Manfaat Cleansing Milk
Kecantikan dan Kebugaran

Manfaat Cleansing Milk yang Perlu Kamu Ketahui

Putri Aprillia | Desember 29, 2021
Share

Supaya kulit tetap bersih dan terjaga minyak alaminya, kamu bisa menggunakan cleansing milk. Pembersih wajah ini memiliki tekstur seperti susu. Kabar baiknya, produk pembersih jenis ini biasanya tidak mengandung sulfat, sehingga aman digunakan.

Menariknya lagi, produk jenis ini tidak membuat kulit kencang dan kering setelah digunakan. Lantas, adakah tips untuk menggunakan cleansing milk? Apakah aman untuk kulit sensitif? Yuk cari tahu jawabannya berikut ini.

Apa itu cleansing milk

Cleansing milk adalah pembersih kulit dengan formula yang lembut, cocok digunakan untuk kulit yang dehidrasi dan sensitif. Biasanya, pembersih ini tidak berbusa. Pembersih ini dapat memberikan efek hidrasi pada kulit sehingga kulit tampak lebih lembab dan sehat.

Dengan menggunakan pembersih susu ini, masalah seperti, peradangan, kemerahan, dan iritasi pun dapat diatasi. Jika kamu menerapkan double cleansing dalam rangkaian skincare kamu, cleansing milk bisa dijadikan sebagai first cleanser.

Kandungan cleansing milk

Karena pembersih wajah ini menggunakan susu sebagai bahan dasarnya, kandungan di dalamnya sama seperti yang ada pada susu. Kandungan yang ada pada produk pembersih wajah berbahan susu adalah:

  • Asam laktat
  • Mineral oil
  • Vitamin A
  • Vitamin D

Fungsi cleansing milk

Cleansing milk berfungsi sebagai cleanser. Lebih jelasnya, ada beberapa fungsi lainnya dari pembersih ini, yaitu:

  1. Membersihkan makeup
  2. Membersihkan minyak berlebih di wajah
  3. Membersihkan kotoran dari wajah
  4. Membersihkan sel kulit mati

Manfaat cleansing milk

Cleansing milk memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Terutama dalam hal membersihkan secara menyeluruh. Untuk lebih detailnya, berikut adalah manfaat menggunakan pembersih berbahan susu yang bisa kamu dapatkan.

  1. Mengangkat sel kulit mati. Kandungan asam laktat yang ada di cleansing milk dapat mendukung terjadinya pertumbuhan sel baru.
  2. Melembapkan kulit. Efek lembab yang didapat dari produk cleansing milk didapat dari kandungan mineral oil-nya.
  3. Mencegah penuaan dini. Selain memberikan efek lembab, mineral oil juga bisa membantu dalam memperlambat penuaan dini.
  4. Mencegah jerawat. Fungsi utama produk pembersih ini adalah untuk membersihkan wajah hingga ke pori-pori. Wajah yang bersih membuatnya terhindar dari berbagai masalah kulit, termasuk jerawat.

Pembersih jenis ini  memang menawarkan banyak manfaat. Tetapi, kamu harus tetap hati-hati dalam memilihnya ya. Usahakan untuk memilih yang sesuai dengan tipe kulit kamu.

Cleansing milk untuk kulit sensitif

Apabila kamu memiliki kulit sensitif, kamu bisa membersihkan makeup menggunakan pembersih berbahan susu. Produk pembersih ini  bermanfaat untuk memberi efek menenangkan pada kulit yang sensitif. Hal ini dapat mencegah iritasi pada kulit. Jadi, meskipun kamu memiliki kulit sensitif, jangan takut untuk mencoba produk pembersih ini. Kamu bisa memilih produk pembersih jenis ini yang bebas dari alkohol dan paraben. Supaya lebih aman, pastikan produk yang kamu pilih juga sudah terdaftar di BPOM.

Tips menggunakan cleansing milk

Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membersihkan kulit dengan cleansing milk, yaitu:

  • Ikat rambut terlebih dulu ke belakang sebelum membersihkan wajah dengan pembersih. Hal ini dilakukan agar rambut tidak menghalangi ketika wajahmu dibersihkan. Tapi, Jika rambut kamu pendek, kamu bisa menggunakan ikat kepala sebagai penggantinya.
  • Sebelum membersihkan wajah, cuci tangan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya kuman dan bakteri tidak pindah ke wajah, sehingga tidak menyebabkan jerawat dan infeksi di wajah.
  • Apabila kamu langsung mengaplikasikan pembersih ke wajah, keluarkan produk ke tangan, kemudian oleskan ke wajah dengan gerakan memutar.
  • Jika produk pembersih sudah dioleskan ke seluruh wajah dan leher, pijat dengan lembut. Pijatan yang lembut dapat mencapai area di sisi hidung dan di bawah alis.
  • Saat akan membilas, gunakan air hangat. Proses ini dapat menghilangkan sisa produk dari wajah. Selain air hangat, kamu bisa menggunakan kain atau kapas untuk membersihkan sisa pembersihnya.
  • Jika masih ada residu di wajah, gunakan kain yang sudah direndam dalam air hangat untuk menghilangkannya. Tutupi wajah menggunakan kain hangat ini selama 5 detik. Ulangi hal ini tiga sampai empat kali.
  • Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan cleansing milk pada pagi dan sore hari.
  • Setelah menggunakan produk pembersih berbahan susu, sebaiknya pakailah toner pada wajah. Misalnya, kamu bisa menggunakan rose water untuk mengecilkan pori-pori.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat menggunakan cleansing milk untuk membersihkan wajah. Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan produk skincare ini, jangan lupa untuk membersihkannya dengan benar ya.

Reference
Share