Jeruk nipis memiliki banyak manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, termasuk bagi pasangan yang ingin memiliki momongan. Dalam program promil atau program kehamilan, asupan nutrisi yang tepat dan seimbang sangat penting untuk memperbaiki kesuburan dan kesehatan reproduksi.

Jeruk nipis adalah salah satu buah yang disebut dapat meningkatkan kesuburan untuk pasangan yang sedang merencanakan program kehamilan. Yuk, ketahui lebih jauh mengenai manfaat jeruk nipis untuk promil pada ulasan berikut ini.

Pengaruh jeruk nipis untuk promil

manfaat jeruk nipis untuk wajah

Manfaat jeruk nipis untuk promil ada pada kandungan yang dimilikinya. Jeruk nipis mengandung asam sitrat sekitar 8%, yang merupakan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Asam sitrat memiliki manfaat terapeutik, seperti menjadi antioksidan dan menetralkan zat reaktif, yang penting untuk mendukung kesuburan. Asam sitrat juga dapat mendetoksifikasi racun melalui urine dan melunakkan tinja. 

Jeruk nipis juga dapat meningkatkan kesuburan karena mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Sumbu HPG (Hypothalamic-Pituitary-Gonadal) juga penting dalam menjaga kesuburan, karena menghubungkan otak dengan ovarium dan rahim. Keseimbangan nutrisi dalam tubuh juga sangat penting untuk mendukung hubungan harmonis antara organ-organ tersebut.

Mengonsumsi Jeruk Nipis Bisa Menggugurkan Kandungan, Mitos atau Fakta?

Manfaat minum jeruk nipis tiap hari

Selain mengetahui manfaat jeruk nipis untuk promil, kamu juga perlu tahu sejumlah manfaat jeruk nipis lainnya. Pasalnya, ada banyak manfaat kesehatan yang dapat kamu peroleh dengan rutin minum jeruk nipis, loh. Ini dia sejumlah manfaat tersebut.l

1. Meremajakan kulit

Jeruk nipis dapat membantu meremajakan kulit karena mengandung vitamin C dan flavonoid yang dapat memperkuat kolagen. Namun, hindari mengoleskan langsung ke kulit karena paparan sinar matahari setelah aplikasi dapat menyebabkan luka bakar.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Minum air jeruk nipis dapat meningkatkan pencernaan karena bersifat asam dan membantu air liur memecah makanan. Flavonoid dalam jeruk nipis juga dapat merangsang sekresi cairan pencernaan.

Jika kamu mengalami sembelit atau refluks asam, minum segelas air hangat dengan 2 sendok teh air jeruk nipis dapat membantu mengatasinya.

7 Manfaat Daun Gedi untuk Promil dan Khasiat Kesehatan Lainnya

3. Melawan infeksi

Air jeruk nipis juga dapat membantu melawan infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini disebabkan oleh kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan infeksi seperti virus flu dan pilek.

4. Menurunkan berat badan

Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori. Namun, disarankan juga untuk melakukan aktivitas fisik teratur dan mengontrol porsi makanan untuk mencapai berat badan yang sehat. Minumlah segelas air jeruk nipis di pagi hari untuk memulai hari dengan baik dan meningkatkan metabolisme.

5. Menurunkan gula darah

Jeruk nipis dapat membantu menurunkan gula darah dan mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah. Hal ini berguna bagi penderita diabetes karena jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Konsumsi jeruk nipis dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan magnesium dan potasium yang baik. Jeruk nipis juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, yang dapat mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung.

7. Mencegah kanker

Jeruk nipis memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Konsumsi air jeruk nipis juga dapat mengurangi risiko terkena kanker.

8. Mengurangi peradangan 

Vitamin C dalam jeruk nipis dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh dan meredakan gejala radang sendi dan kondisi serupa yang menyebabkan nyeri dan kekakuan sendi. Jeruk nipis juga dapat menurunkan kadar asam urat, yang dapat menyebabkan asam urat jika terlalu tinggi.

Resep jeruk nipis enak dan segar 

menggugurkan kandungan dengan jeruk nipis

Kamu bisa mengolah jeruk nipis menjadi minuman yang menyegarkan dengan mengikuti resep berikut ini.

1. Jeruk nipis manis segar

Bahan-bahan:

  • 5 jeruk nipis segar yang sudah diperas
  • 7 sampai 8 gelas air
  • 1 gelas gula pasir atau sesuai selera

Cara membuat:

  1. Bahan Limeade yang menyegarkan
  2. Tuang air jeruk nipis ke dalam wadah besar, dan tambahkan 7 gelas air.
  3. Tambahkan gula dan aduk sampai larut.
  4. Aduk rata dan taruh di kulkas hingga dingin. Kamu bisa tambahkan mint, irisan melon atau irisan jeruk nipis untuk menambah kesegaran.

2. Jeruk nipis dan madu

Bahan-bahan:

  • 2 buah jeruk nipis
  • 2 sendok makan madu
  • 500 ml air dingin
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Peras jeruk nipis dan ambil airnya, saring untuk memisahkan bijinya.
  2. Campurkan air jeruk nipis, madu, dan air dingin dalam wadah, aduk rata.
  3. Tuangkan ke dalam gelas yang sudah diisi es batu.
  4. Sajikan segera dan nikmati minuman jeruk nipis yang menyegarkan.
  5. Untuk hasil yang lebih segar, kamu bisa menambahkan potongan daun mint atau irisan buah-buahan segar lainnya, seperti lemon atau jeruk untuk variasi rasa yang berbeda. 

 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference