manfaat belut untuk kesehatan ibu hamil

Sudah bukan rahasia lagi bila saat hamil kamu mungkin akan dibanjiri berbagai saran, terutama mengenai kebiasaan makan dan olahraga.

Salah satu yang sering terdengar adalah konsumsi belut untuk ibu hamil yang katanya menawarkan banyak manfaat. 

Sebelum mencobanya, kenali dulu bagaimana kandungan gizi dan apakah konsumsi belut aman untuk ibu hamil atau tidak. Simak informasi selengkapnya di bawah ini, yuk!

Kandungan gizi belut

kandungan gizi belut

Belut adalah sejenis ikan yang berbentuk seperti ular dengan kulit yang super licin sehingga sulit untuk ditangkap.

Jenis ikan ini memang cukup populer di Indonesia dan menjadi bahan makanan yang diekspor ke seluruh dunia, terutama di Jepang. 

Di negara ini, banyak orang yang gemar mengonsumsi belut karena dianggap menawarkan banyak manfaat. Ini mungkin karena belut kaya akan nutrisi sehingga beberapa ibu hamil mengonsumsi ikan ini. 

Berikut ini kandungan gizi yang ada pada belut segar, dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia.  

  • Energi: 70 Kal
  • Protein: 14.6 g
  • Lemak: 0.8 g
  • Karbohidrat: 1.0 g
  • Kalsium: 49 mg
  • Fosfor: 155 mg
  • Besi: 1.5 mg
  • Natrium:55 mg
  • Kalium: 169.0 mg
  • Seng: 1.2 mg
  • Vitamin B1: 0.22 mg
  • Vitamin B2: 0.12 mg
  • Niasin: 7.7 mg

Minyak Ikan Untuk Ibu hamil? Kenali Kandungan dan Manfaatnya

Apakah ibu hamil boleh makan belut?

Ya, ibu hamil boleh makan belut untuk mendapatkan segudang manfaat yang ditawarkan. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi belut selama kehamilan, antara lain:

  • Pastikan belut yang dikonsumsi berasal dari sumber yang terpercaya dan aman
  • Hindari makan belut dari perairan yang terkontaminasi oleh polutan
  • Olah belut dengan benar sebelum dikonsumsi untuk mencegah infeksi bakteri atau parasit
  • Periksa apakah ada riwayat alergi terhadap belut atau makanan laut lainnya

Manfaat belut untuk ibu hamil

Setelah memahami kandungan gizi dan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi belut, kenali manfaat belut untuk ibu hamil di bawah ini. 

1. Meningkatkan stamina

Salah satu khasiat konsumsi belut selama kehamilan adalah meningkatkan stamina. Pasalnya, belut yang dikukus mengandung kalori yang cukup tinggi, yaitu sekitar 1.350 kalori per pon dan 303 kalori per 100 gram daging. 

Dengan konsumsi belut satu hari, kamu bisa menambah stamina dan memenuhi kebutuhan energi kehamilan. Namun, perhatikan cara mengolah belut agar makanan yang kamu konsumsi tetap sehat. 

2. Menjadi sumber protein yang baik

Selain sumber energi, belut bisa kamu gunakan sebagai sumber protein yang baik, lho.

Kandungan belut yang sudah diasap setidaknya 18.4 gram protein per 100 gram daging. Angka tersebut menjadikan belut sebagai salah satu makanan yang padat protein. 

Seperti yang kamu ketahui, protein berfungsi sebagai bahan pembangun sel-sel tubuh. Sementara itu, konsumsi protein secara konsisten selama kehamilan bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. 

Makanan Tinggi Protein untuk Diet, Ini Daftarnya!

3. Memelihara kesehatan otot

Tahukah kamu, asam amino arginin pada belut beku ternyata bisa merangsang pembentukan hormon pertumbuhan manusia (HGH) selama istirahat.

Artinya, konsumsi belut selama kehamilan bisa membantu memelihara kesehatan otot dan mencegah penumpukan lemak. 

Kamu bisa mengonsumsi ikan setiap kali makan selama sembilan bulan ke depan. Ini bertujuan menjaga berat badan tetap sehat, baik selama kehamilan maupun setelah melahirkan. 

4. Membantu penuhi kebutuhan vitamin 

Manfaat belut lainnya untuk ibu hamil adalah bantu penuhi kebutuhan vitamin, nih. Begini, belut menjadi salah satu sumber vitamin A dan B12 yang baik.

Itu sebabnya, ibu hamil perlu memasukkan belut dalam menu makan sehari-hari untuk meningkatkan kadar antioksidan. 

Bila kadar antioksidan di dalam tubuh cukup, ini tentu akan berpengaruh baik terhadap kesehatan ibu hamil dan janin, seperti: 

  • Melawan degenerasi makula
  • Mengurangi stres oksidatif
  • Menetralkan radikal bebas
  • Mencegah spina bifida atau anencephaly
  • Menurunkan risiko kelahiran prematur atau berat lahir rendah

5. Mencegah anemia

Sudah bukan rahasia lagi bila anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami ibu hamil.

Untungnya, konsumsi belut bisa membantu mengurangi risiko anemia pada ibu hamil karena jenis ikan ini mengandung zat besi yang tinggi. 

Asupan zat besi yang cukup tentu sangat penting dalam membantu mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengatasi anemia. 

Kenali Gejala Anemia pada Wanita, Penyebab, dan Tips Mencegahnya

6. Menjaga kepadatan tulang

Makan makanan yang bergizi, seperti belut, penting untuk kesehatan bayi dan perkembangannya. Ini karena belut kaya akan mineral fosfor sehingga bermanfaat selama kehamilan. 

Kandungan pada belut juga membantu memastikan ibu hamil memiliki tulang yang kuat dan sehat. Ini juga menciptakan perkembangan kerangka yang baik untuk bayi yang akan lahir. 

Cara mengolah belut yang baik untuk ibu hamil

cara mengolah belut untuk ibu hamil

Manfaat belut untuk ibu hamil memang cukup banyak. Namun, manfaat tersebut baru akan terasa ketika kamu bisa mengikuti cara mengolah belut yang baik, terutama untuk ibu hamil. 

Pada saat mengolah belut untuk ibu hamil, penting untuk memastikan bahwa belut dimasak dengan baik.

Hal ini untuk menghindari risiko penyakit yang mungkin berkaitan dengan ikan menta. Berikut ini beberapa cara mengolah belut yang baik dan aman untuk ibu hamil. 

1. Masak belut sampai matang

Jika memilih menu belut, pastikan belut yang dimasak benar-benar matang sempurna dengan suhu yang aman. Konsumsi belut mentah atau setengah matang justru bisa meningkatkan risiko infeksi bakteri. 

2. Bersihkan belut dengan baik

Sebelum mengolah belut, bersihkan ikan ini dengan baik untuk menghilangkan kotoran dan potensi kontaminan lainnya. Jangan lupa cuci belut di bawah air yang mengalir dan gosok perlahan memakai sikat lembut. 

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Jengkol? Ini Tipsnya!

3. Pilih variasi olahan yang sehat

Sama seperti ikan lainnya, belut memiliki variasi olahan yang banyak. Namun, pastikan yang kamu pilih adalah olahan yang sehat. Contohnya, merebus, menggoreng, atau memasaknya dengan bumbu dan rempah-rempah yang lezat. 

Hindari pemakaian bahan tambahan yang berlebihan atau bumbu pedas. Alih-alih mendapatkan manfaat belut untuk ibu hamil, kamu justru berisiko mengalami masalah pencernaan. 

4. Kombinasikan dengan makanan lain

Demi memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik, kombinasikan belut dengan makanan lain yang bergizi. Kamu bisa mengonsumsi belut bersama dengan sayuran, biji-bijian, atau sumber karbohidrat sehat. 

Nah, itu tadi beragam manfaat belut untuk ibu hamil yang bisa jadi referensi kamu. Semoga informasi di atas berguna untuk mendapatkan kehamilan yang lebih sehat, ya!


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference