Makanan Pendamping Asi

Makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan salah satu hal yang harus diketahui orang tua saat bayi mulai menginjak usia 6 bulan. MPASI akan mulai dibutuhkan bayi sebagai pelengkap gizi harian dan menunjang tumbuh kembangnya.

Secara porsi dan nutrisi, MPASI harus dimengerti oleh orang tua sehingga bisa sesuai dengan perkembangan bayinya. Bagaimana membuat MPASI yang sesuai dan direkomendasikan sebagai pendamping ASI? Yuk simak disini.

Apa itu makanan pendamping ASI

Makanan pendamping ASI adalah makanan yang diberikan berdampingan dengan ASI eksklusif kepada bayi. World Health Organization atau WHO menyarankan MPASI diberikan setelah bayi memasuki usia 6 bulan.

MPASI yang diberikan harus memiliki protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral dengan porsi yang sesuai dan proporsional. MPASI sangat penting karena bayi sedang dalam masa pertumbuhan. Pengolahan dan penyajian makanan juga harus bersih agar kontaminasi kotoran dan bakteri tidak terjadi.

Jenis jenis makanan pendamping ASI

Jenis MPASI sebagai pendamping ASI yang paling baik adalah makanan dengan konsistensi ringan sampai dengan lebih kental, kemudian makanan yang bertekstur sampai padat. Beberapa jenis MPASI yang dapat diberikan kepada bayi antara lain:

  • Sayuran yang dihaluskan seperti kentang, wortel, ubi, labu.
  • Buah yang dihaluskan seperti pisang, papaya, apel.
  • Biskuit atau bubur halus

Setelah bayi sudah mulai terbiasa dengan jenis makanan tersebut, maka jenis makanan dapat lebih ditingkatkan seperti:

  • Kacang-kacangan tumbuk
  • Daging/ikan/tempe/tahu tumbuk
  • Sayuran dengan campuran beras ditumbuk
  • Sayuran hijau tumbuk

Berikut ini adalah rekomendasi MPASI yang sederhana, mudah dibuat namun bernutrisi:

  • Nasi, labu kuning, ikan kembung, minyak kelapa
  • Nasi, bayam, hati ayam, tempe, minyak zaitun
  • Kentang, wortel, telur, kacang polong, minyak ayam
  • Ubi, kacang merah, daging sapi, buncis, minyak lemak sapi

Kandungan makanan pendamping ASI

Ketika memberikan MPASI, makanan perlu kandungan dan nutrisi yang dapat membantu tumbuh kembang bayi sesuai usianya. Kandungan yang diperlukan dalam MPASI antara lain:

  • Sumber karbohidrat, bisa didapatkan dari kentang, ubi, singkong, gandum.
  • Sumber protein hewani, bisa didapat dari hati ayam, telur, ayam, daging sapi, ikan kembung, udang, susu, keju, ceker dan sebagainya.
  • Sumber protein nabati, bisa didapat dari jenis kacang-kacangan, tahu, tempe.
  • Sumber vitamin dan mineral (Vitamin A, C, zat besi, fosfor), bisa didapat dari bayam, brokoli, tomat, wortel, buncis, labu dan sebagainya.
  • Sumber vitamin A, B, B1, B6, serat bisa didapat dari berbagai jenis buah-buahan segar.
  • Asam lemak, bisa didapat dari lemak sapi, minyak zaitun, minyak kelapa, dan sebagainya.

Unsur penting makanan pendamping ASI

Bayi memerlukan MPASI untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Unsur makanan MPASI tentu harus terdapat gizi dan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin dan mineral, protein, dan unsur penting lainnya dalam MPASI.

MPASI wajib dikenalkan dengan waktu yang tepat, tidak terlalu lambat, tidak terlalu cepat dan sesuai dengan usianya karena akan sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang bayi.

Unsur penting Ketika memberikan MPASI adalah tahapannya yang sesuai dengan usia bayi, seperti dalam urutan berikut ini:

  • Sebelum 6 bulan, ASI sudah dapat memenuhi nutrisi dan energi bayi.
  • Memasuki usia 6 bulan, bayi dapat diberikan makanan lunak sebagai MPASI.
  • Pada usia 6 bulan, mulai beri dua hingga tiga sendok makanan lunak seperti bubur halus, buah dan sayur tumbuk sebanyak dua kali sehari.
  • Pada usia 6 bulan bayi dapat diberikan ASI sekaligus MPASI dengan porsi yang tepat.

Kapan makanan pendamping ASI diperlukan

MPASI dapat diberikan kepada bayi saat usianya sudah mulai memasuki 6 bulan, selain itu ketahui tanda saat bayi sudah siap diberikan MPASI, diantaranya yaitu:

Bayi sudah mulai tertarik dengan makanan, bayi akan memperhatikan orang lain saat makan, ingin ikut makan atau mulai membuka mulutnya.

  • Bayi sudah dapat menahan dan mengangkat kepala dengan baik
  • Bayi sudah mulai bisa duduk sendiri.
  • Bayi sudah dapat menggerakkan mulut seperti mengunyah dan menelan.
  • Bayi sudah dapat meraih makanan dan memasukkan ke dalam mulutnya.
  • Berat badan bayi sudah mencapai dua kali lipat dari berat saat lahir.

Tips menyiapkan makanan pendamping ASI

Sebelum memberikan MPASI kepada bayi, ketahui panduan dalam menyiapkan MPASI untuk bayi agar kecukupan nutrisi bayi dapat terpenuhi dan sesuai dengan jenjang usianya:

Berikan bubur halus pada MPASI pertama

Sebenaranya, tidak ada aturan menu baku dalam memberikan MPASI pertama pada bayi. Namun, pastikan kamu memberikan bubur yang lembut dan mudah dicerna oleh bayi. Nah, untuk anak dengan berat badan normal, kamu dapat diberikan buah yang dihaluskan sebagai MPASI pertama.

Berikan buah yang tidak terlalu manis agar preferensi bayi tidak terpengaruhi rasa manis. MPASI buah manis dapat diolah dengan sedemikian rupa agar rasanya tidak terlalu manis.

Hindari penambah rasa

Sebaiknya tidak menambahkan rasa seperti garam, gula atau zat tambahan saat bayi baru menjalani makanan pendamping ASI pertama kali. Rasa makanan sebaiknya hambar dengan tekstur lembut dan makanan tidak memicu alergi.

Penuhi nutrisi yang dibutuhkan

Pilih bahan makanan dengan kandungan dan nutrisi lengkap yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi. Makanan pendamping ASI harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak dan nutrisi lainnya.

Berikan variasi menu

Pengenalan jenis makanan bisa dilakukan bertahap dan penggantian menu MPASI tidak terlalu lama. Misalnya minggu ini bayi dikenalkan jenis umbi atau sayur, kemudian setelah tiga hari ganti dengan menu MPASI lain.

Hindari goreng-gorengan

Siapkan MPASI dengan kukus atau rebus, hindari MPASI digoreng karena menyebabkan radang atau batuk. Berikan tahapan sesuai usianya seperti makanan cair, kental, hingga padat.

Berikan sesuai porsi yang pas

Tips menyiapkan makanan pendamping ASI selanjutnya adalah memberikan porsi yang pas. Sebaiknya jumlah MPASI adalah 120 mililiter, disesuaikan juga dengan usia dan minat bayi.

Berikan MPASI sesuai jadwal

Jadwalkan makan MPASI bayi dengan dokter atau buat jadwal sendiri seperti kapan pemberian ASI, bubur, buah, nasi tim dan jenis MPASI lainnya.

Makanan pendamping ASI wajib diberikan secara bertahap mulai usia 6 bulan agar dapat memenuhi nutrisi untuk bayi. Ketahui nutrisi yang tepat untuk MPASI, jenis makanan dan waktu pemberian MPASI yang tepat untuk bayi usia 6 bulan.

Share artikel ini
Reference