manfaat minum sereh untuk promil

Kamu yang suka masak-masak mungkin sudah tidak asing lagi dengan sereh atau serai. Sereh (Citronella) memang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Bukan hanya itu, berbagai restoran juga banyak yang menjual teh sereh atau lemongrass tea.

Bukan hanya membuat makanan atau minuman menjadi lebih enak, sereh juga memiliki manfaat bagi kesehatan, lho! Salah satunya adalah manfaat sereh untuk promil.

Namun, benarkah sereh bermanfaat untuk promil atau ini hanya mitos saja? Apa kandungan sereh yang membuatnya memiliki banyak manfaat? Simak ulasan berikut ini, ya!

Kandungan sereh

manfaat sereh

Sebelum tahu berbagai manfaat sereh untuk promil, ketahui dulu apa saja kandungan sereh. Berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada setiap 100 gram sereh:

  • Kalori: 99 kalori
  • Karbohidrat: 25 gram 
  • Protein: 1,8 gram 
  • Lemak: 0,5 gram 
  • Kalium: 723 miligram 
  • Kalsium: 65 miligram 
  • Besi: 8,2 miligram 
  • Vitamin C: 2,6 miligram 

Selain berbagai kandungan di atas, sereh juga mengandung berbagai jenis vitamin B, beta karoten, dan mineral lainnya, seperti seng, mangan, natrium, selenium, dan tembaga.

Tidak bisa juga dilupakan bahwa sereh juga terdiri dari efek antioksidan, antiinflamasi, antimikroba hingga antikanker yang membantu tubuh untuk menghindari berbagai penyakit.

Manfaat sereh untuk promil

manfaat sereh untuk promil

Pada kenyataannya, hingga saat ini belum ada penelitian yang secara jelas menunjukkan manfaat sereh untuk promil.

Meski begitu, beberapa kandungan dalam sereh disebut-sebut bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang mungkin dialami wanita.

Lantas, apa saja potensi manfaat sereh untuk promil (dalam hal ini untuk mendukung kesehatan rahim wanita). Simak jawabannya di sini!

1. Mengatasi masalah haid

Salah satu manfaat sereh disebut mampu membantu mengatasi berbagai masalah terkait menstruasi. Salah satu manfaat tersebut adalah melancarkan haid.

Selain itu, sereh juga dipercaya dapat membantu mengatasi kram perut, sakit kepala, dan perubahan mood yang merupakan gejala PMS. Caranya adalah  dengan meminum air rebusan sereh secara langsung.

Manfaat Formom untuk Promil yang Bisa Kamu Coba!

2. Mengatasi infeksi jamur vagina

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sereh memiliki efek antibakteri. Pada wanita, efek ini terbukti berpotensi membantu mengatasi infeksi jamur vagina.

Berdasarkan penelitian di Brazilian Journal of Infectious Diseases, minyak sereh efektif melawan berbagai jamur yang menyebabkan infeksi. 

3. Mengurangi risiko kanker serviks

Sereh juga terkenal dengan sifat anti kankernya, termasuk untuk mencegah kanker serviks. Hal ini disebutkan dalam sebuah penelitian di jurnal Pharmacognosy Communications.

Menurut penelitian ini, minyak sereh ditemukan memiliki sifat anti kanker. Bahkan, sereh bahkan bisa membantu pengobatan kemoterapi untuk kanker serviks. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hal ini.

Manfaat Formom untuk Promil yang Bisa Kamu Coba!

Efek samping penggunaan sereh

Sayangnya, meski disebutkan bahwa manfaat sereh untuk promil cukup banyak,  jika dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil, sereh justru menurunkan tekanan darah dan menyebabkan hipotensi.

Hipotensi adalah kondisi di mana tekanan darah di bawah 90/60 mmHg. Padahal, ibu hamil sebaiknya memiliki tekanan darah di atas 90/60 mmHg dan di bawah 120/80 mmHg.

Tekanan darah rendah pada ibu hamil dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan berhati-hati jika ingin mengonsumsi sereh.


Penulis: Hutri Cika Agustina Berutu

Share artikel ini
Reference