Mecobalamin adalah bentuk vitamin B12 yang digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan kekurangan vitamin B12, salah satunya anemia megaloblastik. Yuk, kenali lebih jauh mengenai mecobalamin obat apa, sih?

Kandungan mecobalamin

Mecobalamin adalah salah satu bentuk vitamin B12 yang penting bagi tubuh manusia. Vitamin B12 diperlukan untuk membantu pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf, dan juga metabolisme sel tubuh. Mecobalamin biasanya tersedia dalam bentuk kapsul atau injeksi, dan banyak obat generik maupun merek dagang seperti Kalmeco dan Megabal yang mengandung mecobalamin.

Fungsi mecobalamin

Setelah mengetahui mecobalamin obat apa, kamu juga perlu tahu sejumlah fungsi obat yang satu ini.

1. Mengatasi neuropati perifer

Neuropati perifer adalah kondisi di mana saraf perifer yang membentang dari tulang belakang dan otak menuju ke seluruh tubuh mengalami kerusakan. Gejala neuropati perifer meliputi kesemutan, mati rasa, kelemahan, dan nyeri pada anggota tubuh tertentu.

Mecobalamin dapat membantu dalam pengobatan neuropati perifer karena vitamin B12 memiliki peran penting dalam sintesis mielin, zat yang membungkus serat saraf dan membantu dalam transmisi sinyal saraf. Kurangnya vitamin B12 dapat menyebabkan kerusakan pada saraf perifer dan menyebabkan neuropati perifer. Dalam beberapa kasus, mecobalamin dapat membantu memperbaiki kerusakan saraf perifer yang sudah terjadi.

Salbutamol Obat Apa, Bisa untuk Bronkitis?

2. Mengatasi Anemia megaloblastik akibat defisiensi vitamin B12

Anemia megaloblastik adalah kondisi di mana sel darah merah yang diproduksi oleh sumsum tulang mengalami perubahan bentuk sehingga ukurannya lebih besar dari sel darah merah normal. Kondisi ini disebabkan oleh defisiensi vitamin B12 atau asam folat. Gejala anemia megaloblastik meliputi lelah, sesak napas, dan pucat.

Mecobalamin dapat membantu mengobati anemia megaloblastik karena vitamin B12 diperlukan untuk produksi sel darah merah yang sehat. Kurangnya vitamin B12 dapat menyebabkan produksi sel darah merah yang tidak normal dan berukuran besar (megaloblastik). Dengan memberikan mecobalamin sebagai suplemen, kekurangan vitamin B12 dapat diatasi dan produksi sel darah merah yang sehat dapat dipulihkan.

Atasi Nyeri dan Kram, Scopma Plus 500 Mg Obat Apa Sih?

Cara atasi anemia secara natural

anemia pernisiosa

Jika kamu mau mencoba mengatasi anemia dengan cara alami, kamu bisa mencoba mengkonsumsi sejumlah makanan berikut ini. 

1. Beetroot

Sayuran ini kaya akan zat besi alami sehingga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Dengan konsumsi yang rutin, kadar oksigen dalam darah akan meningkat

2. Buah Jeruk

Mengkonsumsi vitamin C secara rutin terbukti telah meningkatkan kondisi pasien yang menderita anemia akut. Vitamin C membantu darah untuk menyerap lebih banyak zat besi.

Oleh karena itu, jadikanlah kebiasaan untuk mengonsumsi sumber alami vitamin C dari jenis apa pun secara teratur, baik itu jeruk, lemon, jeruk nipis, atau lemon.

3. Blackstrap Molasses

Blackstrap molasses adalah sumber alami vitamin B, zat besi, dan mineral esensial lainnya, seringkali direkomendasikan untuk pasien yang menderita anemia. Ketika mengonsumsi ini setiap hari, produksi hemoglobin dalam darah dapat meningkat sehingga kamu bisa sembuh dari anemia.

4. Bayam

Anemia sering disebabkan oleh kekurangan asam folat dalam darah. Situasi ini dapat diatasi jika kamu mengonsumsi bayam secara teratur. Sayuran hijau ini adalah sumber alami vitamin B12, asam folat, dan nutrisi penting lainnya.

5. Pisang

Pisang penuh dengan nutrisi penting, seperti vitamin C, folat, kalium, dan zat besi.  Semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan sel darah merah dan meningkatkan jumlah hemoglobin terdapat dalam buah pisang. Mengonsumsi pisang hijau atau matang dapat membantu meningkatkan kadar zat besi secara signifikan.

6. Kurma, Kismis, dan Buah Ara

Kismis dan kurma adalah sumber vitamin C dan zat besi yang sangat baik. Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu tubuh menyerap zat besi secara lebih efisien.

Buah Ara memiliki cita rasa manis dan lembut dan kaya akan kandungan zat besi, vitamin A, magnesium, dan asam folat. Mengonsumsi segenggam kurma, kismis, dan buah ara setidaknya tiga kali seminggu di pagi hari dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

7. Biji wijen hitam

Biji wijen hitam dapat memberikan manfaat luar biasa bagi pasien anemia. Ini karena biji wijen hitam mengandung kalsium, magnesium, dan zat besi yang dapat membantu mengatasi anemia secara alami. 

Itulah sejumlah ulasan mengenai mecobalamin obat apa. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi obat ini ketika mengalami anemia atau mencoba mengkonsumsi beberapa makanan di atas sebagai cara alami untuk mengatasi anemia yang kamu derita. 

—-

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference