manfaat susu kurma untuk promil

Kurma tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk buahnya saja, kamu juga bisa menikmati kurma dan susu lebih nikmat dan bergizi. Menariknya, jika dikonsumsi secara rutin, kamu bisa mendapat berbagai manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Susu kurma kalorinya terbilang lebih rendah, kaya vitamin A, vitamin B6, dan juga vitamin D. Selain itu, kurma sendiri merupakan buah yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin B, zat besi, dan potasium.

Lantas, apa manfaat susu kurma untuk promil? benarkah bisa meningkatkan kesuburan? Yuk, cari tahu lebih lanjut fakta menariknya di bawah ini!

Manfaat susu kurma

Kurma Muda untuk Promil

Kurma sendiri mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, magnesium, fosfor, kalium, vitamin K, vitamin B6, gula, protein, kalsium, besi, natrium dan seng.

Sementara susu juga kaya akan berbagai nutrisi penting seperti protein, vitamin B6, vitamin A, lemak, kalsium, dan selenium. Berikut adalah manfaat dari susu kurma, antara lain:

1. Membantu mengatasi sembelit

Kombinasi kurma dengan susu dapat memberikan manfaat melawan gangguan pencernaan atau sembelit. Caranya ambil 5 biji kurma, tambahkan ke 500 ml susu, masak dan dinginkan terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu bisa minum susu kurma saat perut kosong di pagi hari secara rutin. Serat dari kurma yang ada pada susu akan membantu kamu mencegah sembelit. Hal ini karena serat, air tetap berada di tinja sehingga lebih lembut dan lebih nyaman melewati usus.

2. Banyak manfaat untuk ibu hamil

Manfaat susu kurma untuk promil maupun ibu hamil juga bisa memberikan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang bayi dalam kandungan ibu hamil.

Tidak hanya itu, berikut manfaat lain dari susu kurma Selain itu, berikut beberapa manfaat susu kurma untuk ibu hamil lainnya:

  • Menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku.
  • Meningkatkan kerja sistem pembuluh darah dan komposisi darah, yang membantu menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh dan menghilangkan edema.
  • Mencegah perkembangan varises.
  • Kurma yang dicampur dengan susu akan membantu menguatkan otot rahim, sehingga mencegah penghentian kehamilan secara dini dan memperlancar persalinan.

Selain dalam bentuk susu, kurma yang dikonsumsi secara utuh juga memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk ibu hamil.

Manfaat Susu Almond Untuk Promil: Apakah Lebih Baik Susu Kedelai?

3. Menjaga kesehatan kulit

Kurma dengan susu dapat membuat kulit lebih halus dan lebih bercahaya. Ini karena susu kurma mengandung vitamin C dan vitamin D.

Vitamin C adalah molekul penting bagi kulit karena sifat antioksidannya. Sementara vitamin D bisa melindungi kulit dari paparan radiasi dan ultraviolet, serta bisa membantu mencegah kondisi kulit yang kering, eksim dan psoriasis.

Kurma dan susu memiliki sifat anti aging sehingga dapat mencegah pertumbuhan melanin dan membuat kulit tubuh cerah alami.

4. Manfaat susu kurma untuk mencegah kanker

Kurma yang dicampur dengan susu sendiri memiliki oksidan alami dan kaya akan nutrisi, seperti fosfor, kalsium, dan magnesium.

Berbagai nutrisi tersebut membuat susu kurma memiliki khasiat yang sangat baik untuk mencegah kanker.

Manfaat Prenagen Esensis untuk Promil, Apakah Efektif? Ini Faktanya!

5. Meningkatkan stamina

Susu kurma bisa membantu meningkatkan stamina kamu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal inilah yang menyebabkan susu kurma dapat berperan sebagai asupan padat nutrisi yang dapat meningkatkan energi dan stamina seseorang.

Mitos susu kurma

Manfaat susu kurma untuk promil memang baik untuk ibu hamil dan janin. Namun, apakah benar demikian? ternyata, susu dan kurma adalah kombinasi populer karena dianggap sebagai minuman bergizi.

Selain itu, dipercaya dapat membantu mengatasi insomnia, penurunan berat badan, kesehatan otot dan tulang. Berikut adalah mitos mengenai susu kurma yang mungkin sering kamu dengar.

1. Pengaruh susu dan zat besi

Dikatakan bahwa susu mencegah penyerapan zat besi, oleh karena itu kombinasi kurma dan susu tidak bermanfaat. Ada pandangan kontroversial bahwa kalsium dari susu menghalangi penyerapan zat besi, dan pengelompokan nutrisi semacam itu mungkin tidak sehat dalam jangka panjang.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk meneliti efek kalsium pada zat besi, dan kurma dengan susu pada hemoglobin. Hal tersebut membuktikan bahwa tidak ada efek buruk minum susu dengan kurma.

Menurut sebuah penelitian yang bertujuan untuk memahami efek kalsium pada penyerapan zat besi, suplemen kalsium tidak mungkin memiliki dampak biologis yang signifikan pada orang-orang dari kelompok usia yang berbeda. Studi lain menunjukkan bahwa kurma dapat membantu mengobati anemia defisiensi besi pada anak-anak.

Peningkatan kadar hemoglobin, hematokrit, dan feritin serum ditemukan pada anak sekolah yang diberikan kurma setiap hari selama dua bulan.

Kurma Muda untuk Promil, Benarkah Efektif?

2. Pengaruh kurma dengan susu pada hemoglobin

Mengonsumsi kurma dengan susu dalam jumlah yang wajar tidak memiliki efek negatif. Sebaliknya, telah terbukti meningkatkan kadar hemoglobin dan berfungsi sebagai penambah energi. Dianjurkan untuk meminum campuran sehat ini saat sarapan dengan perut kosong untuk mendapatkan manfaatnya.

Pengaruh kurma dan susu dengan kesuburan

Manfaat susu kurma untuk promil sendiri mampu meningkatkan kesuburan pada wanita dan pria. Hal ini kemungkinan karena adanya senyawa fitokimia di dalamnya yang dapat membantu memperbaiki masalah kesuburan.

Baik dalam meningkatkan produksi sperma, melindungi fungsi testis serta membantu pembentukan, dan kualitas sel telur wanita yang matang.

Kombinasi ampuh ini juga dapat membantu meningkatkan hasrat seksual pada pria dan wanita segala usia.

Studi tentang manfaat lain juga mengatakan bahwa makan kurma dengan susu dapat membantu membersihkan dahak dan mengobati batuk berkepanjangan, serta dapat membantu mengobati insomnia, karena dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Bagaimana cara membuat susu kurma? Coba cara berikut.

Kurma direndam dalam susu selama 30 menit dan dikonsumsi sebelum makan. Susu dapat bermanfaat bagi ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI, dapat membantu menguatkan tulang dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan tulang, dapat membantu memperbaiki sistem saraf.

Susu kurma sendiri sudah lama dipercaya dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Berdasarkan penelitian mengungkap bahwa konsumsi susu kurma secara rutin, dapat membantu pembentukan tulang dan darah pada janin dalam kandungan.

 

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference