cara menghadapi pacar yang labil

Labil adalah sebutan bagi seseorang yang emosinya kerap kali naik turun atau tidak stabil. Seseorang dengan emosi yang tidak stabil sering membuat kesal orang-orang di sekitarnya, termasuk pasangannya. Jika pacar kamu salah satunya, bagaimana cara menghadapi pacar yang labil dengan efektif?

Jika kamu sudah sangat kebingungan dalam menghadapi pacar yang emosinya naik turun, yuk cek cara menghadapi pacar yang labil di artikel ini! Ketahui juga apa itu labil beserta ciri-cirinya di sini.

Labil adalah emosi yang tidak stabil

Siapa sih yang tidak pernah mengalami hari-hari buruk dalam hidupnya? Ketika mengalami hari buruk, biasanya suasana hati akan berubah menjadi tidak nyaman. Hal tersebut umum dialami setiap orang. Nah, labil adalah suasana hati seseorang yang sering kali naik turun dan cenderung tidak bisa dikontrol. 

Ada banyak penyebab seseorang bisa menjadi terganggu secara emosional, seperti kondisi kesehatan, stres dalam karier, kecemasan, dan masih banyak lagi. Namun, ketika seseorang menjadi tidak stabil secara emosional atau labil, ada ciri khas tersendiri yang membuat mereka berbeda dengan individu dengan mood swings biasa pada umumnya.

Cara Menghadapi Pacar yang Tiba Tiba Menghilang

Ciri-ciri orang yang labil

Seseorang yang labil dan seseorang dengan mood swings biasa sangatlah berbeda. Mereka mempunyai ciri khas tersendiri yang bisa kamu amati dengan mudah. Berikut ciri-ciri orang labil yang perlu kamu ketahui:

  1. Sering meluapkan amarah tanpa alasan yang jelas, termasuk hal-hal kecil
  2. Terlalu mendramatisir semua hal
  3. Sering gaslighting, memanipulasi orang lain untuk mempertanyakan kewarasan mereka sendiri
  4. Perubahan suasana hati yang ekstrem tanpa alasan yang jelas
  5. Kurangnya kemampuan untuk merasakan apa yang orang lain rasakan dan melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain
  6. Ketidakmampuan untuk mengakui ketika melakukan kesalahan
  7. Orang yang labil merasa bahwa mereka pantas mendapatkan segalanya
  8. Menghadapi masalah secara emosional, bukan secara logis
  9. Mengekspresikan emosi dengan sangat ekstrem
  10. Sering menyalahkan orang lain
  11. Takut akan kritikan dan penolakan
  12. Sering lupa menjaga kesehatan
  13. Selalu protes tentang banyak hal
  14. Cenderung memilih lari dari masalah daripada menghadapinya

7 Ciri-Ciri Terjebak di Hubungan Abusive, Begini Mengatasinya!

Cara menghadapi pacar yang labil

cara menghadapi pacar yang labil jangan bingung dulu

Sudah tahu kan sekarang apa saja ciri-ciri orang yang labil? Jika kamu merasa bahwa pacar memiliki banyak kesamaan dengan ciri-ciri tersebut, maka kamu perlu trik khusus untuk menghadapinya. Berikut cara menghadapi pacar yang labil:

1. Amati terlebih dahulu

Tanyakan pada diri kamu sendiri apakah kamu melakukan suatu kesalahan? Biasanya orang yang labil atau tidak stabil secara emosional sering membuatmu mempertanyakan semua tindakanmu. Bersikaplah objektif dan tanyakan pada diri kamu sendiri, apakah kamu benar-benar melakukan kesalahan?

2. Meminta pendapat orang lain

Kamu bisa meminta pendapat orang lain ketika kamu terjebak dalam masalah dengan pacarmu. Tanyakan kepada orang lain tentang pacarmu, apakah ia bertindak berlebihan atau tidak? Orang lain kemungkinan akan memiliki pandangan yang lebih jelas tentang yang sedang terjadi.

3. Jangan ikut-ikutan bermain drama

Sebisa mungkin jangan ikut-ikutan bermain drama yang dibuat oleh pacar kamu yang labil. Berpikirlah logis dan temukan akar permasalahan sesungguhnya. Jangan terlibat dalam drama apapun dan berusahalah untuk menemukan solusi.

4. Tetap tenang

Cara menghadapi pacar yang labil ini sangatlah penting, yaitu tetap tenang. Jangan terlibat dalam perubahan emosional pacarmu. Tetaplah tenang agar tetap dapat berbicara dengan pacar kamu dengan kepala sehat.

5. Berbicara dari hati ke hati

Setelah tenang, bicaralah dengan pacarmu dari hati ke hati untuk mencari hal yang paling mengganggunya. Jika kamu dan pacarmu bisa menemukan penyebabnya bersama, maka menemukan solusi untuk permasalahan tersebut akan mudah.

6. Meminta bantuan medis atau terapi

Cara menghadapi pacar yang labil juga bisa dilakukan dengan meminta bantuan medis atau terapi. Seseorang yang tidak stabil secara emosional atau seseorang yang labil sering kali tidak bisa menjadi lebih baik dengan sendirinya. Coba untuk berkonsultasi dengan terapis, psikolog, atau psikiater.

7. Mengakhiri hubungan

Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan, tetapi tidak ada yang berhasil, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengakhiri hubungan dengan pacar kamu. Hubungan asmara bisa tetap bertahan jika keduanya bekerja sama mencari solusi bersama bukan bermain drama.

Komitmen Adalah Kunci Sukses Hubungan, Apa Ciri-Cirinya?

Itulah penjelasan lengkap tentang cara menghadapi pacar yang labil, definisi dari labil, dan ciri-cirinya. Ketidakstabilan emosi atau kondisi labil seseorang memang tidak mudah untuk dihadapi, tapi hal ini bisa kamu atasi jika tetap tenang dan terus berkomunikasi dengan pasangan.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference