Dilansir dari American Association of Pregnancy, masa kehamilan nyatanya dapat mengubah kondisi payudara. Banyak ibu hamil yang mengalami berbagai keluhan pada payudara seperti nyeri dan gatal. 

Payudara gatal saat hamil termasuk salah satu tanda kehamilan. Lama-lama, payudara juga akan membesar, warna sekitar puting akan lebih gelap dan lebih sensitif.

Apa saja penyebab payudara menjadi gatal saat hamil? Yuk simak dalam ulasan berikut ini!

Kenapa payudara gatal saat hamil

Payudara gatal saat hamil banyak disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Hormon estrogen dan progesteron akan semakin meningkat dan menyebabkan berbagai perubahan baik fisik maupun psikis.

Berat badan akan tumbuh dan meregang yang mengakibatkan kulit menjadi lebih tipis, muncul stretch mark dan payudara menjadi gatal.

Payudara yang gatal saat hamil termasuk kondisi wajar dan akan menghilang dengan sendirinya. Meskipun begitu, ada baiknya ibu hamil segera berkonsultasi dengan dokter jika rasa gatalnya tidak lagi wajar dan mengganggu keseharian.

Berikut ini beberapa kondisi media yang menyebabkan payudara gatal saat hamil:

Eksim

penyakit kulit eksim

Eksim merupakan peradangan yang terjadi pada kulit. Penyakit ini memicu ruam, benjolan kecil, mengelupas dan gatal.

Eksim dapat muncul kapan saja, termasuk pada saat sedang hamil dan menyerang area tubuh dimanapun, termasuk payudara.

Eksim dapat muncul terus menerus dan perlu dijaga pemicunya karena termasuk penyakit yang sulit untuk disembuhkan.

PUPPP (Papula dan Plak Urticaria Pruritus)

PUPP merupakan penyebab gatal pada area payudara dan puting saat hamil. Awalnya kondisi ini menyerang area perut yang kemudian menyebar ke bokong, paha hingga payudara.

Penyebabnya tidak diketahui pasti namun kemungkinan besar terjadi karena perubahan hormon pada ibu hamil

PUPP menimbulkan benjolan kecil dan gatal namun kondisi ini dapat mereda setelah ibu hamil melahirkan.

Erupsi Atopik Kehamilan (EAP)

penyebab payudara gatal saat hamil

Bagi ibu hamil yang pernah mengalami dermatitis atopic cenderung dapat mengalami berbagai permasalahan kulit yang bersisik dan bercak merah.

Kondisi ini dapat terjadi pada area leher, payudara, dan area kulit lainnya. Infeksi jamur ini dapat menyebabkan payudara gatal saat hamil dan tentu membutuhkan perawatan agar tidak semakin parah.

Prurigo

Prurigo sering menyebabkan area dada dan puting menjadi gatal dan umum menyerang wanita yang sedang hamil.

Penyebab dari prurigi menurut American College of Obstetricians and Gynecologists adalah sistem kekebalan yang merespon adanya perubahan hormon pada tubuh. 

Kondisi ini menyebabkan benjolan seperti gigitan serangga, menimbulkan gatal dan dapat muncul di area tubuh lainnya.

Prurigo dapat menyebar dan semakin banyak pada kulit yang terserang dan dapat tumbuh meskipun ibu hamil sudah melahirkan.

Intertrigo

Kondisi gatal lain yang menyerang ibu hamil yaitu intertrigo. Rasa gatal ini menyerang kulit dan menimbulkan ruam, kemerahan atau kecoklatan pada kulit.

Dermatitis intertriginosa ini dapat menyerang kulit yang lembab, berkeringat serta sering mengalami gesekan.

Baca juga: 20 Manfaat Potrelium Jelly untuk Kulit yang Wajib Kamu Ketahui!

Strategie kulit

Ibu hamil akan mengalami banyak perubahan fisiknya seperti kulit meregang saat bayi berada dalam kandungan.

Kulit akan menjadi lebih kering dan kurang nyaman serta umumnya menyebabkan rasa gatal, termasuk pada area payudara dan puting.

Hormon kehamilan

Lonjakan hormon pada masa kehamilan dapat menimbulkan gatal pada area payudara dan penggelapan di area sekitarnya.

Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron juga merupakan proses yang sangat bermanfaat selama kehamilan.

Kondisi medis yang dialami dapat segera kamu konsultasikan dengan dokter yang berpengalaman dalam bidang tersebut. Tentunya ada beberapa cara mudah untuk meredakan gatal pada area payudara selama kehamilan.

Baca juga: 11 Penyebab Payudara Gatal, Bisa Jadi Infeksi Jamur, Lho! 

Cara mengatasi payudara gatal saat hamil

Payudara gatal saat hamil yang bukan merupakan kondisi serius dapat diredakan dengan mudah di rumah. Bagaimana caranya?

Memakai sabun yang aman untuk bumil

sabun kewanitaan

Kulit atau area payudara gatal dapat disebabkan oleh sabun dengan kandungan yang kurang cocok untuk kulit.

Hindari sabun mandi dengan kandungan parfum dan detergen karena bahan ini dapat memicu iritasi pada kulit. Pilih sabun yang lembut dan mengandung pelembab agar kulit tetap sehat dan jauh dari dehidrasi kulit.

Menggunakan lotion

Lotion pelembab dapat digunakan untuk mengurangi kulit kering dan menyebabkan gatal pada payuara. Lotion yang mengandung lidah buaya, cocoa butter atau vitamin e dapat membantu mengatasi keluhan ini di rumah.

Ibu hamil dapat mengoleskan lotion secara rutin pada pagi dan malam hari. Ibu hamil juga perlu memperhatikan kandunagn yang terdapat dalam produk sehingga tetap aman digunakan selama kehamilan.

Mengoleskan minyak

Manfaat minyak atsiri untuk kesehatan

Minyak esensial dapat dipakai sebagai olesan untuk mengurangi rasa gatal pada payudara saat hamil.

Minyak kelapa, chamomile, tea tree, peppermint dan jenis minyak esensial lainnya dapat dimanfaatkan sebagai pereda gatal.

Gunakan dengan rutin dan konsultasikan dengan dokter tentang jenis minyak apa yang aman untuk digunakan selama hamil.

Menggunakan bra yang tepat

Ukuran bra yang tepat dapat membantu mengatasi rasa tidak nyaman selama hamil. Saat hamil, payudara cenderung akan mengalami perubahan sehingga ukuran bra juga harus diperhatikan.

Bra ketat dapat menimbulkan iritasi dan gesekan sehingga gatal akan semakin terasa parah. Pilih bra dengan jenis kain yang menyerap keringat, lembut dan tidak panas saat digunakan.

Mengenakan pakaian longgar

Saat hamil, gunakanlah pakaian yang longgar dan terbuat dari katun agar mengurangi rasa gatal. Pakaian yang ketat dan panas akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan meningkatkan risiko iritasi pada kulit.

Mengompres payudara

Ibu hamil yang mulai merasa gatal pada payudara dapat mengompress dengan air hangat atau air dingin selama 10 menit. Hindari mandi dengan air terlalu panas yang dapat memicu risiko iritasi.

Payudara gatal saat hamil merupakan kondisi yang wajar dan muncul karena berbagai perubahan yang dialami oleh ibu hamil. Jika kondisi gatal tidak dapat diredakan, segera konsultasi ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat dan aman.

Share artikel ini
Reference