Ciri wanita selingkuh menurut psikologi ternyata bisa dilihat dengan mata gamblang. Perselingkuhan jadi kasus yang kini banyak mencuat di mana-mana. Apalagi kini media sosial sedang banyak memviralkan kasus selingkuh. Tidak hanya dilakukan oleh pria, tapi juga oleh wanita di berbagai usia. 

Bahkan penelitian dari University of Colorado Boulder’s Department of Psychology and Neuroscience menyebutkan, wanita lebih sering dilaporkan oleh pria karena kasus perselingkuhan. Benarkah? Lalu apa yang menyebabkan wanita berselingkuh? Yuk simak penjelasannya menurut psikologi!

Apakah wanita lebih jarang selingkuh dari pria?

Laporan perselingkuhan yang dilakukan pria memang lebih banyak dicatat di kantor yang berwenang namun survei lanjutan terkait perselingkuhan menyatakan hal lain. The Institute for Family Studies (IFS), melakukan survei perselingkuhan dengan partisipan berumur 18 hingga 65+.

Hasilnya menyatakan 20% pria menyatakan mengaku pernah berselingkuh sedangkan wanita hanya 10%. Namun kasus yang perselingkuhan wanita terhadap pria lebih banyak dilaporkan ke pihak berwenang.

Sebagai pertimbangan ada banyak faktor yang mempengaruhi angka kuantitatif perselingkuhan  wanita atau pria. Mulai dari kebiasaan, pola sosial hingga kecenderungan pengakuan dan apresiasi terhadap setiap gender. 

Arti Mimpi Pacar Selingkuh Menurut Psikologi, Beneran Selingkuh?

Penyebab wanita selingkuh

komitmen adalah kunci sukses hubungan

Sama halnya seperti pria, ada banyak faktor yang menyebabkan wanita berselingkuh. Di era ini salah satu faktor pemicunya adalah kebutuhan dan keinginan yang meningkat sesuai dengan kebiasaan modern.

Tidak hanya itu, pemahaman akan nilai feminisme hingga citra kebebasan membuat wanita lebih bebas mencari kepuasannya tersendiri tanpa batasan apapun. Paling umum, penyebab perselingkuhan dilingkungan pernikahan adalah tidak adanya kepuasan seksual.

Kurang gairah dalam sebuah pernikahan juga bisa jadi salah satu pintu perselingkuhan. Dimana rasa ketidakpuasan datang seiring dengan waktu. Tidak puas justru membuat beberapa wanita mencari celah lain untuk memuaskan dirinya sendiri. 

Berapa Lama Selingkuh Bisa Bertahan? Cek Faktanya Di Sini!

Dari faktor umum tersebut, ada faktor pendukung lain yang tidak kalah banyak ditemukan di berbagai kasus perselingkuhan wanita, seperti:

  • Tidak percaya diri karena fisik
  • Rasa kesepian akibat sering ditinggal pasangan
  • Krisis pertengahan hidup (midlife crisis)
  • Terbukanya kesempatan untuk berselingkuh

Kesempatan bisa datang dari mana saja, juga bisa muncul dari pemicu jenis apapun. Akan lebih bahaya jika terjadi karena sulutan dari pihak luar. Apalagi wanita cenderung menggunakan hati dibanding otak untuk menimbang suatu informasi ringan sekalipun.  

Ciri wanita selingkuh menurut psikologi

ciri hubungan toxic relationship

Wanita bisa jadi berselingkuh bila ada celah dan merasa aman akan celah tersebut. Bila sudah terjadi, adakah hal yang bisa disimpulkan sebagai ciri wanita selingkuh? Bila kamu menemukan satu dari beberapa ciri berikut maka kamu patut waspada. 

Tiba-tiba mendominasi

Wanita pada dasarnya lumrah mendominasi di saat-saat tertentu. Namun yang patut dicurigai pada saat wanita mendominasi di ranah seksual. Kemungkinan bila dominasi ini terjadi secara tiba-tiba dan dalam intensitas sering maka patut dipertanyakan. 

Playing victim

Playing victim atau bertindak seolah korban juga bisa dijadikan indikator perselingkuhan yang dilakukan oleh wanita. Hal ini tidak hanya terjadi di satu aspek tapi juga di berbagai aspek. Tujuannya sederhana, yakni agar pria kebingungan dan akhirnya memberi ‘kelonggaran’ pribadi.

Punya kehidupan sosial cenderung tertutup

Sebagai pasangan seharusnya kehidupan sosial baik wanita atau pria jadi terbuka. Namun bila tiba-tiba salah satunya menjadi tertutup tanpa sebab yang jelas mungkin saja sedang terjadi perselingkuhan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Takut berkomitmen dan sering berbohong

Komitmen jadi pegangan pasangan saat hendak menjalankan hubungan serius. Namun kamu patut curiga bila komitmen tiba-tiba longgar bahkan pasangan jadi lihai berbohong. Cermatilah kebohongan apa yang dilakukan dan lakukan investigasi sendiri hingga menemukan fakta perselingkuhan.

Terlalu berfokus pada privasi sendiri

Terlalu fokus pada privasi sendiri bisa jadi ciri lainnya. Contohnya menggunakan password pada HP, tidak mengangkat telepon dari pasangan hingga tidak terbuka dengan teman dekatnya. Biasanya wanita tipe ini tidak ingin dicurigai karenanya ia terlalu menutupinya sendiri.

Ada banyak ciri lain yang akan saling bermunculan seiring berjalannya waktu. Bila sudah sampai puncaknya perselingkuhan akan terbongkar. Di fase inilah kamu dituntut perlu dewasa memilih keputusan terbaik. 

_______

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference