atlet badminton

Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu meringankan nyeri ketika menstruasi, tetapi bagaimana dengan olahraga seperti badminton saat menstruasi? Bisa saja dilakukan, karena para atlet badminton pun melakukannya.

Memang ada banyak pertanyaan apakah olahraga saat haid bebas dilakukan. Apakah tergolong aman dan tidak menyebabkan nyeri yang bertambah parah? Simak ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya. 

Apa itu badminton?

Badminton adalah olahraga yang termasuk ke dalam permainan bola kecil. Permainan ini dimainkan dengan cara menjatuhkan bola (shuttlecock) pada bidang permainan lawan.

Perpindahan bola dalam permainan bulu tangkis ini dilakukan dengan menggunakan raket. Bulu tangkis dapat dimainkan secara tunggal dan ganda. 

Apakah boleh bermain badminton saat haid?

Bermain badminton saat menstruasi ternyata diperbolehkan. Hanya saja, mungkin menstruasi dapat berpengaruh pada kemampuan para atlet badminton di lapangan.

Asisten Profesor Kedokteran Northwestern Lynn Rogers bersama dengan Dr. Ellen Casey, dengan University of Pennsylvania, dan profesor peneliti Yasin Dhaher, bekerja sama untuk memahami bagaimana fluktuasi hormonal yang terjadi di sepanjang siklus menstruasi dapat mempengaruhi otak dan saraf untuk mengontrol otot dan juga persendian. 

Dengan memahami hubungan tersebut akan membantu para atlet untuk dapat memahami apa yang perlu mereka lakukan untuk tetap dapat tampil secara maksimal namun dapat meminimalisir cedera. Pasalnya, penelitian telah menunjukan bahwa waktu tertentu dalam siklus haid dapat menyebabkan wanita lebih rentan mengalami cedera. 

Menurut Rogers, cedera ACL sepertinya lebih sering terjadi pada saat paruh pertama siklus wanita, bahkan 9 kali lebih mungkin mengalami robekan ACL. Meskipun penelitian menunjukan bahwa wanita lebih rentan mengalami cedera saat haid, namun tidak sedikit atlet wanita yang justru berhasil mencatat rekor pribadi ketika berada di siklus menstruasi. 

13 Penyebab Darah Haid Sedikit dan Hanya 2 Hari, Apakah Berbahaya?

Tips main badminton saat haid

badminton
Tips main badminton saat haid

Supaya permainan badminton tetap berjalan dengan baik sekalipun sedang menstruasi, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

1. Konsumsi makanan bergizi dan minum air yang cukup

Ketika sedang menstruasi, wanita umumnya merasa lebih cepat lapar dibanding biasanya. Namun, biasanya wanita juga kerap menginginkan makanan manis seperti coklat dan es krim serta makanan junk food yang dapat membuat tubuh kembung dan lesu. 

Pastikan untuk tetap mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah, sayuran, makanan berprotein dan karbohidrat untuk menjaga keseimbangan tubuh dan suasana hati.

Selain itu, karena berolahraga, pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan air supaya selalu terhidrasi. Air akan membantu tubuh untuk dapat bergerak sehingga performa akan lebih terjaga. 

2. Pertimbangkan apa yang akan dikenakan

Beberapa pakaian olahraga mungkin akan menyebabkan tekanan ekstra pada tubuh. Jika sedang berolahraga saat haid, pastikan untuk menggunakan pakaian yang nyaman sehingga tekanan dapat berkurang dan lebih leluasa untuk bergerak. 

3. Lewati periode menstruasi 

Jika menggunakan kontrasepsi hormonal, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter tentang melewatkan siklus menstruasi saat akan menghadapi kompetisi besar. Ini akan memudahkan kamu supaya bisa lebih fokus untuk latihan dan menghadapi kompetisi. 

4. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari orang lain

Meskipun mungkin sulit untuk memberitahu teman satu tim atau orang lain ketika sedang menstruasi, namun tidak ada salahnya untuk memberitahunya. Selain itu, mengobrol juga dapat mengatasi stres.

Kamu juga bisa menanyakan pembalut atau tampon tambahan jika kamu membutuhkannya. Selain itu, jika kamu merasa sakit atau tidak nyaman, orang lain juga dapat membantu kamu mencari solusi yang tepat untuk kondisi yang kamu rasakan. 

7 Rekomendasi Ramuan Tradisional untuk Hentikan Darah Haid

5. Dengarkan tubuhmu

Ingatlah bahwa kamu yang paling tahu mengenai tubuhmu. Saat kamu merasa kram yang teramat sakit, pastikan untuk istirahat. Tubuh akan memberi sinyal jika kamu bekerja terlalu keras. Memaksakan diri hanya akan membuat kondisi tubuhmu semakin memburuk. 

6. Gunakan pereda nyeri haid

Selain istirahat, kamu juga bisa menggunakan pereda nyeri jika haid sangat menyakitkan. Gunakan krim pereda nyeri yang sudah disetujui oleh FDA, aman, efektif serta mudah untuk digunakan. Dengan begitu, nyeri haid dapat membaik dan dapat membantu kamu untuk tetap bertanding badminton dengan performa yang baik. 

Itulah beberapa ulasan mengenai bermain bulu tangkis saat menstruasi dan beberapa tips yang dapat kamu coba ketika olahraga namun sedang haid. Pastikan untuk tidak memaksakan diri untuk menghindari cedera dan risiko lain yang dapat ditimbulkan. 

Cara atlet badminton hadapi menstruasi

Para atlet pun harus menghadapi situasi yang cukup melelahkan saat sedang haid. Terlebih lagi, sebagai profesional, mereka dituntut untuk tetap memberikan yang terbaik walau sedang menstruasi.

Meski berolahraga saat haid tetap disarankan, ada risiko cedera bagi para atlet badminton yang akan bertanding saat mereka sedang menstruasi. Jadi, apa yang harus dilakukan?

Melansir dari berbagai sumber, penggunakan metode kontrol kelahiran atau obat KB menjadi salah satu jalan yang ditempuh para atlet. Penggunaan pil KB pun dikontrol ketat oleh tim medis, karena jika kebablasan maka efek sampingnya cukup fatal.

Share artikel ini
Reference