manfaat belimbing untuk kesehatan ibu hamil

Belimbing adalah buah berbentuk unik yang menyerupai bintang. Buah dengan rasa asam yang segar ini mengandung zat gizi yang cukup banyak. Kandungan nutrisi di dalam buah belimbing inilah yang menawarkan segudang manfaat untuk ibu hamil. 

Meski begitu, ada baiknya kamu memahami apa saja kandungan nutrisi belimbing serta amankah dikonsumsi oleh ibu hamil. Simak informasi selengkapnya di sini, ya!

Kandungan belimbing

manfaat belimbing untuk ibu hamil

Sebelum mengetahui apa saja manfaat belimbing untuk ibu hamil, penting untuk mengenali kandungan pada buah berbentuk bintang satu ini. Dengan begitu, kamu bisa memahami dari mana khasiat buah belimbing yang diperoleh. 

Ini kandungan buah belimbing, dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia

  • Energi: 36 kal
  • Protein: 0,4 g
  • Lemak: 0,4 g
  • Karbohidrat: 8,8 g
  • Serat: 3,2 g
  • Kalsium: 4 mg
  • Fosfor: 12 mg
  • Besi: 1,1 mg
  • Kalium: 130 mg
  • Beta-Karoten: 29 mcg
  • Vitamin B1: 0,03 mg
  • Vitamin C: 35 mg

7+ Manfaat Apel untuk Ibu Hamil, Dapat Meningkatkan Imun

Apakah ibu hamil boleh makan belimbing?

Para ibu hamil tidak perlu khawatir karena bisa mengonsumsi buah belimbing selama kehamilan.

Pasalnya, buah dengan rasa yang sedikit asam dan manis ini mengandung nutrisi yang tinggi, sedangkan kandungan kalorinya tergolong rendah. 

Hal tersebut ternyata membantu kamu mendapatkan kehamilan yang lebih sehat. Walau begitu, buah belimbing memiliki kandungan oksalat yang tinggi.

Bagi kamu yang punya riwayat penyakit ginjal sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengonsumsi belimbing. 

Terlebih lagi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi belimbing selama kehamilan, antara lain: 

  • Riwayat alergi terhadap buah belimbing
  • Tingkat kematangan dan kebersihan belimbing
  • Tidak mengonsumsi buah belimbing terlalu banyak

Dengan mengetahui beberapa poin di atas, kamu bisa memperoleh manfaat buah belimbing untuk ibu hamil lebih maksimal.

Ladies, Ketahui Dulu Manfaat Proxidan 400 untuk Promil!

Manfaat buah belimbing untuk ibu hamil

manfaat belimbing ibu hamil

Setelah mengetahui apa saja kandungan pada buah belimbing dan apakah aman dikonsumsi oleh ibu hamil, kini sudah saatnya untuk tahu khasiat buah belimbing.

Berikut manfaat buah belimbing untuk ibu hamil guna mendapatkan kehamilan yang lebih sehat.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu khasiat belimbing selama kehamilan adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C pada belimbing dapat melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi. Ini tentu penting selama masa kehamilan ketika sistem imun tubuh sering kali melemah. 

2. Menjaga kesehatan mata

Tahukah kamu bahwa belimbing adalah salah satu sumber alami vitamin A yang sangat baik? Sementara itu, vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. 

Artinya, konsumsi buah belimbing bisa membantu memelihara kesehatan mata dan melindunginya dari infeksi, serta gangguan secara efektif.

Bahkan, vitamin A pada belimbing bisa meningkatkan fungsi penglihatan untuk sebagian besar orang. 

3. Meredakan masalah pencernaan

Seperti yang kamu tahu, masalah pencernaan tentu bisa mengganggu kenyamanan selama hamil. Itu sebabnya, makan buah belimbing saat hamil bisa mengurangi risiko beberapa gangguan pencernaan secara efektif. 

Terlebih lagi, konsumsi buah masam ini berkhasiat membantu mengobati diare, masalah lambung, dan sembelit. Namun, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai batasan konsumsi belimbing yang tepat. 

Manfaat Cranberry untuk Ibu Hamil hingga Kesehatan Vagina

4. Menurunkan tekanan darah 

Manfaat buah belimbing untuk ibu hamil lainnya adalah membantu menurunkan tekanan darah. Pasalnya, belimbing terkenal rendah akan natrium, sedangkan mengandung kalium yang cukup tinggi. 

Bila hal tersebut digabungkan dalam satu buah, ini bisa membantu menjaga keseimbangan tekanan darah. Begini, hipertensi bisa meningkatkan risiko serangan jantun atau stroke.

Jadi, makan buah belimbing setidaknya bisa membantu menjaga tekanan darah normal selama kehamilan. 

5. Mendukung perkembangan janin

Siapa bilang khasiat belimbing hanya untuk ibu hamil? Faktanya, asam folat pada belimbing berfungsi mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

Ini karena asam folat bantu mencegah cacat tabung saraf pada janin dan berperan dalam pembentukan sel darah merah, serta DNA. 

6. Menjadi sumber energi yang baik

Belimbing mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi yang tahan lama. Tentu saja, manfaat buah belimbing satu ini akan sangat berguna untuk ibu hamil.

Pasalnya, ibu hamil memiliki peningkatan kebutuhan energi. Alih-alih mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kamu bisa memilih belimbing sebagai camilan sehat. 

7. Mengurangi risiko kanker

Buah belimbing merupakan makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi, seperti beta-karoten dan polifenol, yang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Antioksidan ini bekerja dengan cara melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan mutasi genetik. 

Selain itu, belimbing juga mengandung serat yang dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dan mengurangi risiko kanker usus besar. Dengan mengonsumsi belimbing secara teratur sebagai bagian dari diet sehat, risiko terkena kanker dapat berkurang.

Nah, itu tadi beragam manfaat belimbing untuk ibu hamil yang bisa kamu peroleh. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum memasukkan belimbing dalam menu keseharian kamu, ya!


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference