cara mengatasi gatal pada selangkangan dan miss v

Apakah saat ini kamu merasakan gatal pada area intim? Untuk mengetahui cara mengatasi gatal pada selangkangan dan miss V, kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Gatal di selangkangan dan miss V bisa dikatakan normal. Hal ini bisa terjadi bila memakai pakaian dalam ketat, bahan tertentu, sabun baru, atau deterjen yang menyebabkan iritasi hingga memicu gatal.

Selain itu, aktivitas fisik atau hubungan seksual terkadang bisa menimbulkan iritasi dan gatal ringan. Yuk, simak lebih jelas penyebab gatal di area tersebut sebelum mengetahui cara mengatasinya!

Penyebab gatal di selangkangan dan miss V

Gatal di area selangkangan dan miss V bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari yang ringan hingga yang membutuhkan penanganan medis. Berikut beberapa penyebab umum gatal di selangkangan, yaitu:

  1. Iritasi: Pakaian dalam ketat, bahan pakaian tertentu (misalnya sintetis), sabun atau deterjen baru, pewangi pada produk kewanitaan, bahkan gesekan saat beraktivitas fisik bisa menyebabkan iritasi yang memicu gatal.
  2. Infeksi Jamur: Infeksi jamur pada vagina (vaginitis) atau kulit (jock itch) adalah penyebab umum gatal. Gejala lain yang mungkin menyertai gatal yaitu keputihan abnormal berwarna putih seperti keju atau kemerahan pada kulit.
  3. Penyakit Menular Seksual: Trikomoniasis, klamidia, dan gonore, bisa menimbulkan gatal pada vagina dan Miss V disertai dengan gejala lain seperti keputihan abnormal, bau tidak sedap, atau nyeri saat buang air kecil.
  4. Kondisi Kulit: Eksim, psoriasis, atau dermatitis bisa menyebabkan gatal pada kulit, termasuk area selangkangan dan miss V. Biasanya disertai dengan gejala lain seperti kulit kering, bersisik, atau kemerahan.
  5. Vaginosis Bakterial: Kondisi ketidakseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat di vagina ini bisa menimbulkan gatal dan keputihan berwarna keabuan.

5+ Cara Menghilangkan Benjolan di Selangkangan Tanpa Cara Medis

Apakah air garam bisa menyembuhkan gatal di selangkangan?

Air garam dapat membantu meredakan gatal di selangkangan, namun tidak dapat menyembuhkannya secara permanen.

Hal ini dikarenakan air garam memiliki beberapa manfaat:

  • Sifat antibakteri dan antiinflamasi: Membantu melawan infeksi bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan gatal.
  • Menenangkan kulit: Mengompres dengan air garam dapat membantu meredakan peradangan dan rasa gatal.
  • Melembabkan kulit: Air garam dapat membantu menjaga kelembaban kulit yang kering dan gatal.

Cara mengatasi gatal pada selangkangan dan miss V

Gatal pada selangkangan dan miss V bisa mengganggu kenyamanan. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi gatal.

1. Jaga kebersihan area intim 

Bilas area selangkangan dan miss V dengan air hangat dan sabun lembut tanpa pewangi 1 kali sehari. Hindari penggunaan douche atau pembersih kewanitaan beraroma kuat.

2. Kompres air garam

Larutkan 1-2 sendok makan garam dapur bersih ke dalam 1 liter air hangat. Rendam area yang gatal selama 10-15 menit, 2-3 kali sehari. Keringkan dengan handuk lembut.

3. Kenakan pakaian dalam katun

Kenakan pakaian dalam longgar berbahan katun yang menyerap keringat. Ganti pakaian dalam minimal sehari sekali, terutama setelah beraktivitas atau berkeringat.

4. Hindari menggaruk

Menggaruk bisa memperparah iritasi dan meningkatkan risiko infeksi.

5. Kurangi konsumsi makanan pemicu gatal

Beberapa makanan seperti makanan pedas, kafein, dan alkohol dapat memperparah gatal.

6. Kelola stres

Stres bisa memperburuk kondisi kulit, termasuk gatal. Teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi dapat membantu.


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference