Apakah kamu menyukai telur puyuh? Telur puyuh atau quail egg merupakan salah satu jenis telur dengan bentuk yang unik dan berbeda dengan jenis telur lainnya. Telur yang dihasilkan dari burung puyuh ini mempunyai bentuk yang kecil dengan motif khas berupa corak hitam pada cangkang putihnya.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh saat mengonsumsi telur yang penuh dengan kandungan gizi tinggi ini. Bahkan ada yang mengatakan bahwa manfaat telur puyuh untuk promil juga tinggi. Apakah hal ini benar adanya? Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Kandungan telur puyuh

manfaat telur puyuh untuk promil

Pernah membayangkan apa saja kandungan yang terdapat pada telur sekecil ini? Ternyata walaupun berukuran mini, telur puyuh mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi, lho. Dalam 9 gram atau 1 butir telur saja mengandung zat gizi berikut ini:

  • 14,2 kkal Kalori
  • 1,17 gr Protein
  • 1 g Lemak
  • 0,037 gr Karbohidrat
  • 5,76 mg Kalsium
  • 0,328 miligram (mg) Besi
  • 1,17 mg Magnesium
  • 20,3 mg Fosfor
  • 11,9 mg Kalium
  • 12,7 mg Natrium
  • 0,132 mg Seng
  • 0,006 mg Tembaga
  • 0,003 mg Mangan

Dengan kandungan yang tinggi ini. Tidak heran jika telur puyuh mempunyai banyak sekali manfaat yang bisa membantu Kesehatan tubuh.

Telur puyuh juga mempunyai rasa yang lezat jika dicampurkan ke dalam sop, dibuat sate telur atau telur balado. Jenis makanan ini tentu sangat disukai anak-anak hingga orang dewasa bukan? 

Apakah telur puyuh bagus untuk promil?

manfaat telur puyuh untuk program hamil

Manfaat telur puyuh untuk promil memang belum dapat dibuktikan secara medis dapat membantu pasangan untuk segera mendapatkan keturunan. Akan tetapi, kandungan dan nutrisi pada telur puyuh dapat membantu Kesehatan perempuan seperti vitamin B, folat, kolin dan nutrisi lainnya.

Kourtney Kardashian mengaku sering mengonsumsi telur puyuh dalam upaya untuk memperbesar peluang mendapatkan kehamilan dan meningkatkan kesuburan, meskipun ia sendiri memang belum yakin akan manfaat dari telur puyuh bagi promil itu sendiri.

Perlu dilakukan uji klinis lebih lanjut yang dapat membuktikan manfaat telur puyuh untuk promil bagi pasangan suami istri.

Telur puyuh sendiri dikenal memiliki sejumlah manfaat Kesehatan karena kandungan dan nutrisi didalamnya. Meskipun begitu, kamu tetap perlu memperhatikan jumlah konsumsi telur puyuh, karena dapat memicu kenaikan kolesterol yang cukup tinggi jika dikonsumsi lebih banyak.

Kolestrolnya sebesar 380 mg atau 2x lebih banyak dari batas maksimal harian, sehingga membatasi konsumsi telur puyuh akan sangat baik untuk kebutuhan Kesehatan. Jika masih ragu tentang manfaat dan khasiatnya, segera diskusi dengan dokter jika ingin rutin mengonsumsi telur mini ini.

Manfaat Susu Milo Untuk Promil, Penuhi Nutrisi Agar Cepat Hamil!

Manfaat telur puyuh untuk Kesehatan

Telur puyuh yang mempunyai ukuran kecil memang tak main-main lho dengan manfaat yang bisa diberikannya. Berikut ini manfaat telur puyuh untuk Kesehatan:

1. Tinggi protein

Sama halnya dengan telur ayam, ternyata meskipun bentuknya jauh lebih kecil, telur puyuh mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Dalam 1 porsi telur puyuh atau 5 butir aja mengandung 5,85 gram protein yang nilainya setara dengan 1 telur ayam. 

Tentunya ada banyak manfaat yang bisa didapat saat tubuh tercukupi proteinnya seperti menjaga stamina, sebagai sumber energi, menguatkan masa otot hingga memelihara kesehatan rambut dan kulit. Jadi, ada segudang manfaat yang dapat diperoleh saat tubuh mendapat kecukupan protein bukan?

2. Antioksidan alami

Dalam beberapa penelitian, diketahui bahwa telur puyuh mempunyai manfaat yang dapat mencegah sel testis rusak ketika diuji coba dengan hewan. Hal itu karena kandungan antioksidan alami pada telur puyuh yang diketahui dapat menjadi penyembuh alam

Selain itu, kandungan antioksidannya pun dapat jadi penyembuh diabetes saat diuji coba pada tikus sehingga ada perbaikan yang signifikan. . Penelitian pada manusia sendiri masih dilakukan lebih mendalam agar manfaatnya lebih maksimal.

Manfaat Kacang Tanah Rebus untuk Promil, Bunda Wajib Tahu!

3. Tingkatkan imun tubuh

Telur puyuh mempunyai kandungan vitamin A dan juga kolin yang diketahui dapat menyediakan asupan harian akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan nutrisi serta imun tubuh yang kuat, hal tersebut dapat mencegah perkembangan risiko jantung, mencegah infeksi kronis hingga menjaga sistem imun tubuh tetap baik dan sehat. Penglihatan dan sistem saraf pun semakin membaik dengan konsumsi rutin telur puyuh.

4. Jaga Kesehatan jantung

25 tips menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk keberlangsungan hidup. Jantung merupakan alat vital yang dapat memompa darah ke seluruh tubuh sehingga organ dapat berfungsi dengan normal. Zat besi dan selenium yang cukup tinggi pada telur puyuh memang menjadikan telur ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Zat besi pada telur puyuh dapat memberikan perlindungan aktif terhadap jantung sehingga penyakit ini bisa diminimalisir risikonya. Adapun zat besi juga dapat menghindari seseorang terkena anemia karena produksi sel darah merah sehat akan lebih banyak.

5. Redakan rhinitis alergi

Banyak sekali orang yang kerap mengalami alergi seperti bersin, pilek hingga hidung tersumbat. Gejala ini juga kerap muncul pada penderita rhinitis alergi.

Telur puyuh dapat menjadi pereda gejala alergi kareena kandungan seng dan antioksidan dalam telur puyuh. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter jika masih ragu dengan gejala yang ada, ya.

6. Redakan esophagitis eosinofilik

Esophagitis eosinofilik merupakan peradangan kronis pada saluran penghubung mulut dengan lambung. Kondisi ini terjadi pada esofagus atau dinding kerongkongan. Radang terjadi karena reaksi alergi.

Ada manfaat telur puyuh yang bisa diperoleh jika menderita alergi jenis ini, namun disamping itu uji klinis masih terus dilakukan agar dapat memastikan manfaatnya bagi manusia.

Kurma Muda untuk Promil, Benarkah Efektif?

7. Manfaat Kesehatan lainnya

Potensi manfaat dari konsumsi telur puyuh memang masih beragam. Kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi pada telur ini dapat membantu pembentukan sel darah merah, meningkatkan energi hingga memaksimal sistem saraf. Selenium pada telur puyuh juga dapat memecah pencernaan dan dapat mengubahnya menjadi energi untuk tubuh.

Manfaat yang begitu besar pada telur puyuh itu dikatakan juga dapat menjadi salah satu makanan pendukung promil bagi pasangan yang ingin memiliki anak. Bagaimana kamu tertarik untuk mencoba mendapatkan manfaat telur puyuh untuk promil? 


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference