minuman untuk penderita asam lambung

minuman untuk penderita asam lambung

Beberapa jenis minuman untuk penderita asam lambung seringkali dibatasi atau perlu dihindari karena efeknya yang di khawatirkan akan semakin memperparah gejala yang dialami.

Asam lambung sendiri adalah cairan jernih yang normalnya diproduksi oleh dinding lambung. Kadar asam lambung yang tinggi berfungsi memecah berbagai jenis makanan dari daging hingga serat dari sayuran agar nutrisinya mudah dicerna dan diserap tubuh. 

Nah, tubuh memiliki mekanisme untuk menoleransi kadar asam lambung sampai level tertentu sehingga asam lambung tidak menyebabkan penyakit atau komplikasi lainnya.  

Namun, kadangkala sistem tubuh dapat mengalami gangguan sehingga peningkatan ataupun penurunan asam lambung bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Beberapa gejala gangguan produksi asam lambung tersebut dapat berupa:

  • Sendawa 
  • Rasa kembung
  • Rasa tidak nyaman pada perut
  • Sensasi terbakar pada ulu hati (heartburn)
  • Diare 
  • Gangguan pencernaan
  • Mual dan muntah
  • Buang angin
  • Nafsu makan menurun
  • Penurunan berat badan

Oleh sebab itu, bagi penderita asam lambung pada perlu menghindari beberapa jenis makanan dan minuman supaya gejalanya tidak semakin parah. 

Namun jangan khawatir, sebab ada juga minuman untuk penderita asam lambung yang nyatanya menyehatkan, lho.

Kira kira apa saja makanan atau minuman yang baik untuk penderita asam lambung? Yuk coba kita simak ulasannya di bawah ini

Minuman untuk penderita asam lambung yang sehat

Selain makanan, jenis minuman yang dikonsumsi juga memiliki pengaruhnya tersendiri kepada penderita asam lambung. Mengutip dari Healthline, berikut ini minuman untuk penderita asam lambung yang bisa dikonsumsi dan menyehatkan.

1. Teh herbal

Teh herbal sudah dikenal manfaatnya untuk membantu meningkatkan pencernaan dan menenangkan perut yang bermasalah. Kamu bisa mengonsumsi teh jahe, akar manis, atau kamomil (Chamomile) agar kondisi perut yang sakit bisa membaik. 

Secara fungsi, akar manis bisa membantu meningkatkan lapisan lendir pada lapisan esofagus sehingga bisa mengurangi efek asam lambung yang mengalir kembali. 

Selain itu, mengonsumsi teh jahe juga bisa meredakan mual karena memiliki sifat anti-peradangan.

2. Jus buah dan sayuran

Kamu bisa mengonsumi jus buah dan sayuran yang rendah asam dan mengandung senyawa alami yang bisa mengurangi refluks asam lambung. Yap! Hindari memilih buah dan sayuran yang memiliki rasa asam karena bisa mengiritasi selaput lendir pada saluran pencernaan.

Jenis jus yang dapat dicoba seperti jus lidah buaya, seledri, wortel, blewah, hingga melon.

3. Susu rendah lemak

susu rendah lemak
susu rendah lemak

Mengonsumsi susu sapi yang tinggi akan lemak bisa mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah dan memperburuk gejala asam lambung. Jadi, kamu bisa mengonsumsi susu sapi yang rendah lemak sebagai minuman menyehatkan untuk penderita asam lambung, ya.

4. Air mineral

Air mineral adalah asupan yang sangat penting untuk tubuh. Sebab, air bisa membantu sistem pencernaan yang keluar dari perut dan masuk ke usus kecil sehingga gejala parah yang dialami penderita asam lambung bisa berkurang. 

5. Susu nabati

Minuman berasal dari tumbuhan bisa menjadi pilihan menyehatkan untuk penderita asam lambung lho, seperti susu kedelai, susu kacang, susu gandum, serta susu almond. Sebab, susu nabati memiliki jumlah lemak yang jauh lebih rendah dan lebih aman untuk dikonsumsi.

6. Air kelapa

Air kelapa memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk minuman yang menyehatkan untuk penderita asam lambung.

Namun, usahakan untuk mengonsumsi air kelapa alami tanpa pemanis tambahan karena memiliki sumber elektrolit terbaik untuk meningkatkan keseimbangan pH di dalam tubuh sehingga bisa mengelola asam lambung.

Minuman untuk penderita asam lambung yang harus dibatasi

minuman untuk penderita asam lambung yang harus dibatasi
minuman untuk penderita asam lambung yang harus dibatasi

Selain itu, ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya kamu hindari untuk dikonsumsi apalagi sebagai penderita asam lambung. Sebab, beberapa minuman di bawah ini bisa memperburuk gejala penderitanya.

1. Jus dan minuman yang bersifat asam

Jika kamu menderita asam lambung dan menyukai jus buah dan sayuran dengan tingkat keasaman tinggi, sebaiknya kurangi mengonsumsinya. Sebab, sifat keasaman pada jus tersebut bisa memperburuk gejala asam lambung. 

Nah, beberapa jenis jus yang bisa kamu batasi adalah jus jeruk, jus lemon, jus jeruk nipis, jus anggur, hingga jus tomat.

2. Kopi

Mungkin, mengonsumsi kopi di pagi dan sore hari menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang. Namun, penderita asam lambung perlu membatasinya karena kopi bisa merangsang meningkatkan sekresi asam lambung sehingga gejalanya akan semakin parah.

3. Alkohol 

Alkohol bisa memperburuk kondisi asam lambung dengan cepat hingga merusak mukosa atau lapisan kulit yang ada di lambung dan kerongkongan. 

Namun, jika kamu berencana untuk minum, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala asam lambung yang naik, yakni minum dalam jumlah sedang, tetap terhidrasi, dan menghindari minuman asam atau berkarbonasi 

Apakah minum isotonik aman untuk penderita asam lambung?

Minuman isotonik memiliki rasa yang agak asam karena terkadang memiliki tambahan perasa asam di dalamnya. Jadi, sebaiknya kamu menghindari minuman isotonik dahulu jika menderita asam lambung karena bisa memperburuk gejala yang dimiliki. 

Jadi, itu dia beberapa penjelasan mengenai minuman terbaik dan yang perlu dibatasi untuk penderita asam lambung.

Usahakan kamu merubah pola hidup menjadi lebih sehat juga seperti dengan berolahraga agar tubuh bisa sehat dan terus membaik, ya.

Share artikel ini
Reference