manfaat evoo untuk promil

Extra Virgin Olive Oil (EVOO) telah lama dikenal memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk meningkatkan kesuburan dan membantu proses kehamilan. Manfaat evoo untuk promil inilah yang menjadikan banyak pasangan menggunakan extra virgin oil ketika sedang mencoba memiliki momongan.

Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai manfaat evoo tersebut.

Manfaat evoo untuk promil

asam folat untuk promil

Salah satu manfaat extra virgin oil adalah dapat membantu pasangan yang sedang promil. Bahkan minyak zaitun ini disebut dapat tingkatkan peluang kehamilan hingga 40 persen, loh.

Salah satu alasan utama adalah kandungan lemak omega-3 dalam minyak zaitun, yang terbukti mempercepat perkembangan embrio selama proses kehamilan atau bayi tabung. Meskipun lemak dalam makanan mempengaruhi kesuburan, namun tidak semua jenis lemak baik untuk hemailan. Kamu harus dihindari lemak jahat seperti lemak trans dan lemak jenuh. Sebaliknya, minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesempatan kehamilan.

Ternyata Ini Segudang Manfaat Minyak Zaitun yang Baik untuk Tubuh

Bahkan, diet mediterania yang mengkonsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun extra virgin berkualitas disebut dapat membantu semua tahap kesehatan reproduksi mulai dari konsepsi hingga kehamilan dan seterusnya.

Ahli diet dan Blogger Melanie McGrice, juga menjelaskan bahwa minyak zaitun extra virgin mempunyai 5 poin utama yang menjadikannya sebagai minyak yang baik untuk pasangan yang sedang promil. Berikut beberapa manfaat extra virgin olive oil yang berkaitan dengan peningkatan peluang kehamilan.

  • Rendah lemak jenuh yang dapat menyebabkan peradangan.
  • Kaya akan antioksidan yang dapat melindungi sel telur wanita dari kerusakan.
  • Tinggi vitamin E yang merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang telah ditemukan baik untuk lapisan rahim.
  • Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan baik untukmengurangi peradangan.
  • Kaya akan lemak omega 3, yang terbukti meningkatkan aliran darah ke rahim dan membantu meningkatkan hormon kesuburan.

Selain itu, extra virgin olive oil ini juga kaya akan antioksidan dan kaya vitamin E, mengandung beberapa lemak omega 3 dan memiliki proporsi lemak tak jenuh tunggal yang tinggi. 

9 Manfaat Kurma Merah untuk Promil Dan Juga Siklus Menstruasi

Pemenuhan nutrisi yang baik sangat penting dalam meningkatkan peluang pasangan untuk meningkatkan peluang kehamilan. Bahkan, seperti yang kita tahu, mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik apalagi yang mengandung omega-3, antioksidan dan sumber protein nabati seperti evoo dapat meningkatkan kesuburan..

Kandungan dalam evoo

EVOO (Extra Virgin Olive Oil) atau minyak zaitun extra virgin adalah minyak zaitun yang diekstrak dari buah zaitun tanpa menggunakan bahan kimia atau proses pengolahan yang melibatkan panas tinggi. Berikut adalah beberapa kandungan yang biasanya terdapat dalam EVOO:

  • Asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acid)
  • Antioksidan
  • Vitamin K
  • Fitosterol
  • Senyawa anti-inflamasi seperti oleokantal 
  • Karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin

Cara konsumsi evoo yang benar

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Manfaat EVOO untuk promil bisa kamu peroleh dengan mengkonsumsi minyak ini. Umumnya, orang Mediterania minum 1/4 cangkir (60 ml) minyak zaitun setiap pagi. Kebiasaan ini juga semakin populer di kalangan banyak orang, bukan hanya ras mediterania saja.  

Namun, jika kamu belum terbiasa dan ingin mencoba minum EVOO , sebaiknya mulailah dengan jumlah kecil terlebih dahulu. Konsumsi antara satu sendok teh hingga satu sendok makan minyak zaitun sudah cukup untuk memberi manfaat tanpa mengganggu pencernaan sistem pencernaan.

Kamu bebas memilih kapan waktu untuk minum EVOO tersebut, namun kebanyakan orang lebih memilih untuk minumnya saat perut kosong di pagi hari. Tapi, pastikan untuk memperhatikan reaksi tubuh setelah kamu minum EVOO, ya. 

Pasalnya, beberapa orang dengan sistem pencernaan yang sensitif mungkin akan mengalami gangguan pencernaan saat mengonsumsinya, apalagi jika dikonsumsi berlebihan secara langsung atau pada saat perut kosong. Jika kamu mengalami efek ini. kamu bisa mengkonsumsinya setelah makan.

Pastikan kamu memilih EVOO dengan kualitas yang tinggi dan mengandung lemak sehat dan antioksidan dalam jumlah yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan minyak zaitun olahan dan dengan demikian kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan termasuk untuk promil.

Itulah ulasan mengenai manfaat EVOO untuk promil dan cara mengkonsumsinya. Kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk membicarakan dosis yang tepat minum Extra Virgin Olive Oil yang pas untuk kamu. 

 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference