ciri sperma sehat

Infertilitas bukan hanya menjadi masalah bagi wanita namun juga pria. Misalnya, kualitas sperma bisa mempengaruhi kesehatan kehamilan secara keseluruhan. Kualitas sperma dapat dipengaruhi oleh gaya hidup. Jadi, memiliki sperma yang sehat itu penting. 

Lantas, apa saja ciri-ciri sperma yang sehat dan bagaimana cara mendapatkannya? Simak sampai habis artikel berikut ini untuk tahu jawabannya.

Ciri sperma yang sehat

Ciri-ciri sperma yang sehat, antara lain:

1. Kuantitas (volume)

Jumlah sperma yang sehat adalah sekitar 15 juta atau lebih. Semakin banyak sperma sehat yang dimiliki, semakin besar kemungkinan untuk berhasil melewati sistem reproduksi.

2. Gerakan (motilitas)

Ciri sperma yang sehat bisa dilihat dari gerakan sperma. Sebenarnya, tidak setiap sperma bergerak secara efektif, tetapi hal ini tergolong normal. Hanya diperlukan sekitar 40 persen atau lebih saja yang bergerak dengan baik.

3. Bentuk (morfologi)

Sperma yang sehat biasanya memiliki kepala yang bulat dan ekor yang panjang dan kuat. Sperma yang memiliki bentuk yang bagus lebih besar kemungkinannya untuk mencapai sel telur.

4. Warna

Ciri sperma sehat lainnya bisa dilihat dari warnanya. Nah, sperma yang sehat atau normal cenderung memiliki warna bening, putih, atau abu-abu. Konsistensinya mirip seperti telur atau jelly.

5. Kadar pH

Ciri selanjutnya yaitu dengan melihat kadar pH yang dimiliki oleh sperma. Sperma yang sehat seharusnya memiliki kadar pH 7,2-7,8. Sehingga, sperma yang sehat cenderung bersifat basa, bukan asam.

6. Likuifaksi

Ciri sperma yang sehat selanjutnya adalah dari likuifikasinya. Sperma yang baik juga bisa diamati dari likuifikasinya. Sperma harus dapat berubah dalam keadaan yang cair dengan cepat agar bisa membuahi sel telur.

Baca juga: Asam Folat untuk Promil – Manfaat, Tips, dan Waktu Konsumsinya!

Cara mendapatkan sperma sehat

Ikuti beberapa cara berikut ini untuk memperoleh sperma yang sehat.

1. Makan makanan yang sehat

Kurangi makanan olahan dan makan lebih banyak daging tanpa lemak dan makanan utuh. Makanlah makanan yang mengandung vitamin berikut ini.

  • Vitamin B-12. Vitamin ini sering ditemukan dalam daging, ikan, dan susu. Vitamin B-12 dapat melindungi sperma dari peradangan dan stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.
  • Vitamin C. Makan lebih banyak jeruk, beri, kentang, tomat, dan bayam dapat berkontribusi pada jumlah sperma yang lebih tinggi. 

2. Olahraga secara teratur

Untuk mendapatkan ciri sperma yang sehat, kamu perlu melakukan olahraga yang teratur. Olahraga dan penurunan berat badan bisa meningkatkan kuantitas, gerakan, dan bentuk sperma dalam beberapa minggu. Misalnya, kamu bisa mencoba berjalan kaki selama 20 menit atau melakukan push up.

3. Hindari kafein dan alkohol

Sebuah tinjauan tahun 2017 menyebutkan bahwa kafein dapat merusak DNA sperma sehingga menurunkan jumlah sperma. Mengonsumsi lebih dari tiga cangkir minuman berkafein dalam sehari bisa meningkatkan risiko keguguran. 

4. Minum suplemen

Untuk meningkatkan kualitas sperma, kamu bisa mengonsumsi suplemen harian. Untuk mendapatkan dosis yang tepat dalam mengonsumsi suplemen, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter. Pastikan juga suplemen yang akan kamu konsumsi tidak mengganggu efek obat apa pun yang sedang kamu konsumsi. 

5. Hindari paparan bahan kimia

Bahan kimia dapat mempengaruhi jumlah, motilitas, dan bentuk sperma. Misalnya timbal yang biasanya ditemukan pada cat, stirena dan aseton yang sering ditemukan pada piring plastik dan kemasan, dan bahan kimia lainnya.

6. Menggunakan pakaian dalam yang tidak ketat

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa pria yang mengenakan pakaian yang tidak ketat memiliki konsentrasi sperma 25 persen lebih tinggi dan jumlah sperma 17 persen lebih tinggi.

7. Pertahankan berat badan yang sehat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan indeks massa tubuh berkaitan dengan penurunan jumlah dan pergerakan sperma.

8. Mengelola stres

Cara lainnya yaitu mengelola stres. Stres bisa mengganggu hormon yang diperlukan untuk memproduksi sperma.

Cara menjaga kualitas sperma

Nah, setelah mengetahui bagaimana ciri sperma yang sehat, sperma juga perlu dijaga kualitasnya. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas sperma, yaitu:

  • Hentikan kebiasaan merokok. Pria yang merokok lebih cenderung memiliki jumlah sperma yang rendah. 
  • Batasi alkohol. Minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan penurunan produksi testosteron dan sperma. 
  • Waspadai bahan kimia yang berbahaya. Paparan pestisida, timbal, dan racun lainnya dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas sperma. 
  • Hindari konsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa obat seperti antidepresan bisa memberikan dampak buruk pada kualitas sperma. 

Agar tetap sehat, terapkan gaya hidup yang sehat. Jika kamu mengalami masalah infertilitas, coba konsultasikan dengan tenaga medis, ya!

Share artikel ini
Reference