manfaat kurma matang untuk promil dan kesehatan

Tidak hanya kesehatan tubuh, ternyata ada juga manfaat kurma matang untuk promil yang bisa kamu coba jika ingin segera memiliki anak.

Seperti yang kita tahu, kurma juga identik dengan bulan puasa karena buah yang satu ini sering dijadikan makanan berbuka puasa.

Buah yang terkenal manis ini ternyata mengandung segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan dan dapat meningkatkan kesuburan lho, Yoonies.

Kandungan kurma

Kurma adalah buah yang tumbuh di banyak daerah tropis di dunia. Bentuk buahnya yang kecil, berwarna coklat, dan rasanya yang manis sangat digemari oleh siapa saja. 

Tergantung pada jenis varietasnya, kurma yang segar biasanya berukuran cukup kecil dan warnanya bervariasi, dari merah cerah hingga kuning cerah.

Tidak hanya enak untuk dikonsumi, manfaat buah ini untuk tubuh tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Setiap 100 gram buah kurma mengandung:

  1. 277 kalori
  2. 75 gram karbohidrat
  3. 7 gram serat
  4. 2 gram protein
  5. 15% kalium
  6. 13% magnesium
  7. 40% tembaga
  8. 13% mangan
  9. 5% besi
  10. 15% vitamin B6

Buah kurma juga kaya antioksidan. Jika kamu konsumsi buah ini secara teratur, kandungan antioksidan di dalamnya dapat melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Kalau sel-sel tubuh kamu terjaga kesehatannya, kulit tubuh kamu pun akan lebih sehat dan juga terawat. 

Ini Manfaat dan Kalori Kurma yang Perlu Kamu Ketahui!

Manfaat kurma matang untuk promil

Tidak hanya kaya akan nutrisi, ternyata ada manfaat kurma matang untuk promil yang luar biasa yang perlu kamu ketahui. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini ternyata berpengaruh besar untuk kesuburan.

Serat, potasium, mangan, tembaga, vitamin B kompleks, vitamin A, magnesium, dan kalsium merupakan nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan kesuburan.

Kandungan antioksidan dalam kurma juga dapat meminimalkan jumlah sperma yang mati sehingga peluang kehamilan meningkat. Selain itu, antioksidan juga meningkatkan kualitas sel telur wanita serta baik untuk implantasi dan perkembangan awal embrio pada janin.

Sementara itu, senyawa fitoestrogen yang terkandung dalam kurma efektif untuk meningkatkan kadar estrogen, hormon yang dapat membantu tumbuh kembang janin.

Tidak hanya mendukung kesuburan, kurma juga bermanfaat untuk mendukung persalinan yang lancar. Menurut penelitian, wanita yang mengonsumsi 6 kurma setiap hari selama 4 minggu terakhir kehamilan dapat melahirkan dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Studi pada 2017 yang dilakukan terhadap 154 orang hamil menemukan bahwa mereka yang makan buah kurma jauh lebih kecil kemungkinannya untuk diinduksi daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Di Balik Kelezatan, Temukan Manfaat Kurma Muda untuk Promil

Manfaat kurma untuk kesehatan

Manfaat kurma matang untuk promil sangat menakjubkan, bukan? Selain dapat dikonsumsi untuk membantu kamu segera hamil, buah manis yang satu ini juga memiliki beragam manfaat lainnya untuk kesehatan.

Apa saja manfaat buah kurma untuk kesehatan? Inilah penjelasan lengkapnya:

  1. Kurma mengandung banyak serat yang baik untuk melancarkan pencernaan
  2. Mencegah sembelit
  3. Melindungi sel tubuh dari radikal bebas
  4. Mengurangi peradangan
  5. Menurunkan risiko penyakit diabetes
  6. Mencegah penyakit Alzheimer
  7. Menyehatkan organ jantung
  8. Menurunkan risiko penyakit kanker
  9. Meningkatkan kesehatan mata
  10. Meningkatkan fungsi otak
  11. Mempertajam ingatan dan mengurangi kecemasan
  12. Menyehatkan tulang

Nikmati Manfaat Kurma dengan Mindful Eating

Itulah penjelasan lengkap tentang manfaat kurma matang untuk promil dan kesehatan tubuh. Kamu tertarik mengonsumsinya untuk mendukung diet selama program hamil?

Buah kurma memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tetapi kandungan karbohidrat dan gulanya yang tidak sedikit membuat buah ini tidak cocok dijadikan camilan sehat setiap hari, ya!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference