rekomendasi buku untuk menambah wawasan di hari kunjung perpustakaan 14 september

Ada banyak cara untuk menambah wawasan dan pengetahuan, salah satunya dengan membaca buku. Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, ada banyak hal yang bisa kamu pahami. Lalu, apa saja sih rekomendasi buku untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang perlu dibaca?

Dalam rangka menyambut Hari Kunjung Perpustakaan pada tanggal 14 September, Yoona ingin memberikan beberapa rekomendasi buku untuk menambah wawasan. Buat kamu yang bookworm, yuk cari tahu selengkapnya!

Apa itu Hari Kunjung Perpustakaan?

Tahukah kamu kalau hari ini diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan? Hari Kunjung Perpustakaan bermula pada 14 September 1995 saat pemerintahan Presiden Soeharto.

Hari penting tersebut diusulkan berdasarkan Ketetapan Presiden Soeharto kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI dengan surat nomor 020/A1/VIII/1995 pada 11 Agustus 1995. Selain menambah wawasan, hari kunjung ini harapannya dapat memberikan tujuan yang positif bagi para aktivis intelektual Indonesia.

Cara Memaknai Kemerdekaan versi Millennial dan Gen Z

Rekomendasi buku untuk menambah wawasan

rekomendasi buku menambah wawasan untuk merayakan hari kunjung perpustakaan

Masih bingung buku apa saja yang perlu dibaca untuk menambah wawasan? Yoona punya beberapa rekomendasi buku yang bisa kamu baca untuk merayakan Hari Kunjung Perpustakaan. Berikut daftar bukunya:

1. Good Bye, Things by Fumio Sasaki

Rekomendasi buku untuk menambah wawasan yang pertama yaitu Good Bye, Things by Fumio Sasaki. Buku ini membahas tentang cara hidup bahagia tanpa harus memiliki banyak barang alias gaya hidup minimalis. Dalam buku ini, Fumio juga menjelaskan apa saja manfaat menerapkan gaya hidup tersebut, salah satunya membuat kita lebih bersyukur dengan hidup dan tidak berlebihan.

2. The Alchemist by Paulo Coelho

Jika kamu menyukai novel, buku The Alchemist by Paulo Coelho bisa menjadi salah satu pilihan untuk menambah wawasan. Novel populer ini merupakan novel fiksi yang menceritakan tentang perjalanan seorang pengembala domba yang melakukan perjalanan untuk menemukan harta karun impiannya. Buku ini mengajarkan pembacanya untuk tetap berusaha tanpa pantang menyerah dalam menggapai mimpi.

3. The 7 Habits of Highly Effective People by Steven Covey

Rekomendasi buku untuk menambah wawasan yang ketiga yaitu sebuah buku berjudul The 7 Habits of Highly Effective People. Buku ini memuat tentang 7 kebiasaan efektif yang dapat merubah hidup seseorang, mulai dari berorientasi pada masa depan sampai dengan menentukan prioritas. Lewat buku ini, penulis mengajarkan pembacanya untuk mulai membangun kebiasaan baik.

4. Imperfect: A Journey to Self-Acceptance by Meira Anastasia

Lewat buku Imperfect, Meira Anastasia ingin membagikan kisah dan juga pengalamannya tentang cara bahagia dengan menjadi diri sendiri. Buku ini mengajarkan pembacanya untuk bisa menerima diri sendiri apa adanya tanpa meratapi kekurangan atau kelemahan yang dimiliki.

Yuk, Tonton 5 Film tentang Perempuan Tangguh untuk Menyambut Hari Kartini!

5. Milk and Honey by Rupi Kaur

Jika kamu menyukai puisi, rekomendasi buku untuk menambah wawasan yang satu ini cocok untuk kamu. Milk and Honey by Rupi Kaur ditujukan untuk pecinta puisi dan juga anak-anak muda yang sedang gundah karena cinta. Menariknya, kumpulan-kumpulan puisi di dalam buku ini juga disertai dengan gambar sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami pesan dari puisi yang dimaksud.

6. The Tipping Point by Malcolm Gladwell

Lewat buku The Tipping Point, Malcolm ingin memberitahu kamu bahwa ada banyak hal-hal kecil di sekitar kamu yang dapat memberikan memberikan perbedaan besar dalam hidup. Buku ini juga mengajarkan kamu dalam memahami tentang komunikasi, bertukar pikiran, menjalani aspek kehidupan, dan juga menemukan banyak ide yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

7. The Greatest Salesman In the World by OG.Mandino

Jika kamu tertarik dengan dunia bisnis, rekomendasi buku untuk menambah wawasan yang satu ini patut kamu baca. The Greatest Salesman In the World yang ditulis oleh OG.Mandino dapat memotivasi kamu untuk memulai bisnis dan membantu untuk mengembangkan kepercayaan diri serta kemampuan berkomunikasi, terutama dalam bidang penjualan atau bisnis.

8. Bumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer

Tertarik dengan sejarah? Kamu wajib membaca buku berjudul Bumi Manusia yang ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer. Buku ini menceritakan tentang kisah masa perjuangan yang dipadukan dengan pentingnya pendidikan dalam konteks era kemerdekaan Indonesia. Dengan membaca buku ini, diharapkan dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme semangat kamu serta memahami bagaimana pentingnya pendidikan bagi bangsa dan negara.

9. Merawat Luka Batin by dr. Jiemi Ardian

Rekomendasi buku untuk menambah wawasan selanjutnya yaitu sebuah buku yang berjudul Merawat Luka Batin. Ditulis oleh dr. Jiemi Ardian, buku ini membantu kamu untuk memahami pola pikir yang tidak sehat serta mengajarkan membentuk cara berpikir yang lebih sehat. Buku ini cocok untuk kamu yang sedang dalam proses pemulihan dari luka emosional.

10. Celebrate Yourself, Period! by Yoona

celebrate yourself period rekomendasi buku menambah wawasan

Nah, rekomendasi buku untuk menambah wawasan yang terakhir khusus ditujukan untuk kamu, Yoonies! Buku ini bisa menjadi solusi untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar menstruasi hingga kesehatan reproduksi yang kamu harus aware.

Hal yang menarik dari buku Celebrate Yourself, Period! adalah penyajian informasi dan data yang dikemas dengan visual colorful sehingga tak membosankan. Selain itu, ada banyak topik menarik serta fakta dan mitos seputar kesehatan wanita yang penting diketahui. 

Kalau penasaran dengan buku ini, bisa langsung beli buku Celebrate Yourself, Period! di sini. Kamu juga bisa memberikan buku ini sebagai hadiah untuk kakak, adik, sahabat, atau orang-orang terkasih.

Itulah beberapa rekomendasi buku untuk menambah wawasan yang bisa kamu baca untuk Hari Kunjung Perpustakaan. Semoga dengan membaca buku-buku di atas, wawasan dan pengetahuan kamu tentang dunia semakin bertambah. Semoga bermanfaat!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference