manfaat cranberry

manfaat cranberry

Apakah kamu tahu jika manfaat cranberry ini bisa meningkatkan kesehatan vagina dan ibu hamil? Wah, ternyata ada berbagai manfaat cranberry, ya? Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas sejuta manfaat cranberry yang perlu kamu ketahui.

Kira-kira, apa saja manfaatnya? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

Apa itu cranberry?

Cranberry adalah buah yang memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi. Mengutip dari Medical News Today, dahulu penduduk asli Amerika menggunakan cranberry sebagai pengobatan untuk penyakit kandung kemih dan ginjal.

Sementara penduduk di Inggris menggunakannya untuk mengobati nafsu makan yang buruk, keluhan perut, kelainan darah, dan penyakit kudis. 

Yap! Soalnya, cranberry sendiri mengandung karbohidrat, protein, gula alami, serat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, vitamin C, A, E, B, dan K. Terbayang kan, bagaimana buah yang satu ini bisa menyehatkan tubuh?

Manfaat cranberry untuk kesehatan vagina

Dengan segudang nutrisi dan vitamin tersebut, apa saja manfaat yang bisa didapatkan untuk kesehatan vagina jika mengonsumsi cranberry? Mengutip dari Healthline, cranberry bisa meningkatkan rasa cairan yang ada di vagina dan mencegah infeksi vagina.

Sebab, kandungan di dalamnya bisa menyeimbangkan tingkat pH vagina serta asamnya bisa membantu melawan bakteri yang menyebabkan infeksi.

Namun selain itu, ada berbagai manfaat lainnya jika mengonsumsi cranberry untuk wanita, seperti yang ada di bawah ini.

1. Menjaga kesehatan pasca menopause

Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi. Biasanya, wanita yang mengalami menopasue akan mengalami sejumlah perubahan hormonal yang dapat menyebabkan gejala seperti perubahan suasana hati, keringat malam, kekeringan pada vagina, dan peningkatan risiko infeksi saluran kemih.

Menariknya, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa jus cranberry dapat mendukung kesehatan pasca menopause karena bisa mengurangi kolesterol total.

2. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Cranberry sangat tinggi antioksidan, yang merupakan senyawa kuat untuk membantu menetralkan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas dalam tubuh seseorang. Maka dari itu, manfaat cranberry juga bisa mencegah tanda-tanda penuaan.

3. Mengurangi gejala haid

Cranberry memiliki kandungan magnesium di dalamnya. Nah, selama PMS, wanita biasanya mengalami kecemasan, depresi, nyeri punggung bawah, dan nyeri payudara.

Nah, seseorang yang memiliki kandungan magnesium yang cukup di dalam tubuh bisa menurunkan gejala-gejala ini secara signifikan.

Manfaat cranberry untuk ibu hamil

Selain untuk wanita dan vagina, ada berbagai manfaat cranberry untuk ibu hamil. Melansir dari Parenting Firstcry, berikut kelebihannya.

1. Mengobati peradangan

Cranberry mengandung jumlah antioksidan yang paling tinggi untuk melindungi sel-sel dalam tubuh kita dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan ini secara alami membantu dalam memerangi peradangan yang dialami ibu hamil.

2. Meningkatkan imun tubuh

Wanita memiliki tingkat kekebalan yang rendah selama proses dan setelah melahirkan. Nah, cranberry kaya akan proanthocyanidins atau senyawa pada buah, yang bisa menjaga tingkat kekebalan tubuh tetap tinggi.

Selain itu, cranberry juga dapat menghentikan bakteri yang terakumulasi dan tumbuh di lapisan usus.

3. Mencegah penyakit infeksi saluran kemih

Selama masa kehamilan, rahim tumbuh dan menekan kandung kemih sehingga menghalangi drainase urin dari kandung kemih. Hal ini menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

Antioksidan yang ada dalam cranberry mencegah bakteri menempel pada dinding saluran kemih, sehingga meminimalkan kemungkinan infeksi.

4. Menjaga kesehatan mulut

Wanita kerap mengalami masalah gigi saat hamil. Nah, kamu bisa mengonsumsi segenggam cranberry atau minum 250 ml jus cranberry untuk mencegah kerusakan gigi, pembentukan plak, dan gigi berlubang.

5. Mencegah konstipasi

Konstipasi adalah sembelit yang sering dialami ibu hamil. Nah, buah yang satu ini dikatakan kaya serat sehingga bisa membantu mencegahnya.

6. Menghidrasi tubuh

Ibu hamil perlu menghidrasi tubuhnya setiap saat. Cranberry yang segar terdiri dari 90% air. Oleh karena itu, asupan cranberry secara teratur membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

7. Mencegah retensi air

Retensi air atau edema kondisi membengkaknya cairan tubuh akibat penumpukan cairan selama kehamilan.  Jus cranberry adalah diuretik alami, sehingga asupan jus buah ini selama kehamilan secara teratur dapat mencegah atau menyembuhkan retensi air.

Jadi, cranberry adalah sumber makanan yang baik untuk beberapa nutrisi dan antioksidan. Mereka memiliki beberapa manfaat kesehatan termasuk membantu kesehatan mulut dan vagina, mencegah infeksi saluran kemih, dan mungkin membantu perawatan kanker. 

Kebanyakan orang dapat menambahkan cranberry ke dalam makanan mereka dengan aman, tetapi orang yang sedang hamil perlu mendiskusikannya kepada dokter terlebih dahulu.

 

Share artikel ini
Reference