Siapa sih yang tidak tahu Coca Cola? Minuman bersoda yang satu ini adalah salah  satu jenis minuman yang banyak digemari anak muda.

Ada juga informasi yang mengatakan bahwa minum soda Coca Cola saat haid dapat mempercepat haid datang dan memperlancar darah.

Apakah benar informasi tersebut? Jangan sampai termakan mitos belaka, ya. Yuk, baca informasi selengkapnya berikut ini!

Bolehkah minum soda saat haid?

minuman yang dilarang saat haid

Sebelum mengungkap kebenarannya, kamu harus tahu bahwa haid menyebabkan perubahan hormonal pada tubuh wanita. Kondisi tersebut membuat wanita lebih memilih mengonsumsi makanan atau minuman yang manis atau berlemak, termasuk minuman bersoda. 

Padahal, minum coca cola saat haid tidaklah dianjurkan. Kandungan kafein dan gula yang tinggi di dalamnya dapat memperburuk gejala haid. Kafein bersifat mempersempit pembuluh darah (vasokonstriktor), termasuk yang ada di dalam rahim. 

Jika ini terjadi, kram menstruasi akan semakin parah. Tidak hanya itu, kafein juga dapat menyebabkan nyeri payudara saat haid.

Kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda sama berbahayanya dengan kafein. Gula memiliki sifat inflamasi atau peradangan. Jika dikonsumsi saat haid, kadarnya akan menjadi tidak stabil dalam darah dan memperparah kram perut.

Selain itu, gula dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam sistem kekebalan tubuh, menyebabkan kelelahan, bahkan kekurangan energi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minum soda saat haid meningkatkan jumlah dan durasi haid. 

Alih-alih minum soda, kamu bisa mengonsumsi makanan atau minuman sehat lainnya selama haid. Minum air putih yang cukup, makan buah, serta yogurt rendah lemak, dapat membantumu tetap bugar selama kamu haid.

Minum Soda saat Haid: Apa Dampaknya?

Mitos minum soda saat haid

amankah minum coca cola saat haid

Banyak wanita percaya bahwa minum soda dapat memperlancar aliran darah sehingga siklus haid lebih cepat berakhir.

Oleh karena itu, tidak jarang para wanita mencoba memperlancar haid dengan minum soda agar pendarahan lebih banyak dan tidak perlu berlama-lama.

Faktanya, hingga saat ini belum ada penelitian medis yang membuktikan kebenaran hal tersebut.

Itulah mengapa kamu harus ekstra hati-hati jika sering minum coca cola saat haid. Terlalu banyak mengonsumsi soda juga dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Pada wanita, terlalu banyak minum soda juga bisa mempengaruhi kesuburan, termasuk bagi mereka yang sedang merencanakan kehamilan.

Selain itu, penelitian dari Healthcare University of Utah menyatakan bahwa minum soda juga bisa mempengaruhi kadar estrogen wanita.

Peningkatan kadar hormon estrogen dapat menyebabkan perubahan hormonal, menghentikan ovulasi, dan memiliki efek jangka panjang lainnya yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

4 Minuman yang Dilarang Saat Haid, Bisa Timbulkan Dehidrasi!

Cara melancarkan haid yang aman

Daripada terus terbawa mitos minum coca cola saat haid, sda beberapa cara memperlancar haid yang bisa kamu terapkan.

1. Tidur yang cukup

Pola tidur yang buruk dapat mempengaruhi hormon reproduksi yang mengatur siklus haid, yang dapat menyebabkan haid jadi tidak teratur.

Oleh karena itu, pastikan kamu punya waktu tidur yang cukup, yaitu 7-9 jam per hari. 

2. Menjaga berat badan tetap ideal

Kelebihan atau kekurangan berat badan dapat mempengaruhi kadar hormon reproduksi dan siklus haid. Hal ini bisa diatasi dengan menjaga berat badan ideal.

Mencapai berat badan ideal bisa dimulai dengan pola hidup sehat, antara lain makan sehat dengan pola makan seimbang dan olahraga teratur.

Jangan mencoba menurunkan berat badan dalam cara instan, karena kehilangan banyak berat badan dalam waktu singkat dapat membuat siklus haid tidak teratur.

3. Olahraga teratur

Olahraga teratur juga memperlancar siklus haid. Namun, hindari olahraga berlebihan, terutama jika kamu sudah lama tidak berolahraga.

Olahraga berlebihan tidak hanya menuntut tubuh untuk terus beradaptasi, tetapi juga dapat mengganggu siklus haid.

Karena itu, mulailah dengan latihan intensitas rendah terlebih dahulu. Lalu secara bertahap, tingkatkan intensitasnya. Waktu olahraga yang disarankan adalah 30 menit tiap hari atau 150 menit seminggu. 

4. Kelola stres dengan lebih baik

Hindari minum coca cola saat haid dan kelola stres dengan lebih baik. Stres dapat membuat siklus haid tidak teratur. Jika stres menjadi pemicunya, yang perlu kamu lakukan adalah kelola stres dengan baik.

Meditasi adalah salah satu dari banyak cara untuk mengatasi stres. Meditasi diketahui dapat menenangkan emosi dan pikiran, memungkinkanmu mengendalikan emosi negatif yang muncul akibat stres.

5. Dilengkapi dengan vitamin D

Kekurangan vitamin D bisa membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti salmon, sarden, daging, hati, kuning telur atau jamur.

Jika kamu ingin mengonsumsi suplemen vitamin D, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan merekomendasikan dosis vitamin D berdasarkan kondisi medismu.

Sekarang, kamu sudah tahu bahwa minum coca cola saat haid sangat tidak dianjurkan. Karena itu, kamu harus mulai beralih ke pola hidup yang lebih sehat yaa!

Jauh dari Fakta, Ketahui Deretan Mitos Menstruasi Ini

Share artikel ini
Reference