cara menghilangkan kelopak mata hitam secara alami

Masalah atau kondisi kulit yang memengaruhi penampilan juga dapat memengaruhi rasa percaya diri kita, termasuk kelopak mata hitam. Lalu, bagaimana cara menghilangkan kelopak mata hitam secara alami? Yuk, kenali dulu!

Hiperpigmentasi atau kondisi kulit menjadi gelap sebenarnya bisa terjadi di bagian mana pun. Namun, paling sering di area bawah mata atau tepat di kelopak mata. 

Penyebab kelopak mata hitam pun beragam, mulai dari perubahan pada pembuluh darah dan kulit di sekitarnya, salah dalam penggunaan tabir surya, hingga efek dari cedera mata dan kondisi bawaan.

Kelopak mata hitam tidak menimbulkan bahaya kesehatan yang signifikan, tapi pada beberapa kasus, kondisi ini dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mendasarinya.

Kendati demikian, kamu tak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara alami untuk menghilangkan kelopak mata hitam. Bahkan, cara ini terbilang mudah lho, Yoonies! Apa sajakah itu?

Penyebab kelopak mata hitam

Ada berbagai penyebab kelopak mata hitam, salah satunya pembuluh darah yang melebar di kelopak mata sehingga membuat kulit di sekitarnya terlihat lebih gelap. Selain itu, cedera pada mata juga dapat menyebabkan memar sehingga kelopak matamu terlihat lebih gelap.

Namun, ini bukan satu-satunya kemungkinan penyebab kelopak mata gelap. Pasalnya, di dalam kulit mengandung zat melanin, yang memberikan warna alami.

Terkadang kulit mungkin lebih gelap pada beberapa titik karena adanya proses hiperpigmentasi. Sebaliknya, bintik-bintik terang atau putih mungkin disebabkan oleh hipopigmentasi.

Di balik proses hiperpigmentasi, ada beberapa penyebab kelopak mata hitam, yaitu:

1. Paparan sinar matahari

Ketika kulitmu rusak akibat paparan sinar matahari, nantinya kulit akan menghasilkan lebih banyak melanin sehingga membuat kulit yang terpapar menjadi lebih gelap dan muncul bintik-bintik.

2. Efek hamil

Selama kehamilan, kamu mungkin merasakan perubahan pada kulit. Salah satu masalah kulit yang paling umum terjadi selama kehamilan adalah melasma. Wanita hamil dengan melasma akan muncul bercak hiperpigmentasi cokelat atau abu-abu pada wajah.

Saat bercak tersebut muncul di kelopak mata dapat menjadi gelap. Penyebab kondisi ini bukan hanya karena hormon yang berkaitan dengan kehamilan yang meningkatkan produksi melanin di kulit sehingga menyebabkan melasma.

3. Akibat peradangan

Hiperpigmentasi juga bisa terjadi akibat eksem kronis dan peradangan alergi pada mata sehingga kelopak mata terlihat lebih gelap. Beberapa orang memiliki kelopak mata hitam sebenarnya karena kebiasaan menggosok daerah mata atau menggunakan kuku untuk menggaruk.

4. Efek obat-obatan tertentu

Kontrasepsi oral seperti pil KB  adalah penyebab umum kelopa mata wanita menjadi gelap. Bercak kulit gelap dapat terjadi akibat fluktuasi hormon.

Selain itu, obat glaukoma yang disebut bimatoprost dapat menyebabkan penggelapan kulit di kelopak mata. Meski begitu, kondisi ini biasanya memudar dalam 3-6 bulan setelah pengobatan berhenti.

5. Kulit menipis

Kondisi ini cukup umum terjadi seiring bertambahnya usia. Pasalnya, semakin menua, kulit akan mulai kehilangan kolagen dan lemak, bahlan kulit menjadi lebih tipis.

Penipisan kulit ini lah yang akan menyebabkan pembengkakan serta penggelapan di beberapa area terutama, di sekitar mata dan mulut.

5+ Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah, Palng Efektif!

Cara menghilangkan kelopak mata hitam

cara menghilangkan kelopak mata yang hitam

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan warna kulit terang lebih berisiko mengalami hiperpigmentasi dan kelopak mata gelap. Namun, bukan berarti kulit gelap tidak bisa menimbulkan masalah kelopak mata yang gelap juga. 

Kendati demikian kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa melakukan berbagai cara untuk menghilangkan kelopak mata hitam seperti berikut:

1. Kompres dingin

Perawatan kelopak mata hitam dengan kompres dingin ini cukup membantu apabila penyebabnya karena pembuluh darah yang melebar dan peradangan. Tak hanya itu, kompres dingin juga dapat meminimalkan memar yang disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah. 

Kamu bisa membuat kompres dingin di rumah dengan membungkus beberapa es batu dengan kain dan mengoleskannya ke mata. Lakukan ini berulang kali selama 10 setiap hari.

2. Pastikan kulit tetap terhidrasi

Memastilkan tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Dianjurkan agar kamu minum setidaknya 8 gelas air per hari. 

Pasalnya, jika tidak, maka akan mengakibatkan dehidrasi dan memicu banyak masalah kesehatan, termasuk lingkaran hitam dan kelopak mata yang turun.

3. Pastikan posisi tidur benar

Hindari tidur dengan wajah menghadap ke bawah untuk mencegah ketegangan kulit di sekitar mata. Pastikan kamu tidur telentang dengan kepala ditinggikan untuk memastikan aliran darah yang tepat ke wajah.

4. Gunakan irisan tomat

Tomat adalah obat alami yang dapat mengurangi bintik hitam apabila kamu mengaplikasikannya secara konsisten. Hal ini karena tomat dapat mencerahkan kulit dan mencerahkan lingkaran hitam.

5. Pakai kantung teh

Cara terakhir untuk menghilangkan kelopak mata hitam, yaitu dengan menggunakan kantung teh hijau dan hitam yang dikenal karena sifat antioksidannya yang dapat mengurangi peradangan dan perubahan warna. 

Kamu bisa mendinginkan 2 kantung teh selama 2 jam, lalu letakkan di area sekitat mata selama 15 menit. Keluarkan kantung teh dan bilas kelopak mata.

Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan minyak almond di sekitar kelopak mata agar tetap terhidrasi. Ulangi proses ini setiap hari untuk mendapatkan kulit bercahaya di sekitar matamu.

Ini Cara Mengecilkan Kantung Mata dengan Mudah, Bye Mata Panda!

Itulah beberapa cara menghilangkan kelopak mata hitam yang dapat kamu lakukan di rumah. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut secara rutin ya, Yoonies!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference