Fluvir Kapsul 75 mg adalah obat untuk mengatasi gejala yang disebabkan oleh infeksi virus influenza tipe A dan tipe B. Namun, bagaimana dengan dosis obat yang aman dikonsumsi? Cek berikut ini, ya.

Fluvir dapat mempersingkat waktu pemulihan satu hingga dua hari. Selain itu, Kapsul Fluvir 75 mg juga dapat digunakan untuk mencegah penularan flu jika ada anggota rumah tangga yang terkena flu atau jika terjadi wabah flu di masyarakat.

Kandungan dalam fluvir 75 mg

Tiap tablet Fluvir mengandung Oseltamivir 75 mg. Bahan ini akan aktif bekerja sebagai anti virus untuk influenza tipe A dan tipe B. Berbagai gejala flu yang muncul dapat diatasi dalam 1 hingga 2 hari lebih cepat jika kamu sudah mengonsumsi obat ini. Karena merupakan obat anti virus, obat ini tentunya tidak mempan pada infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Solinfec Ketoconazole Obat Apa? Yuk, Cari Tahu Kegunaannya Di Sini!

Fluvir 75 mg untuk pengobatan

Fluvir 75 mg sebenarnya obat yang digunakan dalam pengobatan infeksi influenza (flu) pada orang dewasa, remaja, anak-anak dan bayi.

Obat ini untuk mengatasi influenza yang juga dikenal sebagai flu. Flu sendiri adalah infeksi virus umum yang sering disertai dengan gejala seperti demam mendadak, batuk, pilek, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan berat. Oseltamivir ini dapat mencegah terjadinya penyebaran virus flu dan dapat membantu meredakan gejala flu kamu.

Oseltamivir adalah kelas antivirus yang digunakan untuk mengobati dan mencegah virus influenza A dan B. Tipe A merupakan virus yang bisa menyerang manusia dan hewan, sementara tipe B hanya menyerang manusia saja.

Terkait dengan fluvir 75 mg obat apa? sebenarnya tidak hanya untuk mengobati flu. Adanya kandungan oseltamivir yang dapat bekerja menghalangi replikasi virus, juga digunakan pada pasien dengan gejala ringan virus Covid-19, terutama jika ada infeksi influenza.

Dosis dan penggunaan

indexon obat apa
indexon obat apa

Berikut ini adalah dosis dan penggunaan obat yang aman untuk kamu konsumsi, tentunya sesuai dengan usia, berat badan dan kondisi kesehatan kamu.

Dosis untuk mengobati influenza

Dewasa >13 tahun : 1 kapsul 2 kali sehari.
Minum obat selama 5 hari atau sampai waktu yang ditentukan oleh dokter.

Dosis untuk mencegah influenza

Dewasa >13 tahun: 1 kapsul sekali sehari.
Minum obat pencegahan selama 10 hari setelah kamu pertama kali kontak dengan penderita influenza.

Jika kamu merasa telah mengonsumsi terlalu banyak obat ini dan mengalami gejala-gejala tersebut, segera dapatkan bantuan medis. Sedangkan bagi kamu yang melewatkan jadwal minum obat ini, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat, apalagi jika tidak terlalu dekat dengan dosis berikutnya.

Artrodar Obat Apa? Ini Fungsi dan Efek Sampingnya

Cara menggunakan fluvir

Ikuti petunjuk dan cara minum obat ini seperti yang dijelaskan oleh dokter atau apoteker. Jangan mengurangi atau menambah dosis secara sepihak.

Fluvir dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Kamu dapat meminum obat ini dengan makanan atau susu untuk meminimalkan rasa tidak nyaman pada perut.

Obat ini harus diminum secara teratur, sesuai dengan resep dokter.

Menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba dapat membuat Fluvir tidak maksimal dalam mencegah pertumbuhan virus di dalam tubuh.

Jika kamu tidak dapat menelan kapsul, tanyakan kepada dokter atau apoteker kamu apakah Oseltamivir tersedia dalam bentuk cair. Jika tidak ada, kamu bisa membuka kapsul dan mencampurkan isinya dengan sirup atau gula cair.

Dexycol 500 Obat Apa? Ini Kandungan dan Efek Sampingnya

Efek Samping Fluvir 75 mg

Perlu diketahui, fluvir 75 mg obat apa? sebenarnya untuk mengobati influenza. Obat ini memiliki efek samping yang mungkin terjadi saat kamu mengonsumsi obat ini, antara lain:

Mual, muntah, diare, hepatitis, kecemasan, kebingungan, mimpi buruk, sakit perut, irama jantung tidak teratur, fungsi hati yang tidak normal, peningkatan kadar gula darah, reaksi alergi yang parah seperti pembengkakan pada wajah atau lidah.

Beri tahu dokter mengenai obat-obatan yang kamu konsumsi saat ini, baik obat resep, obat bebas, vitamin dan suplemen, maupun herbal. Pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap obat ini juga.

Share artikel ini
Reference