penyebab pendarahan otak

Depressed woman with headache hand holding her head on the bed

Penyakit yang cukup mematikan yaitu pendarahan otak bisa menyerang siapa saja. Apalagi penyakit ini tidak memandang usia, sehingga mereka yang masih muda dan sudah tua juga bisa mengalaminya. Kira-kira apa penyebab pendarahan otak, ya?

Dengan mengetahui penyebabnya, kamu juga bisa melakukan langkah antisipasi dan mencegah penyakit ini.

Pendarahan otak adalah

Pendarahan otak adalah pecahnya arteri di otak dan menyebabkan pendarahan lokal di jaringan sekitarnya. Ini membunuh sel-sel otak, yang menjadi penyumbang sekitar 13% dari penyebab stroke. Dalam bahasa medis, pendarahan otak juga disebut pendarahan intrakranial atau pendarahan intraserebral.

Karena beberapa pendarahan otak dapat melumpuhkan atau mengancam jiwa, penting untuk mendapatkan bantuan medis dengan cepat jika kamu merasa seseorang mengalaminya. Inilah yang perlu kamu ketahui tentang penyebab, gejala, perawatan, dan lainnya.

Penyebab pendarahan otak

Ada beberapa faktor risiko dan penyebab pendarahan otak. Yang paling umum meliputi:

1. Trauma kepala. Cedera adalah penyebab paling umum dari pendarahan otak bagi mereka yang berusia di bawah 50 tahun.
2. Tekanan darah tinggi. Kondisi kronis ini dapat, dalam jangka waktu yang lama, melemahkan dinding pembuluh darah. Tekanan darah tinggi yang tidak diobati adalah penyebab utama pendarahan otak yang dapat dicegah.
3. Kelainan pembuluh darah (Malformasi arteriovenosa), yakni kelemahan pada pembuluh darah di dalam dan di sekitar otak mungkin muncul saat lahir dan didiagnosis hanya jika gejalanya berkembang.
4. Aneurisma. Ini adalah melemahnya dinding pembuluh darah yang membengkak. Itu bisa pecah dan berdarah ke otak, menyebabkan stroke.
5. Angiopati amiloid. Ini merupakan kelainan pada dinding pembuluh darah yang terkadang terjadi seiring bertambahnya usia dan tekanan darah tinggi. Ini dapat menyebabkan banyak pendarahan kecil yang tidak diketahui sebelum menyebabkan yang besar.
6. Gangguan darah atau pendarahan. Hemofilia dan anemia sel sabit dapat menyebabkan penurunan kadar trombosit dan pembekuan darah. Pengencer darah juga merupakan faktor risiko.
7. Penyakit hati. Kondisi ini berhubungan dengan peningkatan perdarahan secara umum.
8. Tumor otak.

Gejala pendarahan otak

Gejala pendarahan otak tergantung pada area otak yang mengalami pendarahan. Secara umum, gejala pendarahan otak dapat meliputi:

  • Bicara tidak normal atau cadel.
  • Kesemutan tiba-tiba, kelemahan, mati rasa, atau kelumpuhan pada wajah, lengan atau kaki, terutama di satu sisi tubuh.
  • Kebingungan dan kejang.
  • Kesulitan menelan.
  • Kehilangan penglihatan atau kesulitan melihat.
  • Kehilangan keseimbangan atau koordinasi.
  • Kesulitan bernapas dan detak jantung tidak normal (jika perdarahan terletak di batang otak).
  • Leher kaku dan sensitif terhadap cahaya.
  • Mual dan muntah.
  • Sakit kepala yang teramat dan atau tiba-tiba atau sakit kepala “thunderclap”.

Bahaya pendarahan otak

Pendarahan otak, terlepas dari lokasinya, biasanya terjadi secara tiba-tiba. Namun, beberapa – misalnya, hematoma subdural – dapat memakan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu sebelum gejala berkembang.

Keseriusan dan hasil dari pendarahan otak tergantung pada penyebabnya, lokasi di dalam tengkorak, ukuran pendarahan, jumlah waktu yang lewat antara pendarahan dan pengobatan, usia kamu dan kesehatan secara keseluruhan. Setelah sel-sel otak mati, mereka tidak beregenerasi. Kerusakan bisa parah dan mengakibatkan cacat fisik, mental, dan mengancam jiwa.

Berbagai jenis perdarahan intrakranial menyerang orang-orang dari segala usia. Meskipun pendarahan otak dan stroke hemoragik (khususnya, ketika pembuluh darah pecah dan berdarah ke otak) paling sering dikaitkan dengan orang dewasa yang lebih tua, mereka juga dapat terjadi pada anak-anak (stroke pediatrik).

Cara mengobati pendarahan otak

Perawatan pendarahan otak tergantung pada ukuran pendarahan, lokasinya di otak, dan jumlah pembengkakan yang disebabkannya. Setelah dokter kamu menemukan sumber perdarahan, perawatan perdarahan mungkin termasuk:

  • Pembedahan brainpath: Pendekatan ini memungkinkan ahli bedah untuk mengangkat tumor atau bekuan darah melalui saluran, atau port seukuran uang receh. Dibandingkan dengan operasi terbuka tradisional, ioperasi ini biasanya menyebabkan lebih sedikit jaringan parut, lebih sedikit komplikasi, dan memiliki waktu pemulihan yang lebih cepat.
  • Pembedahan terbuka: Dalam beberapa kasus, pembedahan tradisional mungkin diperlukan untuk mengalirkan darah dari otak atau untuk memperbaiki pembuluh darah yang rusak.
  • Menguras cairan yang mengelilingi otak: car aini bertujuan menciptakan ruang bagi hematoma untuk berkembang tanpa merusak sel-sel otak.
  • Obat: Obat-obatan digunakan untuk mengontrol tekanan darah, kejang atau sakit kepala.
  • Kateter: Sebuah tabung tipis panjang dimasukkan melalui pembuluh darah sampai mencapai daerah yang terkena.
  • Terapi fisik, okupasi, dan wicara: Perawatan pendarahan otak ini dapat membantu individu mendapatkan kembali fungsi otak (seperti kemampuan berbicara) yang mungkin terpengaruh oleh pendarahan otak.

 

Share artikel ini
Reference