cara menghilangkan minyak di wajah

cara menghilangkan minyak di wajah

Ada dua jenis kulit yang pastinya sudah kamu ketahui, yaitu kering dan berminyak. Kedua jenis kulit tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Namun, untuk jenis berminyak, kita harus pandai-pandai dalam mencoba berbagai cara dalam menghilangkan minyak di wajah.

Sebab, minyak yang berlebih dapat membuat wajah jadi terlihat kusam. Terlepas dari masalah tersebut, nyatanya minyak berperan penting buat kulit dan wajah kita, lho.

Dengan adanya minyak ini, kulit tetap bisa lembut dan lembap secara alami. Jadi, permukaan kulit akan tetap halus karena produksi minyak tersebut. 

Akan tetapi, bila kamu merasa terganggu dengan minyak berlebih, maka bisa menggunakan cara menghilangkan minyak di wajah yang akan kita kupas di artikel ini.

Penyebab kulit berminyak

Sebelum membahas cara menghilangkan minyak di wajah, sebaiknya kita mempelajari dulu beberapa penyebab yang membuat kulit jadi berminyak. 

Pada dasarnya, ada berbagai alasan mengapa kulit bisa berminyak, tetapi cenderung terbagi dalam dua kategori: alasan kesehatan dan faktor lingkungan. 

Alasan kesehatan yang dapat menyebabkan kulit berminyak adalah hormon yang berfluktuasi.

Sedangkan faktor lingkungan seperti kelembapan juga dapat menjadi penyebabnya. Di samping itu, ada beberapa faktor lain dibalik penyebab kulit berminyak, yaitu:

  • Wanita premenopause selama ovulasi
  • Iklim lembap atau musim panas
  • Kondisi kronis yang memengaruhi kadar hormon
  • Faktor generik yang memiliki pori-pori besar
  • Stres

Gejala kulit berminyak

Kamu yang memiliki kulit berminyak mungkin kesulitan menemukan jenis riasan yang sesuai agar tidak bercampur dengan sebum.

Nah, untuk gejala kulit berminyak sendiri cukup berbeda-beda pada setiap orang.  Namun, ini dia beberapa gejala kulit berminyak yang umumnya dialami orang:

  • Wajah tampak mengkilap atau berminyak
  • Pori-pori yang sangat besar atau terlihat jelas pada kulit
  • Kulit yang terlihat tebal atau kasar
  • Tumbuhnya jerawat sesekali atau terus-menerus
  • Pori-pori tersumbat dan komedo

Cara menghilangkan minyak di wajah

Tenang saja, kalau kamu termasuk ke seseorang yang memiliki kulit berminyak, kami memiliki beberapa cara buat menghilangkan minyak di wajah. Yuk, ikuti cara berikut ini.

  • Cuci muka dua kali sehari

Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan minyak di wajah adalah dengan mencuci muka dua kali sehari. 

Gunakan pembersih lembut dengan air setiap pagi dan malam. Hindari mencuci muka terlalu sering karena dapat mengiritasi kulit dan menghasilkan lebih banyak minyak. 

Saat mencuci kulit, gunakan gerakan melingkar yang lembut.

mencuci muka
mencuci muka
  • Gunakan moisturizer

Meskipun jenis kulit kamu adalah berminyak, bukan berarti tidak bisa menggunakan pelembap wajah. 

Dengan catatan, pilih pelembap yang lembut dan bebas minyak dengan tabir surya dan gunakan setiap pagi.

  • Pakai kertas minyak

Gunakan kertas minyak untuk menyerap minyak berlebih di wajah. Saat menggunakan kertas minyak, hindari menggosokkan kertas pada kulit karena dapat menyebarkan minyak.

Selain itu, hindari menyentuh wajah dengan tangan atau benda apa pun. Sebab, tangan kita dapat memindahkan kotoran, minyak, dan bakteri ke wajah yang menyebabkan penumpukan minyak.

  • Coba masker jenis tanah liat

Jenis masker tanah liat dapat membantu menyerap kelebihan minyak dari wajah. Agar hasilnya maksimal, gunakan masker ini selama 3 kali setiap minggunya. 

  • Pakai skincare yang mengandung green tea

Pilih produk perawatan wajah yang sudah mengandung teh hijau atau green tea. Sebab, teh hijau pada kulit dapat mengurangi produksi sebum secara signifikan. 

Tips mengontrol minyak di wajah

tips mengontrol minyak di wajah
tips mengontrol minyak di wajah

Setelah mengetahui cara menghilangkan minyak di wajah, kamu juga perlu mengontrol produksi sebum dengan melakukan kebiasaan berikut ini.

  1. Cuci muka setiap pagi, sore, dan setelah berolahraga. 
  2. Pilih produk perawatan kulit yang diberi label bebas minyak dan nonkomedogenik agar tidak menyumbat pori-pori atau menyebabkan jerawat.
  3. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan berbusa. 
  4. Hindari pembersih wajah berbahan dasar minyak atau alkohol karena dapat mengiritasi kulit.
  5. Oleskan pelembab setiap hari. 
  6. Pakai tabir surya di luar ruangan untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari yang dapat menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan, dan kanker kulit. 
  7. Pilih riasan berbahan dasar air yang bebas minyak.
  8. Jangan tidur dengan wajah penuh riasan.
  9. Pakai kertas minyak setiap hari. 
  10. Jangan menyentuh wajah sepanjang hari. 

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang cara menghilangkan minyak di wajah. Jadi, apakah cara tersebut sudah kamu coba dan berhasil?

Share artikel ini
Reference