cara menghilangkan bruntusan di wajah

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya masalah kulit, salah satunya bruntusan. Bruntusan ternyata tidak hanya muncul di jidat, tetapi juga di area wajah lainnya, seperti pipi dan dagu. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan mudah dan ampuh?

Jika sekarang kamu memiliki masalah serupa, kamu berada di tempat yang tepat, Yoonies! Yuk, cari tahu penyebab bruntusan di wajah untuk menghindarinya muncul terus-menerus. Simak juga beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan mudah di artikel ini!

Penyebab bruntusan di wajah, apa saja?

Penyebab utama munculnya bruntusan adalah tersumbatnya pori-pori kulit di wajah oleh sel kulit mati dan kotoran. Ketika pori-pori tersumbat, bakteri akan berkembang biak dengan mudah sehingga muncul jerawat kecil-kecil. Ukuran jerawat yang kecil dan muncul dalam jumlah yang banyak disebut bruntusan.

Disebut juga dengan jerawat pasir, bruntusan lebih sering muncul di area dahi karena letak dahi berdekatan dengan kelenjar minyak atau sebum di kepala. Kelenjar minyak yang berlebihan dan menyumbat pori-pori kulit akan memicu munculnya bruntusan.

Jika kulit wajah kamu kering, kulit mati di area wajah yang menyumbat pori-pori bisa memicu munculnya bruntusan. Berikut beberapa penyebab bruntusan di wajah lainnya:

1. Biang keringat

Biang keringat adalah kondisi saat tubuh memproduksi lebih banyak keringat dari biasanya. Keringat berlebihan dapat menyumbat pori-pori. Ketika tersumbatnya pori-pori oleh keringat disertai dengan penumpukan sel kulit mati dan bakteri, bruntusan akan dengan mudah muncul di wajah.

2. Perubahan hormon

Penyebab bruntusan di wajah berikutnya, yaitu perubahan hormon. Kondisi hormon yang sering berubah dan tidak seimbang bisa memengaruhi kelenjar sebasea yang menghasilkan minyak di kulit. Ketika kelenjar ini berlebihan memproduksi minyak, maka pori-pori kulit di wajah akan dengan mudah tersumbat sehingga memicu bruntusan.

3. Stres

Kamu harus senantiasa bahagia, ya! Karena salah satu penyebab bruntusan di wajah adalah kondisi mental dan pikiran yang tidak sehat atau stres. Jika kamu stres, hormon kortisol dalam tubuh akan memproduksi kelenjar minyak secara berlebihan, memicu terjadi bruntusan di wajah jika disertai dengan penumpukan bakteri dan sel kulit mati pada pori-pori.

4. Jarang membersihkan muka

Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah dengan rutin. Setelah beraktivitas seharian, terutama di luar ruangan, ada banyak kotoran yang menempel di wajah. Jika kamu tidak membersihkan wajah dengan teratur, maka kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori dan memicu bruntusan.

5. Lupa membersihkan makeup

Jika menggunakan makeup adalah hal wajib yang perlu kamu lakukan setiap hari, jangan lupa untuk selalu membersihkannya. Bahan-bahan dalam makeup yang menumpuk lama di wajah dapat menyumbat pori-pori. Jika tidak membersihkan makeup dengan rajin dan bersih, maka pori-pori yang tersumbat bersamaan dengan sel kulit mati dapat menimbulkan bruntusan.

Apa Ciri-Ciri Jerawat Kistik? Yuk, Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara menghilangkan bruntusan di wajah

cara menghilangkan bruntusan di wajah dan penyebabnya

Apa pun bentuk jerawatnya, termasuk jerawat pasir atau bruntusan, kamu tidak perlu khawatir Yoonies! Ada beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa kamu ikuti untuk memperbaiki penampilanmu. Berikut cara-caranya:

  1. Gunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit
  2. Rajin membersihkan muka setiap hari, wajib!
  3. Jangan lupa menggunakan sunscreen untuk mencegah efek bahaya dari sinar ultraviolet
  4. Gunakan pelembab jika kulit kamu adalah tipe kulit kering
  5. Jika kulit kamu berminyak, kamu bisa menggunakan kertas minyak untuk menyerap minyak agar tidak menumpuk di wajah
  6. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak dan minyak berlebih
  7. Hindari memegang atau memencet bruntusan di wajah
  8. Gunakan produk khusus untuk mengatasi bruntusan di wajah

Jika kamu merasa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang sudah disebutkan di atas masih belum bisa mengatasi masalah kamu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit lebih lanjut.

Dokter biasanya akan bertanya tentang pola hidup, makanan yang sering kamu konsumsi, kegiatan kamu setiap hari, dan juga produk skincare yang kamu gunakan.

Ternyata Ada Beragam Penyebab Jerawat di Leher, Ini Cara Menghilangkannya!

Itulah penjelasan lengkap tentang penyebab munculnya bruntusan dan cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan mudah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi sehat.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference