etika pergaulan

Close up of young Asian women group selfie themselves in the pastel buildings city in nice sky morning. City lifestyle of young women group on weekend. Outdoor shopping and city lifestyle concept.

Menjalin hubungan yang baik dengan semua orang adalah hal yang penting. Namun, tidak semua orang bisa langsung berinteraksi dengan nyaman atau dapat diterima dengan mudah dalam pergaulan atau hubungan dengan masyarakat lainnya. Cara untuk dapat lebih mudah berinteraksi dan membangun hubungan yang baik dengan orang lain adalah dengan menerapkan etika pergaulan.

Apa yang dimaksud dengan etika pergaulan?

Etika pergaulan yakni tata krama atau sopan santun dalam pergaulan yang sesuai dengan keadaan atau situasi maupun tidak melanggar norma-norma yang berlaku baik norma kesopanan, agama, adat, hukum dan lainnya.

Macam macam etika pergaulan yang harus diketahui

Etika pergaulan dapat berubah dalam lingkungan sosial yang berbeda. Misalnya, ketika berinteraksi dengan keluarga lebih bersifat informal, sedangkan ketika dengan atasan atau mitra bisnis lebih formal.

Mempelajari etika yang berbeda sesuai dengan suasana juga penting untuk dilakukan. Berikut beberapa etika pergaulan:

1. Etika sosial

Etika yang satu ini berkaitan dengan norma-norma perilaku dan juga interaksi sosial yang dianggap bisa diterima oleh semua orang.

2. Etika tatap muka

Etika yang satu ini sangat penting ketika kamu berinteraksi dengan orang lain secara langsung atau tatap muka. Kamu perlu memperkenalkan diri dan perhatikan nama serta apa yang mereka katakan. Jangan lupa untuk memperhatikan bahasa tubuh kamu, gerakan dan juga hindari tindakan yang terkesan kasar.

3. Etika rapat

Jenis etika yang satu ini memberitahu bagaimana cara berperilaku dalam rapat, seminar atau acara perusahaan.

4. Etika makan

Etika makan adalah tatakrama ketika seseorang sedang makan dengan orang lain. Ini termasuk tidak berbicara dengan perut yang penuh, berterima kasih pada orang yang menyajikan makanan serta tetap berada di meja sampai semua orang selesai makan.

5. Etika telepon

Etika yang satu ini mengajari bagaimana cara bersikap yang baik saat telepon. Seperti belajar untuk menjaga intonasi atau menjaga nada bicara dengan orang lain.

Manfaat memiliki etika pergaulan

Menerapkan etika pergaulan ternyata dapat memberikan berbagai manfaat, yakni:

1. Menunjukkan kepada orang-orang bagaimana berperilaku yang baik

Etika yang satu ini bukan hanya berguna untuk dapat berbaur dengan orang lain dengan menerapkan sopan santun yang baik namun juga membantu kamu untuk beradaptasi di berbagai situasi.

Misalnya, bagaimana kamu harus bersikap dengan orang yang lebih tua, bagaimana bersikap dalam situasi yang formal dan sebagaimana. Pasalnya, setiap situasi memerlukan sikap yang berbeda pula.

2. Memberi kesan bahwa kamu orang yang baik dan mudah didekati

Dengan menerapkan etika yang baik, akan membuat kamu tampak seperti orang yang baik pula. Selain itu, sikap hangat dan sopan santun yang kamu tunjukan juga dapat memberi kesan bahwa kamu adalah seseorang yang mudah didekati sehingga orang lain mau untuk berinteraksi dengan kamu.

3. Memudahkan interaksi

Etika ini juga membantu orang-orang berinteraksi dengan menghilangkan kesalahpahaman dan berbagai drama yang sebenarnya tidak diperlukan.

4. Menjadi lebih mudah untuk membangun dan memelihara koneksi

Orang yang berperilaku sopan dan baik mudah untuk diajak berbicara dan dapat memberi kesan bahwa ia adalah orang yang bisa dipercaya. Dengan begitu, kamu bisa membangun dan memelihara koneksi tersebut dengan lebih baik.

5. Membuat kesan yang baik

Etika yang baik sangat penting dimanapun kamu berada, termasuk di tempat kerja. Etika pergaulan akan membantu kamu tampak profesional dan memiliki kesan yang baik dengan semua orang.

Cara menjaga etika pergaulan

Etika pergaulan dapat diterapkan dalam berbagai lingkungan, seperti lingkungan rumah, sekolah, hingga tempat kerja. Berikut sejumlah cara untuk menjaga etika pergaulan.

1. Saling menyapa

Saat bertemu dengan orang orang yang kamu kenal baik bertemu di tempat umum atau jalan, usahakan untuk menyapa. Jika memang kamu memiliki waktu, tidak ada salahnya untuk mengajaknya berbincang sebentar, misalnya menanyakan kabar.

2. Menghormati orang yang lebih tua

Menghormati orang yang lebih tua adalah salah satu etika pergaulan. Misalnya, kamu harus berbicara dengan sopan, sedikit membungkuk ketika berjalan di depannya dan lainnya.

3. Menghargai teman sebaya

Bukan hanya menghormati orang tua, kamu juga perlu menghormati teman sebaya. Misalnya, mendengarkan apa yang ia bicarakan. Menjadi pendengaran baik juga menjadi bentuk menghargai teman.

4. Bersikap sopan pada siapa saja

Menjaga sopan santun menjadi hal yang penting. Bersikap sopan dengan menjaga cara bicara, cara berpakaian sesuai dengan tempat dan situasi, berkenalan dan menyapa. Sopan bukan hanya ketika bersama orang yang lebih tua, namun pada siapa pun.

5. Punya rasa empati

Memiliki rasa empati sangat dibutuhkan dalam pergaulan. Misalnya menawarkan bantuan jika orang lain memiliki kendala atau menolong orang yang sedang kesulitan

Share artikel ini
Reference