ciri-ciri hamil setelah melahirkan

 Setelah melahirkan, kamu mungkin bertanya-tanya seberapa cepat bisa hamil lagi, kapan dan apakah menstruasi akan datang saat menyusui, apakah menyusui  benar-benar membuat kamu tidak bisa hamil, dan pertanyaan lainnya.

Agar lebih paham tentang kehamilan pasca melahirkan, yuk simak penjelasan lengkapnya!

Berapa lama bisa hamil lagi setelah melahirkan

Perlu dicatat, kamu bisa hamil lagi sebelum periode pasca-kehamilan pertama. Beberapa wanita mengalami menstruasi pertama yang steril – dengan kata lain, mereka tidak berovulasi selama siklus menstruasi awal mereka. 

Sebagian lainnya berovulasi sebelum mengalami menstruasi, yang berarti mereka dapat hamil dari satu kehamilan ke kehamilan lainnya dengan jangka waktu lebih cepat. Kita tidak tahu mana yang akan datang lebih dulu, haid atau sel telur, maka kontrasepsi menjadi hal yang wajib jika kamu ingin merencanakan kehamilan berikutnya.

Ciri-ciri hamil setelah melahirkan

kalsium untuk ibu hamil
kalsium untuk ibu hamil

Apakah kamu merasa tidak enak badan selama beberapa minggu terakhir ini dan panik tentang kehamilan selama nifas? Agar lebih jelas, simak beberapa ciri-ciri hamil setelah melahirkan menurut Bump2Baby berikut: 

  1. Kelelahan yang ekstrem

Kamu mungkin sudah menyadari betapa melelahkannya masa kehamilan. Bayangkan dua kali lipat, ketika tubuh sedang dalam masa pemulihan, kamu punya bayi yang baru lahir, dan tubuh bekerja keras untuk kehamilan lagi! Kamu akan merasa lebih lelah dari biasanya dalam keadaan seperti ini.

  1. Haid terlambat atau terlewat

Tergantung pada berapa lama sejak kamu melahirkan, hal ini bisa jadi sulit dikenali. Setelah melahirkan, kamu mungkin akan mengalami lokia. Kondisi ini adalah pendarahan pasca melahirkan yang biasanya dimulai dengan darah deras dan bisa menjadi lebih ringan. Kamu mungkin mendapati darah yang awalnya berwarna merah terang dan akhirnya berwarna coklat.

Siklus menstruasi akan mengalami perubahan setelah melahirkan, bisa jadi lebih lama atau lebih sebentar, bisa juga darahnya lebih deras atau ringan. Kamu mungkin memerlukan bantuan medis untuk mengidentifikasi siklus menstruasi yang membingungkan pasca melahirkan.

  1. Nyeri payudara

Mengalami nyeri payudara karena kehamilan dapat terabaikan ketika sedang menyusui. Banyak wanita yang mendapati bahwa suplai ASI mereka berubah. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh hormon dalam tubuh yang berfluktuasi.

Menyusui seharusnya tidak menyakitkan, tetapi kamu mungkin akan merasakan sedikit ketidaknyamanan pada awalnya. Selama kehamilan, banyak wanita yang merasa payudaranya lebih sensitif dan mungkin terasa lembut saat disentuh.

  1. Mual di pagi hari

Banyak wanita mengalami mual di pagi hari sebagai tanda awal kehamilan. Mual di pagi hari dapat menjadi hal yang sulit untuk ditangani ketika kamu sedang merawat bayi yang baru lahir. Banyak wanita yang merasa lebih mudah mengenali hal ini sebagai tanda kehamilan, karena berbeda dengan perasaan pasca melahirkan yang disebabkan oleh kehamilan pertama.

  1. Sering buang air kecil

Setelah melahirkan, organ-organ tubuh harus meregang dan kembali ke ukuran sebelum hamil. Ingatlah juga bahwa kandung kemih memiliki beban ekstra selama kehamilan, sehingga kamu akan lebih sering ke toilet. Hal ini berarti kemungkinan besar kamu akan mengalami peningkatan buang air kecil lagi selama kehamilan kedua segera setelah kehamilan pertama.

  1. Perubahan suasana hati

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai wanita yang sedang hamil, tubuh mengalami banyak perubahan, apalagi saat hamil bayi kedua. Wajar jika kamu merasa kewalahan setelah melahirkan. Kamu mungkin juga mengalami beberapa tanda ketidakseimbangan hormon.

Ini Jangka Waktu Kontraksi Palsu Yang Dialami Ibu Hamil

Berapa jarak waktu aman untuk hamil lagi

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyarankan untuk menunggu setidaknya enam bulan atau lebih setelah kelahiran bayi sebelum hamil lagi. Mereka juga memperingatkan risiko kehamilan lebih cepat dari 18 bulan setelah melahirkan.

Hal ini karena hamil dalam waktu kurang dari 18 bulan setelah melahirkan meningkatkan kemungkinan terjadinya beberapa komplikasi pada kehamilan berikutnya, termasuk melahirkan bayi prematur atau bayi dengan berat badan lahir rendah. Terutama jika pembuahan terjadi dalam waktu enam bulan setelah kelahiran. 

Para ahli tidak yakin mengapa jarak yang lebih pendek di antara kehamilan dikaitkan dengan komplikasi ini. Mungkin karena ada sisa peradangan dalam rahim dari kehamilan sebelumnya, dan karena tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk mengisi kembali vitamin dan nutrisi yang diperlukan untuk kehamilan berikutnya.

Namun, banyak bayi yang dikandung tak lama setelah ibu mereka hamil terakhir kali lahir dengan sehat. Jika kamu masih ragu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter kandungan secara personal mengenai ciri-ciri hamil setelah melahirkan.

_______

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference