Ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang biasa digunakan. Salah satunya adalah KB Implan. Sebenarnya tidak semua orang cocok menggunakan KB implan. Sebab, KB implan dapat menyebabkan efek samping. Namun, efek samping tersebut dapat hilang beberapa bulan kemudian.

Kendati memiliki efek samping, KB Implan tergolong alat kontrasepsi yang efektif mencegah kehamilan. Untuk itu, jika kamu ingin menggunakan alat kontrasepsi ini, yuk baca dulu penjelasan, kelebihan, dan efek sampingnya.

Apa itu KB implan?

KB implan adalah batang kecil seukuran korek api yang mengandung hormon progesteron dan memberikan kontrasepsi. Hormon akan mengentalkan serviks yang akan menghambat sperma membuahi sel telur.

Penggunaan KB implan juga membuat lapisan rahim lebih tipis. Artinya, jika telur dibuahi, kemungkinan tidak akan bisa menempel pada rahim (implantasi).

Batang ini diletakkan di bawah kulit lengan tangan. KB implan harus dipasang oleh perawat atau dokter yang telah terlatih khusus.

Baca juga: Cara Kerja dan Efek Samping KB Suntik 3 Bulan!

Kelebihan KB implan

Beberapa kelebihan menggunakan KB implan mencakup:

  • Memiliki efektivitas tinggi hingga 99 persen dalam tujuh hari setelah penggunaannya
  • Metode kontrasepsi jangka panjang yang sangat murah
  • Penggunaannya cukup aman pada sebagian besar wanita
  • Efektif digunakan selama tiga tahun tanpa intervensi lebih lanjut
  • Aman digunakan saat menyusui
  • Meredakan menoragia dan dismenore dalam banyak kasus
  • Mengurangi risiko terkena penyakit radang panggul karena lendir serviks yang kental dapat mencegah mikroba naik dari vagina ke dalam rahim
  • Kembalinya kesuburan dengan cepat dalam waktu 21 hari setelah pengangkatan implan

Efek KB implan terhadap menstruasi

cara menghitung telat haid dan dikatakan hamil

KB implan dapat menyebabkan efek samping, tetapi hal ini tidak terjadi pada semua orang. Banyak orang menggunakan implan tanpa ada masalah sama sekali.

Efek samping negatif KB implan umumnya akan hilang setelah pemakaian selama beberapa bulan, setelah tubuh terbiasa dengan implan.

Jadi, jika kamu baru saja menggunakan KB implan dan memiliki efek samping yang mengganggu, cobalah untuk tetap menggunakannya agar tubuh menyesuaikan diri dengan hormon.

Kebanyakan wanita mengalami perubahan dalam periode menstruasi ketika menggunakan KB implan. Efeknya bisa berbeda-beda. Efek samping KB implan terhadap menstruasi adalah:

  • Periode menjadi lebih ringan dan kurang teratur
  • Beberapa wanita menemukan bahwa menstruasi mereka berhenti sama sekali
  • Beberapa wanita mengalami menstruasi yang lebih lama dan tidak teratur, yang bisa menjadi berat
  • Beberapa wanita mengalami perubahan suasana hati seperti perubahan suasana hati pramenstruasi (PMS)

Efek samping penggunaan KB implan lainnya adalah

  • Retensi cairan dan nyeri payudara
  • Munculnya jerawat. Kulit akan mungkin memburuk sementara, meskipun juga bisa membaik.
  • Gatal atau memar setelah pemakaian implan.
  • Perubahan suasana
  • Penambahan berat badan

Baca juga: 8 Efek Samping Pil KB yang Wajib Kamu Tahu!

Berapa lama haid setelah KB implan?

perbedaan telat haid dengan hamil

Implan KB kemungkinan besar akan mempengaruhi siklus haid. Pendarahan haid kamu mungkin menjadi tidak teratur.

Setiap wanita bisa mengalami efek yang berbeda, ada yang periode haidnya sedikit berubah, ada juga yang berhenti atau terjadi sesekali saja.

Ada juga yang menemukan bahwa menstruasi mereka lebih berat dan lebih lama. Perubahannya berbeda-beda antara satu wanita dengan wanita lainnya.

Jadi, kita tidak bisa memastikan berapa lama haid setelah KB implan. Sebab, setiap wanita bisa mengalami kondisi yang berbeda-beda.

Cara mengatasi efek KB implan terhadap menstruasi

Jika pendarahan tidak teratur mengganggu aktivitas akibat efek dari KB implan, maka coba lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Pengobatan NSAID (non-steroid anti-inflamasi)

Pil yang dijual bebas seperti ibuprofen, dapat mengurangi jumlah aliran menstruasi Anda apabila dikonsumsi setiap 4-6 jam. Pil dapat mengurangi efek samping seperti mual dan sakit perut.

2. Menambahkan pil kombinasi

Kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan pil kombinasi. Menambahkan pil kombinasi monofasik selama sebulan dapat menghentikan pendarahan, dan membantu mengatur menstruasi untuk bulan berikutnya.

Itulah penjelasan mengenai efek penggunaan KB implan dan cara mengatasinya. KB implan memiliki tingkat keefektifan yang cukup tinggi dan dalam kebanyakan kasus dapat meredakan dismenore.

Namun, selalu ingat untuk menggunakan KB implan dengan tepat agar tidak terjadi efek negatif, ya!

Share artikel ini
Reference