cara mengetahui pasangan setia atau selingkuh

Belakangan ini banyak kabar perselingkuhan di kalangan selebritas. Beberapa bahkan dikenal sebagai couple goals dan tampak seperti budak cinta (bucin) dengan pasangannya. Hal ini mungkin membuatmu khawatir bagaimana cara mengetahui pasangan setia atau selingkuh?

Kamu pun menjadi curiga jangan-jangan pasangan yang selama ini romantis dan tampak setia bisa berkhianat. Namun, tenang dulu, sebelum berdebat dengan kekasih, coba simak 5 cara mengetahui pasangan setia atau selingkuh di sini agar kamu bisa menyikapi dengan bijak. 

Ciri-ciri pasangan setia

Kesetiaan itu mahal harganya. Dalam hubungan, siapa yang tidak ingin punya pasangan setia? Seorang psikolog dan profesor di Universitas Yeshiva, Sabrina Romanoff, PsyD menjelaskan ada 3 ciri-ciri pasangan setia, yaitu: 

1. Jujur dan transparan

Salah satu ciri kesetiaan adalah keterbukaan dan transparansi. Orang yang setia tidak berusaha menyembunyikan identitas diri atau bagian dari hidupnya dari pasangannya. 

2. Teguh dan sering mendukung

Dr. Romanoff menjelaskan kesetiaan artinya berada di sisi pasangan baik suka maupun duka. Pasangan yang setia memberikan dukungan ketika kamu sedang terpuruk dan tidak mengancam mengakhiri hubungan ketika hubungan tidak berjalan baik.

3. Konsisten

Ciri-ciri pasangan setia lainnya adalah konsisten dalam perilaku dan perlakuan. Orang yang setia juga bertanggung jawab dengan ucapannya. Ia tidak melanggar janji yang sudah dibuat.

Misalnya, ketika pasangan berjanji tidak berinteraksi berlebihan dengan lawan jenis maka ia akan menepatinya. Berbeda dengan orang yang tidak setia, selalu menanggapi dan menikmati perhatian tersebut. 

Komitmen Adalah Kunci Sukses Hubungan, Apa Ciri-Cirinya?

Ciri-ciri pasangan selingkuh

ciri-ciri pasangan selingkuh

Sebelum mendalami cara mengetahui pasangan setia atau selingkuh, kamu perlu mengenali terlebih dahulu ciri-ciri pasangan selingkuh. Pakar kencan Dr. Kimberly Moffit membagikan bagaimana seseorang mengetahui pasangannya tengah menjalin hubungan gelap.

Ia mengungkapkan 4 skenario yang mungkin terjadi di antaranya pasangan mendapati pesan dari selingkuhan, pasangan mendapat laporan dari rekan kerja bahwa kekasih sedang jalan dengan orang lain, dan menemukan barang milik orang ketiga. 

Paling parah, seseorang memergoki secara langsung aksi perselingkuhan.  Lebih jelasnya, berikut tanda atau ciri-ciri pasangan selingkuh:

1. Sering terdistraksi dengan ponsel 

Salah satu ciri-ciri pasangan selingkuh adalah ia jadi lebih mudah terdistraksi dengan ponsel. Ketika mendengar notifikasi, ia langsung mengalihkan pandangannya untuk segera membaca pesan tersebut. 

Bahkan, ketika kamu sedang bercerita, ia tetap akan tertuju dengan ponselnya. Selain itu, pasangan menjadi lebih posesif atau mudah marah ketika kamu menengok dan bertanya dari siapa pesan masuk tersebut. 

2. Sering berbohong

Apabila kamu mendapati pasangan berbohong, ini bisa jadi ciri awal aksi perselingkuhan. Misalnya, tidak sengaja melihat pasangan jalan bersama perempuan lain. Namun, ketika ditanya ia mengaku sedang jalan sendirian. 

Dr. Moffitt juga menambahkan, apabila seseorang berbohong lalu ditanya dan ia memberikan penjelasan yang panjang, bahkan memasukan poin yang tidak penting, ini bisa jadi red flag

3. Melakukan gaslighting

Ketika mengetahui pasangan berbohong dan kamu berusaha berbicara mengenai kecurigaan itu, ia akan melakukan gaslighting.

Contohnya, berbalik menyalahkan kamu karena tidak memberikan kenyamanan atau karena perilakumu yang berubah. Orang yang selingkuh tidak ingin banyak ditanya, terutama pertanyaan yang menyudutkan mereka. 

4. Menarik diri secara emosional

Coba perhatikan beberapa waktu ke belakang, apakah pasangan sudah tidak lagi bercerita tentang aktivitasnya? Atau apakah ia menghindar saat kamu berusaha dekat secara emosional? Orang yang selingkuh cenderung membuat jarak sehingga lebih mudah untuk berpisah. 

7 Ciri-Ciri Terjebak di Hubungan Abusive, Begini Mengatasinya!

Cara mengetahui pasangan setia atau selingkuh 

Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk memastikan, apakah kekasih memang selingkuh atau hanya firasat, berikut cara mengetahui pasangan setia atau selingkuh yang perlu kamu ketahui!

1. Perhatikan tanda yang muncul

Setelah mengetahui ciri pasangan selingkuh, kamu harus lebih peka dengan tanda yang muncul. Namun, sebelum mengambil langkah, tulislah keanehan yang timbul dalam jurnal untuk membantu mencari bukti lain. 

2. Beri tahu kecurigaanmu

Kalau kamu tipe yang komunikatif, coba bicarakan kecurigaanmu dengan pasangan. Jika ia tidak menyembunyikan apa pun maka pertanyaan yang kamu ajukan tidak menjadi masalah dan tidak membuatnya tersinggung. Pasangan yang setia sangat terbuka dan menghargai perasaan pasangannya. 

3. Coba tanyakan kepada teman kekasih 

Cara yang bisa kamu coba berikutnya bertanya dengan teman atau rekan kerja kekasih. Walaupun informasi yang didapat tidak selalu akurat, ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk membuktikan asumsi. 

4. Memeriksa ponsel kekasih 

Membuka ponsel orang lain tanpa izin sangat tidak dibenarkan. Untuk mencoba cara ini kamu bisa meminta izin pasangan terlebih dahulu. Jika tidak ada yang disembunyikan ia akan mengizinkan kamu membuka aplikasi dalam ponsel. 

Apa Itu Trust Issue? Pentingkah dalam Sebuah Hubungan?

Itulah ciri dan cara mengetahui pasangan setia atau selingkuh. Apabila kamu menemukan ciri di atas, tarik napas dalam dan coba komunikasikan dengan pasangan untuk menyelesaikan permasalahan dengan bijak ya, Yoonies!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference