Bunga dan Maknanya

Apakah kamu tahu bahwa setiap bunga memiliki makna? Ada berbagai makna yang dimiliki bunga. Ada yang mewakili cinta dan harapan. Bunga yang lain melambangkan kesembuhan atau kehilangan. Masih ada berbagai makna bunga lainnya.

Jika pasangan kamu memiliki love language recieving gifts dan ingin memberikan bunga untuk seseorang termasuk pasangan, kamu perlu tahu maknanya tersebut terlebih dulu. Artikel ini akan membahas beberapa jenis bunga dan maknanya. Simak sampai selesai, ya!

Apa itu makna bunga?

Bunga merupakan hadiah yang indah pada setiap kesempatan, mulai dari acara pernikahan hingga acara pemakaman. Saat hari-hari tertentu, biasanya seseorang menjadikan bunga sebagai hadiah. Intinya, saat kamu memberikan hadiah kepada seseorang, hal ini menunjukkan bahwa kamu memikirkannya dan ingin memberikan sesuatu yang istimewa untuknya.

Ternyata, setiap bunga memiliki makna yang unik. Makna yang ada pada setiap bunga sudah ada sejak berabad-abad yang lalu dan diakui di seluruh dunia. Karena setiap jenisnya memiliki makna yang berbeda-beda, penting untuk mempertimbangkan apakah maknanya sesuai dengan acara yang kamu hadiri.

Untuk itu, penting untuk memahami apa yang dilambangkan oleh setiap bunga. Mempelajari maknanya dapat membantu kamu menentukan untuk memberikan yang terbaik kepada pasangan.

Bunga dan maknanya untuk pasangan

Ketika memilih jenis tertentu, ada baiknya untuk mengetahui maknanya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa bunga dan maknanya. Beberapa diantaranya cocok dijadikan hadiah untuk pasangan.

Makna bunga matahari

Bunga matahari memiliki warna yang cantik dan mempesona. Warnanya yang kuning cerah bisa membuat hati lebih bahagia ketika melihatnya. Seperti matahari, bunga ini mewakili kehangatan, kebahagiaan, dan kesetiaan.

Namun, sebenarnya bunga matahari tidak berwarna kuning saja, ada beberapa warna lainnya juga dengan makna yang berbeda-beda.

  • Warna kuning mewakili cinta, keceriaan, kebahagiaan, keabadian, kebaikan, dan kebenaran.
  • Warna biru melambangkan kesetiaan, kedamaian, dan kebijaksanaan.
  • Warna merah mewakili ambisi, kesejahteraan, dan energi yang positif
  • Warna orange memiliki makna semangat, kebahagiaan, kemakmuran, dan energi yang membara.
  • Warna merah muda melambangkan kelembutan, kesabaran, ketulusan, cinta, dan kesehatan yang lebih baik.
  • Warna Putih mewakili kedamaian, kemurnian, dan harapan untuk kehidupan yang lebih baik.
  • Warna ungu melambangkan kekayaan, kemegahan, dan kemuliaan.
  • Warna hitam mewakili ambisi, kedewasaan, dan kebijaksanaan.

Makna bunga daisy

Bunga daisy melambangkan cinta yang setia, kemurnian, kesetiaan, kesabaran, dan kesederhanaan. Salah satu bunga yang populer ini memiliki ukuran yang kecil, tampilan yang cantik dan menarik. Kelopaknya yang berwarna putih mengelilingi bagian tengahnya yang berwarna kuning cerah.

Uniknya, daisy dapat tumbuh dengan subur pada iklim yang basah maupun kering. Daisy dapat tumbuh di ladang maupun di pegunungan. Selain itu, daisy memiliki kebiasaan yang unik, yaitu menutup kelopaknya pada malam hari dan membukanya lagi pada pagi hari.

Makna bunga dandelion

Salah satu bunga liar unik yang tumbuh di Indonesia adalah dandelion. Batangnya panjang dan kecil. Bunga ini tidak hanya berwarna ungu saja, namun ada juga yang berwarna kuning. Meskipun awalnya berasal dari Asia dan Eropa, saat ini bunga tersebut dapat dengan mudah ditemukan di mana saja.

