self healing

Brunette Asian woman in headphones meditating in bedroom. Charming lady in beige pants and cardigan sits on soft bed.

Jika akhir-akhir ini kamu merasa lelah dengan aktivitas sehari-hari yang membosankan, kamu perlu libur dari aktivitas itu dengan self healing. Healing atau penyembuhan akan sangat membantu menstabilkan emosimu.

Selain dengan pengobatan modern atau obat dari dokter, kamu juga bisa mempelajari beberapa cara untuk menyembuhkan pikiran, tubuh, serta jiwa. Cara yang lebih dikenal dengan self healing ini bisa kamu lakukan ketika kamu merasa lelah dan tidak punya semangat dalam hal apapun.

Apa itu self healing?

Self healing adalah sebuah proses pemulihan dari kondisi kesehatan yang buruk baik secara fisik atau emosional. Proses ini melibatkan pikiran dan emosi didalamnya untuk meningkatkan kualitas kesehatan jiwa.

Self healing memang bukan istilah umum yang digunakan dalam ilmu psikologi. Tetapi, proses ini dapat membantu setiap penderitanya sembuh dari trauma, depresi, gangguan kecemasan, stress dan lainnya yang bisa mengganggu kesehatan mental.

Rekomendasi self healing untuk wanita

Untuk melakukan self healing, kuncinya yaitu melakukan hal yang sederhana. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa bantuan orang lain, mungkin dengan mencobanya kamu bisa lebih sehat secara mental. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Menerima diri sendiri apa adanya sesuai dengan kenyataan.
  2. Jangan pernah menyerah pada impian.
  3. Memaafkan diri sendiri.
  4. Jangan terlalu mencemaskan pendapat orang lain.
  5. Dengarkan kata hati dan pikiran diri sendiri.
  6. Bersikap baik pada diri sendiri.
  7. Percaya diri.
  8. Coba memahami diri sendiri dan menghargainya.
  9. Cintai diri sendiri apa adanya.

Liburan untuk self healing wanita

Setiap orang akan memiliki metode self healing yang berbeda-beda sesuai dengan kecocokan. Tidak hanya soal liburan panjang yang mewah, tetapi apa yang bisa membuat kamu senang dan bahagia.

Berikut beberapa liburan yang bisa kamu lakukan untuk self healing:

1. Kebun binatang

Kebun binatang menjadi suatu tempat yang cukup terkenal untuk liburan. Tempat ini menawarkan pengunjungnya untuk berinteraksi secara langsung dengan alam, hewan, tanaman dan lainnya secara alami.

2. Liburan ke pantai

Liburan ke pantai yang tidak terlalu ramai bisa menjadi cara lain untuk membantu kamu melakukan self healing. Birunya lautan, suara ombak, dan angin bisa membantu memberikan dampak positif pada jiwa dan meningkatkan kesehatan mental.

3. Spa

Terapi lainya yang bisa kamu lakukan adalah dengan terapi spa, terapi ini bisa membantu tubuh kamu menjadi rileks dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti sentuhan pijatan, mandi dengan wewangian, dan akupuntur akan membuat pikiran lebih tenang.

4. Mengunjungi air terjun

Liburan ke tempat spa dengan fasilitas mata air alami juga bisa menjadi alternatif. Keterlibatan alam yang natural dan apa adanya bisa membantu kamu menenangkan pikiran.

5. Melakukan yoga

Yoga merupakan olahraga yang memerlukan konsentrasi yang cukup tinggi. Gerakan indah yang perlu dilakukan dengan selaras dapat membantu kamu menyeimbangkan penggunaan fisik, pikiran, dan jiwa dalam melakukan aktivitas.

6. Mendaki gunung

Hiking ke gunung atau bukit, melakukan olahraga ski, atau yang lainnya dengan pemandangan dari ketinggian akan membantu menjaga kesehatan tubuh kamu. Suasana hati dan pikiran kamu bisa lebih tenang dan stabil.

7. Detoks digital

Berbeda dengan yang lainnya cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah, yaitu dengan libur dari sambungan internet dan menghindari semua sosial media. Hal ini akan sangat membantu pikiran kamu terpengaruhi oleh dunia maya.

Tips self healing saat liburan untuk wanita

Dalam melakukan self healing, kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu suka untuk mendapatkan kembali kepercayaan diri dan rehat dari aktivitas yang membosankan. Berikut tips yang bisa kamu ikuti untuk melakukan self healing.

Menyiapkan tempat tinggal atau penginapan yang nyaman ketika melakukan liburan untuk self healing.
Jika rencana liburan self healing kamu membutuhkan waktu yang cukup lama, kamu sebaiknya meminta bantuan teman atau kerabat untuk sesekali memeriksa rumah yang ditinggalkan.

Rencanakan satu hari ekstra setelah liburan untuk libur. Hal ini dapat membantu kamu mengambil waktu istirahat yang cukup untuk sekedar beres-beres atau melakukan hal lainnya.

Melakukan perencanaan liburan yang memuaskan hati kamu. Saat liburan jangan memikirkan orang lain, karena dengan melihat dunia luar lebih jauh, bisa menjadi sebuah hadiah untuk diri sendiri.

Self healing perlu kamu lakukan sesekali untuk meningkatkan dan mendapatkan energi positif dan membuang energi negatif. Jika kegiatan ini berjalan dengan lancar, kamu bisa mendapat ketenangan dan kebahagiaan untuk kembali menjalankan kehidupan sehari-hari.

Share artikel ini
Reference