Gel bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin, yaitu senyawa yang menyebabkan rasa sakit dan inflamasi.

Dengan menghalangi prostaglandin, obat ini dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan. Jika ingin mendapatkan obat ini, kamu harus membelinya dengan resep dokter karena masuk dalam golongan obat keras. 

Manfaat, Penggunaan, Efek Samping Obat Krim Oviskin!

Manfaat voltaren gel

Penggunaan obat Voltaren Gel memiliki beberapa manfaat penting dalam mengatasi nyeri dan peradangan. Lantas, apa saja manfaat dari pemakaian obat voltaren gel? Ini jawabannya!

1. Mengatasi rematik

Salah satu kegunaan dari Voltaren Gel adalah meredakan inflamasi degeneratif pada rematik. Rematik adalah peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kaku pada persendian.

2. Meredakan gejala osteoarthritis

Selain rematik, beberapa orang memanfaatkan Voltaren Gel sebagai pengobatan untuk osteoarthrosis. Kondisi ini terjadi ketika sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.

3. Mengobati spondylarthritis

Voltaren Gel juga dapat membantu mengurangi peradangan pada spondylarthritis, yaitu rematik yang mempengaruhi tulang belakang, persendian, dan enthesis.

4. Mengurangi nyeri pasca operasi

Beberapa orang terkadang memakai Voltaren Gel sebagai peraawatan atau pencegahan nyeri pasca operasi. Pasalnya, obat ini membantu meredakan ketidaknyamanan setelah prosedur bedah.

Dosis dan penggunaan voltaren gel

penggunaan obat voltaren gel

Mengetahui apa saja manfaat obat Voltaren Gel memang penting. Namun, manfaat tersebut baru akan didapatkan dengan maksimal ketika dosis dan penggunaan obat telah sesuai. Ini cara pakai Voltaren Gel yang perlu diperhatikan. 

  • Untuk dewasa dan anak berusia 12 tahun: oleskan gel perlahan pada area yang terkena sebanyak tiga atau empat kali sehari
  • Sesuaikan jumlah gel yang digunakan dengan ukuran area yang terkena, misalnya seukuran buah ceri atau sebesar buah kenari
  • Voltaren Gel memberikan efek mendinginkan dan menyejukkan saat dioleskan pada kulit tanpa bau yang menyengat
  • Gunakan Voltaren Gel 14-21 hari tergantung indikasi karena memiliki tolerabilitas yang baik

Bila nyeri tidak membaik setelah 7 hari atau bahkan memburuk, segera konsultasikan dengan dokter. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penanganan yang lebih lanjut dan tepat. 

Voltaren Obat Pereda Nyeri, Bolehkah Digunakan ibu Hamil?

Efek samping obat voltaren gel

efek samping obat voltaren gel

Sama seperti obat-obatan lainnya, pemakaian Voltaren Gel memiliki risiko efek samping pada sebagian orang. Berikut beberapa efek samping yang umum terjadi. 

Iritasi kulit pada kulit di area yang diolesi. Hal ini dapat ditandai dengan kondisi ini: 

  • Kemerahan 
  • Gatal-gatal
  • Sensasi terbakar

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap diklofenak yang terdapat dalam Voltaren Gel. Jika mengalami gejala seperti di bawah ini setelah memakai obat, segera konsultasikan dengan dokter. 

  • Ruam
  • Gatal
  • Pembengkakan
  • Sesak napas

Jika mengalami efek samping yang tidak diinginkan atau tidak biasa setelah menggunakan Voltaren Gel, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Apa Itu Obat Flamar Gel? Ini Kegunaan dan Efek Sampingnya!

Interaksi dengan obat lain 

Sebelum menggunakan Voltaren Gel, penting untuk memberi tahu dokter mengenai obat-obatan lain yang sedang kamu konsumsi, baik obat resep maupun obat bebas.

Beberapa obat mungkin memiliki interaksi dengan Voltaren Gel dan dapat mempengaruhi efektivitas atau keamanan pengobatan. 

Dokter akan memberikan instruksi yang tepat mengenai penggunaan obat pereda nyeri ini dengan obat-obatan lain yang kamu konsumsi. 

Itu tadi informasi seputar apa itu obat Voltaren Gel yang digunakan untuk mengurangi nyeri dan peradangan pada sendi, otot, dan jaringan lunak.

Berkat kandungan diklofenak di dalamnya, obat ini bisa membantu meredakan gejala osteoarthritis dan radang sendi. Usahakan untuk memakai Voltaren Gel sesuai dengan dosis dan petunjuk dokter. 


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference