manfaat daun serai

Lemongrass Honey and Lemon Juice Food and beverage products from Lemongrass extract Food nutrition concept.

Tentu sudah tak asing lagi dengan daun serai. Serai merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai bahan masakan di kawasan Asia Tenggara. Daun ini memiliki aroma segar seperti lemon. Selain untuk memasak, serai juga digunakan sebagai obat tradisional karena memiliki berbagai khasiat.

Apa saja manfaat serai untuk kesehatan? Ternyata bisa meredakan PMS. loh. Yuk simak manfaat lengkapnya di bawah ini!

Mengenal daun serai yang kaya manfaat

Tanaman yang awalnya tumbuh di India dan Sri Lanka ini umumnya digunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan kualitas tidur mereka. Aroma harum tanaman serai wangi ini membuat mereka lebih rileks, sehingga lebih mudah untuk tidur.

Banyak orang yang percaya bahwa daun serai memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun sebenarnya, belum banyak penelitian ilmiah skala besar yang dilakukan dengan hasil yang mendukung klaim tersebut.

Seperti diketahui, daun serai atau Cymbopogon citratus mengandung senyawa antioksidan berupa asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Senyawa ini berfungsi sebagai anti inflamasi dan menetralisir radikal bebas.

Kandungan dalam daun serai

Satu ons serai mengandung:

Kalori: 30
Protein: 1 gram
Lemak: 0 gram
Karbohidrat: 7 gram
Serat: 0 gram
Gula: 0 gram

Tidak hanya itu, serai juga memiliki kandungan zat besi, vitamin C, dan kalsium. Zat besi sendiri adalah komponen penting hemoglobin.

Mengingat kandungan vitamin serai yang relatif rendah, mengonsumsi serai tidak akan berdampak signifikan terhadap kecukupan vitamin harian kamu. Jadi, kamu tetap membutuhkan asupan vitamin dari makanan lain.

Selain digunakan langsung sebagai bumbu makanan dan minuman, daun serai juga sering diolah menjadi minyak serai. Jika minyak ini digunakan untuk memasak, kandungan kalorinya akan lebih tinggi. Mengapa?

Pasalnya, minyak serai biasanya merupakan campuran minyak goreng atau minyak canola dengan ekstrak serai. Dalam 1 sendok teh minyak serai, bisa mengandung 40 kalori dan 4,5 gram lemak.

Jika ingin menggunakan daun serai dalam minuman atau sup, hancurkan bagian bawah batang serai agar aroma serai lebih keluar lalu celupkan ke dalam piring. Sedangkan untuk digunakan sebagai bumbu masakan, serai bisa dimasak utuh atau dipotong-potong dan dicincang terlebih dahulu sebelum dicampurkan dalam masakan.

Manfaat daun serai untuk meredakan PMS

Ada berbagai manfaat daun serai yang bisa didapatkan saat dikonsumsi dalam minuman atau makanan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mencegah infeksi

Konsumsi daun serai tampaknya dapat mengurangi jumlah kasus infeksi jamur yang sering terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh lemah. Misalnya penderita HIV dan AIDS.

2. Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut

Di banyak negara, di mana serai ditanam, orang sering mengunyah batang serai sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan dan menyegarkan mulut.

Serai merupakan herbal yang paling efektif dalam mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang pada sampel laboratorium.

3. Meningkatkan jumlah sel darah merah

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi teh daun serai setiap hari selama 30 hari, dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin dan meningkatkan jumlah sel darah merah.

Belum diketahui secara pasti bagaimana serai menyebabkan efek tersebut, namun diduga kandungan antioksidan dalam serai memiliki peran penting.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Konsumsi daun serai berpotensi menurunkan kadar kolesterol. Padahal, semakin banyak daun serai yang dikonsumsi, maka kadar kolesterol akan semakin menurun.

Karena eksperimen ini hanya dilakukan pada hewan, penelitian yang lebih luas diperlukan untuk melihat apakah efek yang sama berlaku pada manusia.

Manfaat daun serai untuk meredakan PMS

Selain bermanfaat untuk kesehatan, daun serai juga dapat meredakan PMS. Berikut adalah manfaatnya:

1. Meredakan rasa sakit

Saat menstruasi, terkadang rasa sakit di area perut bisa datang. Anda bisa menggunakan daun serai ini untuk membuat minuman. Ada sebuah penelitian yang menemukan potensi daun serai sebagai pereda nyeri. Artinya, meminum secangkir teh serai dapat membantu seseorang untuk mengurangi rasa sakit yang dialaminya.

2. Mengurangi kembung

Teh serai memiliki efek diuretik, yang merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urin dari biasanya. Dengan demikian, konsumsi teh serai dapat dilakukan untuk mengurangi kembung akibat retensi air, seperti yang terjadi saat mengalami sindrom pramenstruasi.

3. Meredakan kecemasan

Saat menstruasi, emosi cenderung sensitif. Saat merasa cemas, kamu bisa menikmati teh daun serai untuk meredakannya.

Menariknya, ada beberapa penelitian menemukan bahwa menghirup aroma serai dapat membantu meredakan kecemasan pada orang dengan gangguan kecemasan.

Oleh karena itu, menggunakan aromaterapi dengan aroma serai juga sering dianggap sebagai cara untuk melepaskan stres dan kecemasan.

Namun, para ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat daun serai yang satu ini.

Tips mengonsumsi daun serai

Berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengonsumsi serai, mulai dari cara menyeduh hingga efek sampingnya.

Pada dasarnya, resep minuman serai cukup mudah. Umumnya, kamu bisa mengolahnya menjadi teh serai yang sehat. Namun, kamu juga bisa mencoba beberapa olahan serai lainnya.

Jangan berlebihan, karena serai juga bisa menimbulkan efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa efek sampingnya seperti pusing, mulut kering, sering buang air kecil, dan mudah lelah. Wanita hamil, orang yang menderita diuretik, detak jantung rendah, dan kadar kalium rendah disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman yang terbuat dari serai.

Sebaiknya hentikan konsumsi air rebusan daun serai jika mengalami reaksi alergi seperti ruam dan gatal-gatal. Jika reaksi dianggap mengancam jiwa, kamu harus mencari bantuan darurat.

Share artikel ini
Reference