penyebab vagina hitam

Vaginal or urinary infection and problems concept. Young woman holds paper with sad smile above crotch.

Kondisi yang berhubungan dengan vagina memang menjadi perhatian utama para wanita. Tak hanya masalah kesehatan, kondisi dari warna vagina juga membuat beberapa wanita kurang percaya diri. Salah satunya, penyebab vagina hitam yang kurang enak dipandang.

Sebenarnya, warna vagina yang menggelap adalah hal normal dan beberapa bahkan bisa diatasi dengan penanganan yang tepat.

Kondisi vagina hitam adalah

Daerah vagina dan sekitarnya merupakan bagian yang sangat sensitif. Suatu waktu, terutama saat pubertas, daerah vagina bisa menghitam. Meski membuatmu tidak nyaman karena keberadaannya, kamu tak perlu risih karena ini bukan penyakit.

Beberapa wanita khawatir jika vagina berubah menjadi hitam dan menghubungkannya dengan kebersihan yang buruk atau infeksi seksual. Dalam kebanyakan kasus, penggelapan kulit vagina ini sangat normal dan dapat disebabkan oleh banyak faktor. Sebagian besar tidak perlu dikhawatirkan dan beberapa dapat dengan mudah diperbaiki.

5 Dampak Memakai Pembersih Kewanitaan Yang Berbahaya

Kenapa vagina hitam?

Ada beberapa alasan untuk perubahan warna vagina:

1. Hormon

Kulit secara alami memproduksi melanosit yang pada gilirannya membentuk melanin, zat yang sama yang memberi warna pada rambut, mata, dan kulit kita. Di area genital, zat ini sangat sensitif terhadap hormon. Saat hormon kita berubah selama masa pubertas, kehamilan, dan menopause, warnanya bisa meningkat. Selain area genital, hormon juga dapat menyebabkan penggelapan di sekitar areola payudara dan bahkan anus.

2. Gesekan

Hubungan intim menciptakan gesekan dan hal itu akan menyebabkan aktivitas melanosit meningkat, menciptakan lebih banyak area gelap. Lipatan kulit di selangkangan juga bisa menjadi lebih gelap karena bergesekan setiap hari.

Beberapa produk hair removal dan produk cukur akan memiliki efek yang sama. Jika area tersebut meradang seperti dari infeksi jamur atau rambut yang tumbuh ke dalam, ini bisa memiliki perubahan warna yang sama.

3. Usia

Bertambahnya usia mengubah banyak hal, termasuk pigmentasi. Perubahan ini merupakan akumulasi trauma kulit yang berulang dari bercukur atau hubungan seksual dan perubahan hormonal selama bertahun-tahun.

4. Infeksi Vagina

Vagina adalah bagian tubuh yang paling sensitif, dan wanita rentan terhadap infeksi vagina dari waktu ke waktu. Kondisi tertentu memengaruhi area di sekitar vulva, yang dapat menyebabkan bercak gelap di sekitar area tersebut.

5. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS adalah suatu kondisi ketika kista kecil ditemukan berkembang di ovarium, dan menciptakan kekacauan hormon di dalam tubuhmu. PCOS menyebabkan kelebihan hormon pria (androgen) dalam tubuh, dan ini dapat menyebabkan penggelapan bagian pribadi.

Inilah Fakta Tentang Warna Kulit Manusia yang Jarang Diketahui

Apakah vagina hitam berbahaya?

Sangat normal untuk memiliki kulit area privat lebih gelap dari warna kulit kamu yang sebenarnya. Penggelapan alat kelamin terjadi selama masa pubertas dan sekresi hormon menyebabkan produksi melanin ekstra di area intim. Itu membuat kulit area pribadi lebih gelap.

Kulit di bagian intim menjadi lebih gelap saat kamu tumbuh dewasa. Namun, penggelapan yang tiba-tiba dan berlebihan dapat disebabkan oleh penyakit atau infeksi yang mendasarinya. Kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter jika labia semakin hari semakin gelap.

Tips Atasi Alergi Pembalut Yang Bikin Gatal Dan Kemerahan

Cara mengatasi vagina hitam

  • Pastikan semua pakaian termasuk pakaian dalam longgar atau pas dan tidak terlalu ketat. Pakaian dalam juga sebaiknya terbuat dari katun, ya.
  • Hindari penggunaan pisau cukur, produk hair removal, bedak, atau produk kebersihan lainnya ke area genital karena dapat semakin menggelapkan atau menghitamkan kulit.
  • Pastikan untuk mengikuti diet sehat yang mencegah kekurangan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang dibutuhkan. Kamu juga harus minum enam sampai delapan gelas air setiap hari.
  • Menjaga berat badan yang sehat itu penting. Kamu setidaknya harus berolahraga sekitar tiga puluh menit sehari, lima hari seminggu

Jika kamu tetap ingin melakukan ini lebih jauh, tanyakan kepada dokter kulit tentang pilihan yang aman. Kamu juga bisa mencoba cara berikut. Namun, cara-cara berikut belum memiliki bukti ilmiah untuk mengatasi vagina hitam.

  • Jus jeruk nipis adalah bahan pemutih alami yang efektif, dan dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Karena ini adalah bahan umum dalam banyak pilihan pencerah kulit, tidak mengherankan jika menemukannya dalam pengobatan rumahan. Untuk menggunakannya, campurkan beberapa tetes air jeruk nipis dengan yogurt dan oleskan lapisan tebal ke jaringan vagina. Biarkan selama sekitar dua puluh menit, lalu cuci bersih dengan sabun lembut non-asam.
  • Campuran air jeruk nipis dengan kunyit. Oleskan campuran tersebut ke kulit vagina, biarkan selama dua puluh hingga tiga puluh menit sebelum dicuci dengan sabun lembut. Menggunakan campuran ini secara teratur dilaporkan secara signifikan mencerahkan kulit dalam beberapa hari.

Meskipun sangat normal memiliki warna vagina yang gelap banyak wanita yang kurang percaya diri. Padahal perubahan warna vagina atau hiperpigmentasi seharusnya tidak membuat kamu merasa kurang menarik.

Share artikel ini
Reference