sembelit setelah melahirkan

Keluhan sembelit saat hamil mungkin sudah tidak asing lagi untuk banyak wanita terutama ibu hamil. Tapi, ternyata ada pula sembelit setelah melahirkan yang juga kerap dialami oleh banyak wanita.

Sembelit ini ditandai dengan sulit atau jarang buang air besar. Lantas, apa sebenarnya penyebab sembelit yang terjadi setelah melahirkan ini dan bagaimana cara mengobatinya? Berikut ulasannya.

Penyebab sembelit setelah melahirkan

sembelit saat hamil

Sembelit merupakan hal yang cukup normal terjadi pada ibu hamil maupun pada ibu yang sudah melahirkan. Namun, tetap saja sembelit dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa seseorang mengalami sembelit atau konstipasi setelah melahirkan.

Berikut beberapa penyebabnya.

1. Operasi caesar

Proses melahirkan dengan metode operasi caesar membutuhkan 3-4 hari untuk sistem pencernaan dapat kembali bekerja dengan normal. Ini sebabnya, wanita juga kerap mengalami sembelit sampai sistem pencernaan kembali bekerja seperti semula.

2. Efek peregangan selama persalinan

Peregangan selama persalinan dapat membuat tubuh lebih sulit untuk menggerakan usus dengan efisien alhasil, ibu juga dapat mengalami sembelit.

3. Dehidrasi atau kekurangan cairan

Kurang minum atau kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat pergerakan usus melambat. Alhasil, ibu juga dapat mengalami sembelit.

4. Perubahan hormon

Perubahan hormon dalam tubuh sudah terjadi sejak kehamilan dan kemudian akan menyesuaikan diri kembali setelah melahirkan sehingga perubahan tersebut membuat fungsi usus menjadi melambat.

Kenali Penyakit Setelah Melahirkan Normal Yang Mungkin Terjadi

5. Suplementasi zat besi

Jika ibu juga masih mengkonsumsi suplemen zat besi karena anemia, hal ini juga dapat memperlambat buang air besar.

6. Penggunaan obat pereda nyeri

Epidural atau obat pereda nyeri yang digunakan selama persalinan juga dapat memperlambat saluran pencernaan. 

Pengobatan sembelit

fluimucil obat apa

Meskipun sembelit adalah hal yang normal tapi kondisi ini tentu dapat membuat perut terasa tidak nyaman. Ada beberapa pengobatan yang bisa ibu coba untuk mengatasi sembelit setelah melahirkan. 

1. Perbanyak konsumsi serat

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi dapat membantu mengatasi sembelit setelah melahirkan. Ibu bisa mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, hingga kacang-kacangan untuk mengatasi sembelit.

2. Minum banyak air

Minum banyak air putih juga sangat membantu ibu ketika sembelit apalagi ketika ibu tengah menyusui. Pasalnya, air yang masuk ke dalam tubuh yang seharusnya digunakan usus besar untuk bekerja, tapi kini digunakan untuk memproduksi susu.

Tanpa air yang cukup, maka kerja usus menjadi lebih lambat. Jadi, pastikan untuk minum banyak air, ya. 

3. Olahraga

Meskipun setelah melahirkan pasti ibu akan sangat sibuk untuk mengurus si buah hati. Tapi, olahraga tetap penting untuk mengatasi sembelit. Ibu bisa berolahraga dengan berjalan ringan sembari mengajak si kecil berjalan-jalan dengan kereta dorong. 

4. Minum obat sembelit

Jika memang sangat mengganggu, oni juga bisa mengkonsumsi obat sembelit. Namun sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat ini.

5. Gunakan pelunak feses

Ibu juga bisa menggunakan pelunak feses yang cenderung aman dan efektif untuk membantu mengatasi sembelit. 

6. BAB sambil berjongkok

Dibanding dengan duduk, feses akan lebih mudah untuk keluar ketika ibu berjongkok. Pasalnya, ketika duduk otot kana membuat kekusutan pada usus besar yang menyebabkan feses atau tinja tidak keluar. 

Moms, Ketahui Penyebab Bab Berdarah Setelah Melahirkan

7. Bernapas dalam-dalam

Cobalah untuk mengatur napas selama 5 menit di toilet. Bernapas dalam-dalam akan membantu dasar panggul yang merupakan otot pernapasan menjadi bergerak turun dan naik. Saat menarik napas, dasar panggul akan turun, ketika menghembuskan napas, dasar panggul menjadi naik.  Gerakan ini akan membantu feses menjadi lebih mudah untuk keluar. 

Makan apa untuk menghilangkan sembelit?

Manfaat Sayur Kale

Selain beberapa cara di atas, ibu juga dapat mengatasi sembelit setelah melahirkan dengan mengkonsumsi beberapa makanan berikut.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, kubis, dan bayam mengandung serat tinggi yang baik untuk mengatasi sembelit. Serat pada sayuran hijau akan membuat tinja lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

2. Buah apel

Kandungan pektin yang merupakan serat larut pada apel sangat baik untuk atasi sembelit setelah melahirkan. Pektin sendiri juga akan membantu membuat gerakan usus menjadi lebih intens dan tinja lebih cepat keluar.

3. Kiwi

Buah yang satu ini juga dapat membuat pergerakan usus menjadi lebih cepat. Selain itu, kiwi juga mengandung enzim dan serat yang berguna untuk melunakan feses atau tinja.

4. Roti gandum utuh

Mengkonsumsi roti gandum utuh akan membantu tubuh untuk mendapatkan lebih banyak serat yang berguna untuk melunakan tinja. Pastikan untuk memilih roti dengan kandungan 100 persen gandum utuh, ya. 

5. Ubi jalar

Ubi jalar juga mengandung pektin dan serat tidak larut yang membantu pergerakan usus dan melancarkan BAB untuk ibu yang mengalami sembelit setelah melahirkan. Jadi, ini bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang baik untuk ibu konsumsi selama mengalami sembelit.

Share artikel ini
Reference