Dandelion mewakili pengharapan, cinta, kesetiaan, kebahagiaan, dan keceriaan. Bunga yang memikat hati ini memang tidak memiliki aroma yang semerbak bmelati ataupun mawar, namun bunga ini memiliki makna yang mendalam.

Makna bunga edelweis

Dalam bahasa Jerman, kata edelweis memiliki arti putih dan mulia. Sebenarnya, bunga ini juga memiliki makna simbolis. Edelweis memiliki makna pengabdian, keberanian, kasih sayang. Selain itu, Edelweis melambangkan cinta dan pengabdian yang mendalam.

Makna bunga tulip

Tulip melambangkan cinta yang sempurna dan mendalam. Tulip cocok diberikan kepada seseorang yang memiliki hubungan yang mendalam denganmu. Tulip selalu mekar dengan elegan. Bunga ini juga populer di dunia karena sering dikaitkan dengan Belanda.

Selain itu, Tulip juga melambangkan kehangatan dan kenyamanan. Saat kamu memilih bunga ini untuk pasangan, penting untuk mempertimbangkan warna apa yang akan kamu pilih.

  • Tulip merah melambangkan pernyataan cinta yang abadi
  • Tulip kuning melambangkan keberuntungan dan kemakmuran
  • Tulip merah muda diberikan kepada pasangan untuk menunjukkan rasa peduli

Makna bunga lily

Bunga ini terlihat besar dan mencolok ketika mekar. Lili memiliki enam kelopak yang berbentuk terompet. Daunnya panjang dan berbentuk seperti tombak. Lili tersedia dalam banyak warna, yaitu merah muda, putih, emas, merah, dan orange.

  • Lily putih memiliki makna kemurnian
  • Lily kuning melambangkan kebahagiaan
  • Lily orange memiliki makna kebencian

Makna bunga mawar

Ketika kamu memikirkan jenis bunga apa yang akan kamu berikan kepada pasangan, mawar mungkin yang pertama yang terlintas dalam pikiran. Mawar adalah bunga yang paling erat kaitannya dengan cinta. Mawar memiliki banyak pilihan warna, namun yang paling umum diberikan kepada pasangan adalah merah muda dan merah.

Selain mewakili cinta, mawar merah juga melambangkan romansa, keindahan, dan kesempurnaan. Tidak mengherankan jika bunga klasik ini menjadi pilihan populer untuk dijadikan hadiah bagi pasangan. Mawar putih yang melambangkan kemurnian seringkali ditemukan pada saat acara pernikahan. Bunga ini juga sering ditemukan saat pemakaman.

Mawar memiliki berbagai warna dan masing-masing memiliki maknanya sendiri.

  • Mawar merah memiliki makna cinta
  • Mawar merah tua mewakili duka dan perkabungan
  • Mawar merah muda melambangkan kebahagiaan, kelembutan, dan kasih sayang
  • Mawar putih memiliki makna kemurnian, kepolosan, penghormatan
  • Mawar kuning melambangkan kecemburuan dan perselingkuhan
  • Mawar orange melambangkan keinginan dan antusiasme

Tips memilih bunga untuk pasangan

Memilih bunga yang terbaik untuk pasangan bisa jadi sulit. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih bunga bagi pasangan. Selain memperhatikan jenis yang kamu pilih, penting juga untuk memperhatikan warnanya.

  • Warna yang berbeda dari bunga yang sama bisa memiliki arti yang sangat berbeda.
  • Pilihlah buket yang mencerminkan hubungan kalian. Buket yang berbeda bisa memiliki arti yang berbeda.
  • Pastikan bunga yang akan kamu berikan dalam keadaan yang segar.
  • Sebelum memberikannya kepada pasangan, rawatlah bunga itu. Misalnya, sebelum memasukkannya ke dalam vas, pastikan vasnya sudah dibersihkan dengan benar.

Bunga bisa dijadikan sebagai alat komunikasi yang indah. Beberapa bunga seperti mawar, lili, dan tulip bisa mengekspresikan berbagai emosi hanya berdasarkan warnanya saja. Jadi, pilihlah jenis dan warna yang tepat untuk pasanganmu, ya!

Share artikel ini
Reference