manfaat vitamin D3

Tubuh perlu memiliki jumlah vitamin D, kalsium, dan fosfor yang tepat penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat.

Vitamin D adalah bagian dari jenis vitamin yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Manfaatnya sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Vitamin D sendiri memiliki dua bentuk yaitu D2 dan D3. Dalam artikel ini, simak penjelasan terkait vitamin D3 lebih dalam berikut ini!

Apa itu vitamin D3?

Vitamin D (ergocalciferol-D2, cholecalciferol-D3, alfacalcidol) adalah vitamin yang larut dalam lemak yang membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor.

Vitamin D3 digunakan untuk mengobati dan mencegah gangguan tulang (seperti rakhitis, osteomalacia). Vitamin D3 dibuat oleh tubuh saat kulit terkena sinar matahari. Tabir surya, pakaian pelindung, paparan sinar matahari terbatas, kulit gelap, dan usia dapat mencegah mendapatkan cukup vitamin D dari matahari.

Vitamin D dengan kalsium digunakan untuk mengobati atau mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis). Vitamin D juga digunakan dengan obat lain untuk mengatasi rendahnya kadar kalsium atau fosfor yang disebabkan oleh gangguan tertentu seperti hipoparatiroidisme, pseudohipoparatiroidisme, hipofosfatemia familial).

5 Manfaat vitamin D3 untuk tubuh

Vitamin D3 menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Di antaranya adalah:

1. Menguatkan tulang dan otot

Vitamin D bekerja sama dengan kalsium untuk memperkuat tulang-tulang di tubuhmu. Jika kamu kekurangan vitamin D, hal tersebut dapat menyebabkan kondisi seperti kepadatan tulang yang lebih lemah, fraktur tulang (patah), osteoporosis.

Di samping itu, Vitamin D dapat membantu membangun otot yang lebih kuat. Studi menunjukkan hubungan antara kekuatan otot dan kadar vitamin D yang tinggi. Para peneliti menemukan orang dengan lebih banyak vitamin D memiliki tubuh lebih ramping, lebih banyak massa otot, fungsi otot yang lebih baik.

2. Meningkatkan kekebalan

Vitamin D3 dapat membantu sistem kekebalan tubuhmu melawan virus dan infeksi bakteri. Penelitian menunjukkan Vitamin D3 dapat mencegah infeksi saluran pernafasan akut, pneumonia, dan COVID-19.

3. Meningkatkan suasana hati

Kadar vitamin D3 yang rendah sangat beresiko terkena depresi klinis atau perilaku depresi (misalnya, kebiasaan makan yang buruk). Bukti menunjukkan peningkatan kadar vitamin D3 membantu mengurangi gejala depresi.

4. Mengurangi peradangan

Vitamin D3 dapat mempengaruhi kondisi medis yang disebabkan oleh peradangan. Asupan vitamin D yang rendah dapat meningkatkan resiko mengidap alergi, asma, eksim, dan atopi (kecenderungan genetik untuk mengembangkan alergi).

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D selama kehamilan membuat bayi lebih kecil kemungkinannya menderita asma. Selalu bicarakan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen apa pun selama kehamilan.

5. Meningkatkan fungsi jantung

Penelitian menunjukkan kekurangan vitamin D dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung.

Asupan vitamin D3 dapat mengurangi risiko gagal jantung dan diyakini dapat meningkatkan fungsi jantung (otot jantung) namun hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Efek samping vitamin d3

Vitamin D pada dosis normal biasanya tidak memiliki efek samping. Jika kamu mengalami efek yang tidak biasa, hubungi dokter atau apoteker segera.

Jika dokter telah mengarahkan kamu untuk menggunakan obat ini, ingatlah bahwa dokter telah menilai bahwa manfaatnya bagi kamu lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius asal dalam dosis yang wajar.

Di sisi lain, jika kamu mengonsumsi terlalu banyak vitamin D3 dapat menyebabkan kadar kalsium tinggi yang berbahaya. Beri tahu dokter segera jika salah satu dari tanda-tanda kadar vitamin D/kalsium yang tinggi ini terjadi seperti:

  • mual/muntah
  • konstipasi
  • kehilangan nafsu makan
  • rasa haus yang meningkat
  • peningkatan buang air kecil
  • perubahan mental/suasana hati
  • kelelahan yang tidak biasa.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika kamu melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk:

  • ruam
  • gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan)
  • pusing parah
  • kesulitan bernapas.

Jika kamu melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau layanan Kesehatan sesegera mungkin.

Bagaimana cara menyimpan vitamin D3?

Simpan produk vitamin D (kecuali alfacalcidol) pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembapan. Jangan simpan di kamar mandi. Selain itu, kamu bisa menyimpan simpan tetes alfacalcidol di lemari es (2-8 derajat C). Jangan sampai membeku serta jauhkan obat dari anak-anak dan hewan peliharaan.

Selama kehamilan, dosis vitamin D untuk mendukung program diet digunakan hanya jika benar-benar dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter kandungan.

Share artikel ini
Reference