Etoricoxib Obat Apa

Etoricoxib merupakan golongan obat antiinflamasi nonsterion (OAINS). Obat yang satu ini cara kerjanya adalah dengan menghambat enzim cyclo-oxygenase-2 (COX-2) yang berguna untuk melakukan produksi prostaglandin.

Prostaglandin sendiri merupakan zat yang dapat menyebabkan peradangan hingga nyeri. Dengan terhambatnya produksi zat ini, maka gejala peradangan seperti kemerahan dan bengkak akan berkurang. Selain itu, rasa nyeri juga dapat berkurang dengan mengkonsumsi obat ini. Untuk mengetahui lebih lanjut etoricoxib obat apa, kamu bisa simak ulasan berikut ini. 

Dosis pemakaian

fargetix obat untuk apa

Untuk dosis obat yang satu ini akan diresepkan oleh dokter. Biasanya, penggunaan dosis obat akan diberikan berdasarkan kondisi pasien, usia, hingga respon tubuh terhadap obat yang diberikan.

Namun, umumnya berikut dosis yang biasa diberikan berdasarkan kondisi dan usia pasien/

Dewasa

  • Untuk kondisi ankylosing spondylitis dan rheumatoid arthritis

Biasanya dosis yang diberikan yakni 60 mg dengan jadwal pemakaian 1 kali sehari. Untuk kondisi tertentu, dokter dapat meningkatkan dosis sampai 90 mg, dengan jadwal konsumsi 1 kali sehari

  • Kondisi osteoarthritis

Untuk kondisi osteoarthritis yang terjadi pada orang dewasa pemberian dosisnya yakni 30 mg dengan jadwal konsumsi 1 kali sehari. Pengobatan maksimal adalah 8 hari dengan obat ini.

  • Nyeri dan peradangan setelah operasi gigi

Untuk nyeri dan peradangan yang terjadi setelah operasi gigi, biasanya dosis yang diberikan yakni 90 mg, dengan jadwal konsumsi 1 kali sehari. Pengobatan menggunakan obat ini maksimal 3 hari.

Saat mengkonsumsi obat ini, pastikan untuk mengikuti anjuran dokter terutama soal dosis dan jadwal konsumsi obat. Jangan pernah untuk menambah atau mengurangi dosis obat sendiri tanpa adanya konsultasi dengan dokter.

Farsifen Plus Obat Apa Dan Cocok Untuk Penyakit Apa Saja?

Jika kamu mengalami nyeri atau peradangan kronis, dokter mungkin akan menganjurkan kamu untuk mengkonsumsi obat etoricoxib lebih lama. Namun, ini tentu bergantung pada kondisi kamu dan respon tubuh terhadap obat tersebut. 

Namun, jika ternyata nyeri atau keluhan yang kamu alami ringan, obat ini akan dikonsumsi dalam jumlah hari yang lebih cepat. Selain itu, jika nyeri tidak muncul lagi, kamu juga bisa menghentikan mengkonsumsi obat tersebut. 

Perlu diingat sebaiknya konsumsi obat ini di jam atau waktu yang sama setiap harinya. Obat ini juga bisa dikonsumsi baik sebelum atau sesudah makan. Namun, kamu sebaiknya konsumsi obat sebelum makan karena obat dapat bekerja dengan lebih cepat. 

Etadex Obat Apa? Ketahui Cara Pemakaian Dan Efek Sampingnya

Manfaat

Etoricoxib obat apa ya? Apa kamu masih bingung mengenai fungsi obat yang satu ini. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, obat ini termasuk dalam obat anti inflamasi non steroid. Obat ini digunakan sebagai analgesik untuk meredakan nyeri yang disebabkan muskuloskeletal kronis, pengobatan osteoarthritis, dan membantu meredakan nyeri akut yang berkaitan dengan operasi gigi yang kamu lakukan.

Farsifen Plus Obat Apa Dan Cocok Untuk Penyakit Apa Saja?

Efek samping

Mengetahui sejumlah efek samping dari penggunaan obat yang akan kamu minum juga cukup penting. Namun, pertlu diingat bahwa tidak semua orang mengalami efek samping selama penggunaan obat. Selain itu, beberapa orang juga mungkin mengalami efek samping lain yang tidak tertera dalam daftar.

Berikut sejumlah efek samping dari penggunaan etoricoxib:

  • Mual, muntah
  • Heartburn
  • Sakit perut, atau gangguan pencernaan
  • Diare
  • Pembengkakan pada kaki atau pada tungkai
  • Sakit kepala atau pusing
  • Mengi
  • Sulit tidur (insomnia)
  • Cemas
  • Kantuk
  • Sariawan
  • Perubahan rasa pada lidah
  • Lingung atau halusinasi
  • Tekanan darah meningkat

Karena salah satu efek samping dari penggunaan obat ini adalah mengantuk, sebaiknya hindari mengkonsumsi obat jika hendak berkendara. Kamu bisa konsumsi obat jauh sebelum berkendara atau setelah berkendara untuk menghindari kecelakaan ketika mengemudi. 

Selain itu, jika kamu mengalami sejumlah efek samping di atas, atau berbagai efek samping lain yang mengganggu pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter. Jangan ragu untuk berkonsultasi karena dokter nantinya dapat memberikan obat untuk atasi efek samping, menurunkan dosis obat, atau mengganti obat dengan jenis obat lain yang lebih cocok dengan efek samping yang lebih ringan.

Jadi, itulah ulasan mengenai obat etoricoxib dari mulai kandungan, manfaat hingga berbagai efek samping yang ditimbulkan. Jadi, apakah kamu sudah tahu bukan etoricoxib obat apa dari ulasan tersebut?

Share artikel ini
Reference