Manfaat susu almond untuk promil cukup populer akhir-akhir ini. Kandungan zinc, asam lemak omega 3, folat, antioksidan, dan selenium pada almond menjadi nutrisi penting untuk mendukung kesuburan dan membantu meningkatkan jumlah sperma.

Selain itu, kacang almond kaya akan vitamin H, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu menghasilkan sperma berkualitas lebih baik dan meningkatkan motilitas sperma. Vitamin H juga penting untuk mengatur hormon seksual pada pria.

Manfaat susu almond untuk promil

Kacang almond dianggap sebagai nutrisi yang paling mendukung kesuburan dari semua kacang-kacangan. Almond mengandung nutrisi penting untuk sistem reproduksi, termasuk zinc dan L-arginin. Kacang ini juga merupakan sumber makanan utuh terbaik untuk vitamin E (antioksidan kuat). 

Vitamin E dianggap dapat meningkatkan kualitas dan motilitas sperma pada pria. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan tujuh butir kacang almond sehari dapat meningkatkan kualitas sperma secara signifikan. Vitamin E juga merupakan pengatur hormon seks yang penting pada pria dan wanita. 

Pada wanita, vitamin E dapat membantu mengatur produksi lendir serviks, yang penting untuk pembuahan, karena kemampuannya untuk mendukung sperma hidup selama beberapa hari.  Almond juga membantu meningkatkan resistensi insulin, yang penting bagi wanita dengan PCOS, suatu kondisi di mana tubuh menjadi kurang efektif dalam menurunkan kadar gula darah. 

Resistensi insulin dapat menurunkan kesuburan pada wanita, terutama bila dikombinasikan dengan kenaikan berat badan.

Kenali Fungsi Hormon Insulin Agar Terhindar Diabetes

Perlu diingat, almond mengandung kadar oksalat yang cukup tinggi. Jadi, jika kamu memiliki masalah ginjal/batu empedu, sebaiknya hindari almond dan ingatlah untuk selalu memeriksakan diri ke dokter jika masih tidak yakin. Selain itu, orang yang memiliki alergi terhadap kacang juga harus menghindari almond.

Resep susu almond untuk promil

Manfaat laktoferin

Kamu bisa menemukan susu almond dengan mudah di supermarket, namun jika ingin membuat susu almond murni sendiri di rumah, berikut resep yang bisa kamu ikuti:

Bahan: 

  1. Kacang almond (direndam)
  2. Madu, sirup maple, atau 3-4 buah kurma (pilih salah satu)
  3. Air
  4. Ekstrak vanili
  5. Kain saringan

Cara membuat: 

  1. Rendam kacang almond selama 4-8 jam dalam air. Saring dan bilas kacang almond.
  2. Masukkan almond, pemanis, air dan 1 sdm vanili ke dalam blender. Blender selama 2-3 menit atau hingga semua kacang almond hancur.
  3. Tempatkan kain saringan ke dalam toples atau mangkuk besar, tuangkan almond yang sudah hancur secara perlahan.
  4. Putar peras susu dari saringan sampai kacangnya kering seperti ampas.
  5. Dinginkan susu dalam toples kaca atau wadah hingga 4-5 hari. Kocok setiap kali akan diminum.

Lebih bagus mana untuk kesuburan susu almond atau susu kedelai?

manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Kamu mungkin mempertimbangkan antara susu almond dan susu kedelai sebagai pendukung kesuburan. Jawaban yang paling tepat untuk pertimbaganmu yaitu susu almond, kenapa? Beberapa produk susu kedelai disintesis dengan bahan kimia, yang menimbulkan zat perusak sel hingga kanker.

Kedelai yang tidak difermentasi dengan baik, akan dicerna sebagai xeno-estrogen (estrogen palsu). Berarti ia memberitahu tubuh untuk memproduksi lebih banyak estrogen yang menyebabkan dominasi estrogen dan membuat hormon tidak seimbang. Seperti yang kamu lihat, hal ini tentu tidak baik untuk kesuburan.

Berapa Kalori Susu Kedelai? Ini Beberapa Manfaatnya untuk Kesehatan!

Penelitian juga menunjukkan, bahwa mengonsumsi produk kedelai dapat menurunkan FSH dan LH pada orang yang mengalami premenopause, yang dapat berdampak pada kesuburan. Dan mungkin meningkatkan estrogen pada orang yang menopause, yang mengarah pada pengurangan gejala menopause. 

Efek dari kedelai ini juga didasarkan pada jumlah kedelai yang dimakan, serta jenis kedelai yang dikonsumsi dan kapan kedelai tersebut dikonsumsi. Belum diketahui bagaimana perubahan ini dapat berdampak pada orang yang sedang menstruasi. Hanya ada sedikit bukti bahwa kedelai mempengaruhi kualitas sperma atau testosteron.

Tapi jika kamu tidak ingin ambil resiko dan memilih jalan yang aman, maka pilihlah susu almond sebagai pendukung promi. Tidak hanya itu, membuat susu almond juga lebih mudah dibanding susu kedelai loh!

____________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference