novastan obat apa

Pernahkah kamu melihat nama obat ini dan bertanya-tanya novastan obat apa? Novastan merupakan obat pereda nyeri ringan hingga sedang. Nyeri yang dimaksud dapat berasal dari sakit gigi, nyeri otot, bahkan nyeri haid.

Novastan dapat digunakan untuk anak-anak dan dewasa dengan dosis yang sedikit berbeda. Jika kamu ingin menggunakannya, pastikan sesuai dengan petunjuk dokter. Bila salah, akan ada efek samping beragam yang mungkin dapat membahayakan tubuhmu.

Novastan obat apa?

Novastan atau novastan suspension adalah obat yang berguna untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang akibat sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, cedera, atau nyeri setelah operasi atau persalinan. Obat ini bekerja dengan menghalangi bahan kimia yang menghasilkan sinyal rasa sakit di dalam tubuh.

sakit kepala saat haid

Novastan juga digunakan untuk mengobati gejala nyeri haid, untuk mengobati pendarahan berat yang tidak normal saat haid, dan untuk menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan pembengkakan dan kekakuan sendi yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

Selain itu, Novastan dapat digunakan untuk nyeri ringan hingga sedang seperti sakit kepala, nyeri gigi, nyeri pasca operasi dan postpartum, dismenorea, menorrhagia; dan pada anak-anak dengan demam dan artritis idiopatik remaja.

Etoricoxib Obat Apa? Ini Manfaat hingga Dosis Pemakaiannya!

Dosis obat

Novastan adalah anggota kelompok obat antiinflamasi nonsteroid fenamat (NSAID), karenanya dosis terendah harus disesuaikan untuk setiap pasien. Oleh karena itu, setelah mengamati respon terapi awal dengan Novastan, dosis dan frekuensi harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien.

Dosis untuk nyeri akut

Dewasa (dewasa dan anak-anak di atas 14 tahun)

Direkomendasikan: 500 mg diikuti dengan 250 mg setiap 6 jam sesuai kebutuhan, biasanya tidak melebihi satu minggu

Awal: 500 mg

Anak-anak (anak-anak di atas 14 tahun)

Direkomendasikan: 500 mg diikuti dengan 250 mg setiap 6 jam sesuai kebutuhan, biasanya tidak melebihi satu minggu

Awal: 500 mg

Nitrokaf Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis dan Efek Sampingnya

Dosis untuk sakit perut saat haid

Dewasa

Direkomendasikan: 500 mg diikuti dengan 250 mg setiap 6 jam, tidak perlu lebih dari 2 sampai 3 hari

Awal: 500 mg

Dosis untuk pendarahan hebat saat menstruasi

Dewasa (dewasa)

Direkomendasikan: 500 mg tiga kali sehari

Perhitungan dosis untuk anak-anak

Untuk menghitung dosis untuk anak, gunakan kalkulator dosis berdasarkan berat badan untuk menghitung dosis yang sesuai dengan berat badan anakmu.

Dosis yang Terlewatkan

Ambil dosis yang terlewat ketika kamu ingat. Namun, jika sudah waktunya untuk dosis berikutnya, lewati dosis yang kamu lewatkan dan lanjutkan dengan jadwal dosis normal.

Baca juga:

Petunjuk penggunaan

obat sakit kepala yang ampuh

Baca panduan obat yang disediakan oleh apoteker, dokter, atau perusahaan obat tersebut. Jika memiliki pertanyaan terkait Novastan, tanyakan kepada dokter atau apoteker. Gunakan Novastan Suspension sesuai petunjuk yang diberikan oleh dokter Anda.

Novastan Suspension adalah pereda nyeri. Pereda nyeri bekerja paling baik jika digunakan segera setelah kamu merasakan sakit. Obat ini mungkin tidak bekerja dengan baik jika ditunda sampai rasa sakitnya memburuk.

Novastan dapat kamu makan dengan atau setelah makan dan harus digunakan sesuai kebutuhan. Kocoklah obat sebelum dikonsumsi.

Sebelum menuangkan obat ke dalam alat pengukur, kamu harus memeriksa tanda pengukuran dengan hati-hati. Kemudian, tuangkan jumlah dosis ke dalam perangkat. Setelah digunakan, bersihkan dan simpan alat pengukur di tempat yang aman untuk penggunaan selanjutnya.

Diskusikan dengan dokter jika kamu mengalami gejala baru. Jika memiliki masalah dengan kesehatan hati, Novastan dosis rendah dapat diresepkan.

Dokter mungkin meresepkan dosis awal yang lebih rendah dari obat ini untuk memahami dampaknya pada tubuh. Mengambil dosis yang lebih tinggi dari obat ini dapat meningkatkan risiko efek samping.

Pasien yang lebih tua mungkin melihat peningkatan kejadian efek samping. Akibatnya, dosis yang lebih rendah mungkin direkomendasikan untuk pasien yang lebih tua.

Fluvir 75 mg Obat Apa? Ketahui Dosis yang Tepat dan Efek Sampingnya!

Efek samping obat novastan

Seperti semua obat, Novastan dapat menyebabkan efek samping, meskipun tidak semua orang mengalaminya. Efek samping yang paling umum adalah pendarahan.

Pendarahan besar dapat terjadi pada sekitar 5% dari pasien dan perdarahan ringan pada sekitar 39% pasien. Kamu harus segera memberi tahu dokter jika dirimu mengalami salah satu gejala berikut:

  • pendarahan atau memar
  • darah dalam urin atau tinja
  • muntah atau batuk darah
  • kesulitan bernapas
  • kulit berkeringat dingin
  • mulut kering
  • pupil melebar dan/atau denyut nadi cepat dan lemah

Gejala-gejala ini dapat menunjukkan bahwa kamu mengalami masalah pendarahan.

Efek samping yang umum (dapat mempengaruhi hingga 1 dari 10 orang):

  • anemia
  • pembekuan darah
  • pendarahan, termasuk banyak pendarahan kecil di kulit dan selaput lendir (purpura)
  • mual

Efek samping yang tidak umum (dapat mempengaruhi hingga 1 dari 100 orang):

  • infeksi seperti infeksi saluran kemih
  • perubahan nilai darah
  • pembekuan darah
  • kurang nafsu makan
  • kadar gula darah rendah
  • kadar natrium yang rendah dalam darah
  • kebingungan
  • pusing, dll.
Share artikel ini
Reference