vitamin b kompleks

Seperti yang kita tahu, vitamin memiliki berbagai jenis. Bahkan, untuk vitamin B sendiri masih tersusun dari 8 jenis yang disebut dengan Vitamin B kompleks, di antaranya Vitamin B1 (Thiamin), B2 (Riboflavin), B3 (Niacin), B5 (Asam Pantotenat), B6 ​​(Piridoksin), B7 (Biotin), B9 (Asam Folat) dan B12 (Cobalamin).

Sebagai salah satu vitamin yang larut dalam air selain vitamin C, Vitamin B kompleks ini secara alami hadir dalam berbagai sumber makanan, terutama sumber makanan hewani.

Dari kedelapan jenis vitamin B ini, masing-masing vitamin esensial ini berkontribusi pada fungsi tubuh secara keseluruhan. Lantas, vitamin B kompleks untuk apa dan apa saja manfaatnya? Yuk, temukan jawabannya dalam artikel ini!

Manfaat vitamin b kompleks untuk kesehatan

Secara umum, vitamin B kompleks memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sebagai pendukung nutrisi, vitamin B berdampak langsung pada produksi energi, hormon dan kolesterol, pemeliharaan fungsi organ otak, mata, pencernaan, saraf, jantung, metabolisme sel dan pembentukan sel darah merah.

Lebih rinci lagi, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat dari vitamin B kompleks, seperti:

1. Memelihara kesehatan fungsi otak

Vitamin B memainkan peran yang saling terkait dalam menjaga otak kita agar bekerja dengan baik. Jumlah vitamin B yang cukup dalam tubuh sangat penting untuk fungsi fisiologis dan neurologis yang optimal. Misalnya saja vitamin B6, B12, dan B9 yang kerap dikaitkan dengan meningkatkan kesehatan kognitif pada orang tua.

Di samping itu, vitamin B6 khususnya dapat berperan dalam pencegahan gangguan neurologis penyakit parkinson serta vitamin B9 dan vitamin B12 yang juga dapat membantu pengobatan depresi. 

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Vitamin B telah ditemukan memiliki berbagai manfaat pada sistem pencernaan. Jika kamu mengalami kembung, sembelit, diare, atau mulas, itu pertanda mungkin pencernaanmu sedang bermasalah dan ususmu tidak dalam kondisi sehat. 

Apabila kamu mengalami masalah ini, Vitamin B6 dan B7 menjadi solusinya. Pasalnya, kedua vitamin ini dipercaya mampu meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan membantu tubuh memproses makanan dengan lebih baik. 

3. Meredakan migrain

Migrain merupakan jenis sakit kepala yang terasa seperti berdenyut, dan umumnya hanya terjadi pada satu sisi kepala. Untuk meredakan gejalanya, kamu bisa mengonsumsi suplemen atau sumber makanan yang mengandung vitamin B2.

Vitamin B2 memiliki banyak manfaat yang salah satunya dapat meredakan migrain pada orang dewasa dan anak-anak. Nutrisi di dalam vitamin ini bekerja dengan cara mengurangi frekuensi dan durasi serangan migrain tanpa efek samping.

Migrain Adalah Sakit Kepala Sebelah, Ini Cara Mengatasinya!

4. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Kurangnya sel darah merah dapat menyebabkan anemia, kelelahan, dan sistem kekebalan yang melemah. 

Jika sistem kekebalan tubuh lebih lemah dari biasanya, maka kamu lebih mungkin terserang penyakit. Bahkan, tubuhmu kurang mempersiapkan diri untuk melawan penyakit.

Salah satu kunci menjaga sistem kekebalan tubuh, kamu bisa mengonsumsi vitamin B12. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin B12 ini memainkan peran penting dalam produksi sel darah merah dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

25 tips menjaga kesehatan jantung

Dengan asupan vitamin B yang cukup, terutama asam folat (B9) dan piridoksin (B6), nantinya kesehatan jantung pun akan lebih terjaga sehingga kecil kemungkinan kamu mengalami penyakit kardiovaskular.

Sampai saat ini penelitian terkait manfaat vitamin B kompleks memang masih terbatas. Namun seperti yang dilansir dari Desejr, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa suplemen vitamin B tidak hanya baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, tetapi juga mengurangi risiko penyakit terkait kardiovaskular.

6. Membantu mengatasi anemia

Vitamin B dikenal untuk mengobati berbagai bentuk anemia. Di samping itu, folat dan vitamin B12 dapat mengobati dan mencegah anemia megaloblastik, atau penyakit yang ditandai dengan sel darah merah mengalami penurunan sangat besar. Tak hanya itu, vitamin B6 juga dapat mengobati anemia sideroblastik.

7. Meningkatkan kesehatan penglihatan

Kekurangan vitamin B kompleks kerap kali dengan kesehatan penglihatan yang buruk. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada anak sekolah, suplementasi vitamin B kompleks tercatat dapat meningkatkan ketajaman penglihatan mereka. Fakta lainnya, kekurangan vitamin B12  dapat menyebabkan neuropati optik. 

Itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari vitamin B kompleks. Sebenarnya secara keseluruhan, vitamin B kompleks dapat membantu mencegah infeksi dan mendukung:

  1. Kesehatan sel
  2. Pertumbuhan sel darah merah
  3. Meningkatkan energi
  4. Menjaga kesehatan penglihatan
  5. Meningkatkan fungsi otak
  6. Menjaga kesehatan pencernaan
  7. Menambah nafsu makan
  8. Mendukung fungsi saraf yang tepat
  9. Menjaga kesehatan jantung

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B yang Menyehatkan

Lantas, berapa jumlah vitamin B kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh? Jumlah harian yang direkomendasikan untuk setiap vitamin B bervariasi.

Menurut National Institutes of Health (NIH), asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita adalah:

  1. Vitamin B1: 1,1 miligram (mg)
  2. Vitamin B2: 1,1 mg
  3. Vitamin B3: 14 mg NE
  4. Vitamin B5: 5mg
  5. Vitamin B6: 1,3 mg
  6. Vitamin. B7: 30 mikrogram (mcg)
  7. Vitamin B9: 400 mcg DFE
  8. Vitamin B12: 2,4 mcg

Sementara itu, untuk pria, NIH merekomendasikan asupan harian berikut:

  1. Vitamin B1: 1,2 mg
  2. Vitamin B2: 1,3 mg
  3. Vitamin B3: 16 mg
  4. Vitamin B5: 5 mg
  5. Vitamin B6: 1,3 mg
  6. Vitamin B7: 30 mcg
  7. Vitamin B9: 400 mcg
  8. Vitamin B12: 2,4 mcg

Biasanya, orang tua maupun ibu hamil lebih banyak membutuhkan asupan vitamin B. Untuk mendapatkan jumlah asupan vitamin B komplek yang tepat, sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter, ya!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini