tanda ovulasi berhasil dibuahi

Tanda ovulasi berhasil dibuahi menjadi kabar gembira bagi para orangtua yang menanti kehadiran buah hati. Salah satu tanda yang paling dikenal, yaitu telat haid yang akan terjadi 15 hari setelah ovulasi berhasil dibuahi.

Namun kebanyakan wanita tidak akan menyadari hal ini sampai munculnya gejala kehamilan yang lain. Setelah 5-6 sperma membuahi sel telur dan berhasil, kamu akan mengalami beberapa gejala salah satunya pendarahan implantasi.

Apa yang dirasakan tubuh saat pembuahan berhasil?

Umumnya tubuh akan bereaksi pada pembuahan sel telur yang berhasil setelah 5 hari. Gumpalan sel baru yang disebut blastokista akan terbentuk dari sel-sel zigot dengan cara berkembang biak. Sel tersebut akan terus berkembang biak saat blastokista masuk ke rahim.

Saat blastokista sampai di dinding rahim, ia akan menempel untuk mendapatkan nutrisi melalui darah. Dalam waktu 5 hari tersebut, blastokista akan berjalan ke dinding rahim dan terhubung dengannya. Saat melekat, blastokista berarti akan memulai perjalannya menjadi janin dan terus berkembang selama masa kehamilan.

Tanda ovulasi berhasil dibuahi

Ovulasi berhasil

Tanda pembuahan berhasil akan menimbulkan beberapa gejala yang ibu hamil rasakan. Beberapa tanda ini menjadi gejala yang paling umum, di antaranya:

Pendarahan implantasi

Sel telur yang telah berhasil dibuahi akan berjalan menuju rahim dan menempel pada dinding rahim. Proses ini mungkin akan menimbulkan kram di area perut dan sekitarnya. Beberapa wanita bahkan mengalami sedikit pendarahan karena proses ini.

Suhu tubuh basal meningkat

Suhu tubuh basal adalah suhu yang dimiliki oleh badan ketika sedang berada dalam kondisi normal. Saat ovulasi berhasil dibuahi, biasanya suhu tubuh basal akan meningkat. Tidak hanya salah ovulasi, ciri ini juga dapat dialami ketika hormon sedang tinggi.

Mual

Mual juga menjadi tanda ovulasi berhasil yang paling umum, meskipun tidak semua ibu hamil mengalaminya. Biasanya mual sering terjadi di pagi hari, juga ketika mencium bau-bau an karena indera penciuman ibu hamil akan menjadi lebih sensitif.

Keluarnya lendir vagina

Lendir vagina atau keputihan mungkin menjadi hal yang biasa wanita alami, tidak hanya pada ibu hamil. Namun lendir vagina akan keluar lebih banyak ketika ovulasi berhasil terbuahi, kamu harus mulai curiga saat mengalami hal ini.

Ciri Fisik Pembuahan Berhasil

Ciri fisik pembuahan berhasil biasanya berbeda-beda, tidak semua ibu hamil mengalami ciri fisik tertentu. Berikut adalah beberapa ciri fisik yang biasanya dialami ketika pembuahan berhasil:

  • Payudara terasa lebih lembut
  • Warna areola atau puting susu menjadi lebih gelap
  • Perubahan suasana hati
  • Nyeri panggul dan sekitarnya
  • Lebih sering buang air kecil
  • Merasa pusing
  • Mudah lelah
  • Mengidam makanan tertentu 
  • Benci terhadap makanan tertentu, bahkan tidak mau mencium baunya
  • Perubahan nafsu makan
  • Perut kembung atau begah

Apa ciri ciri pembuahan gagal?

Pembuahan gagal atau dikenal dengan istilah blighted ovum, terjadi karena adanya masalah pada struktur pembawa gen yang belum diketahui secara pasti. Kegagalan ini bukan kesalahan ibu hamil yang dilakukan sebelum atau selama masa kehamilan. Hal ini terjadi begitu saja dan terkadang tanpa disadari.

Berikut adalah ciri-ciri pembuahan gagal:

  • Kram perut
  • Nyeri payudara mulai menghilang
  • Munculnya bercak darah yang keluar dari vagina

Apa yang harus dilakukan agar pembuahan berhasil?

Pembuahan yang berhasil tentu harus didukung dengan usaha yang maksimal. Berikut adalah beberapa cara agar ovulasi berhasil dibuahi:

Seed Cycling

Seed cycling atau mengonsumsi berbagai biji-bijian adalah obat naturopati yang membantu menyeimbangkan kadar estrogen dan progesteron secara alami. Kamu perlu memakan jenis biji tertentu selama dua fase siklus: biji rami dan labu selama fase folikular, dan biji wijen dan bunga matahari selama fase luteal.

Perubahan diet

Kamu dapat memasukkan beberapa makanan ke dalam menu diet, yang telah terbukti meningkatkan produksi PdG (metabolite urine dari progesteron.) dan kualitas ovulasi. Beberapa makanan ini antara lain kubis brussel, brokoli, kacang-kacangan, labu, dan bayam.

Suplemen herbal

Suplemen herbal dapat menjadi pilihan, asalkan kamu harus berkonsultasi dengan dokter sebelumnya. Beberapa herbal yang telah terbukti meningkatkan produksi PdG termasuk vitex, daun raspberry merah, dan maca.

Obat resep

Ketika semuanya gagal, mungkin sudah waktunya kamu menggunakan pengobatan modern. Lakukan konsultasi dengan dokter, dapatkan resep obat suplemen progesteron atau obat pemicu ovulasi.

Kesehatan sistem reproduksi menjadi kunci utama dalam berhasilnya pembuahan. Sebaiknya kamu fokus untuk merawat kesehatan tersebut jika ingin cepat mendapatkan buah hati.

Share artikel ini
Reference