kram perut saat hamil muda

Kram perut saat hamil muda merupakan hal yang normal, terutama di trimester pertama. Kram selama awal kehamilan terasa sangat mirip dengan kram menstruasi normal.

Rasa sakit biasanya terletak di perut bagian bawah dan biasanya hanya berlangsung selama beberapa menit. Kram ini biasanya merupakan bagian dari perubahan fisik normal dalam tubuh.

Di awal kehamilan, kamu mungkin mengalami kram serta pendarahan ringan saat embrio ditanamkan ke dinding rahim. Proses ini terkadang dapat menyebabkan kram implantasi dan pendarahan.

Saat kehamilan berlanjut, kamu mungkin juga merasa kram saat rahim kamu berubah dan meregang untuk mengakomodasi bayi. Lebih lanjutnya, berikut ini penyebab kram perut saat hamil muda.

Penyebab kram perut saat hamil muda

yoga saat hamil

Adalah umum untuk mengalami nyeri ringan atau kram di perut kamu selama kehamilan. Dalam kebanyakan kasus, sakit perut di awal kehamilan disebabkan oleh perubahan tubuh yang normal seperti:

Implantasi

Ketika sel telur yang telah dibuahi membentuk blastokista dan menempel pada lapisan dinding rahim, hal itu dapat menyebabkan sedikit kram di perut bagian bawah. Ini dikenal sebagai kram implantasi dan seringkali merupakan salah satu tanda awal kehamilan.

Pertumbuhan rahim selama dua trimester pertama, ada pertumbuhan rahim yang cepat untuk mengakomodasi pertumbuhan janin. Ini juga dapat menyebabkan kram awal kehamilan.

Karena ligamen dan otot yang menopang rahim juga tumbuh, kamu mungkin mengalami rasa sakit yang tajam saat berdiri, mengubah posisi, atau bersin/batuk.

Orgasme

Jika kamu berhubungan seks saat hamil, kamu mungkin mengalami kram setelah orgasme. Rasa sakitnya mungkin terasa mirip dengan kram menstruasi dan biasanya hilang dengan cepat. Karena itu, jika rasa sakitnya parah dan disertai pendarahan, segera konsultasikan dengan dokter.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kram awal kehamilan dapat disebabkan oleh masalah kehamilan berikut:

Keguguran dini

Dalam beberapa kasus, kram bisa berarti keguguran. Tapi ini tidak selalu terjadi. Ketika kram parah, berkepanjangan, dan/atau terjadi bersamaan dengan pendarahan atau keputihan, pastikan untuk segera mencari pertolongan medis.

Keguguran pada awal kehamilan kemungkinan besar terjadi pada trimester pertama.

Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik adalah ketika sel telur yang telah dibuahi berimplantasi di luar rahim. Misalnya, mungkin menempel pada tabung rahim, rongga perut, atau leher rahim.

Kehamilan ektopik dapat menyebabkan kram perut parah yang mungkin disertai dengan pendarahan. Jika kamu mengalami kram parah, cari bantuan medis sesegera mungkin.

Saat hamil perut kram apa yang harus dilakukan?

cara menghilangkan stretch mark saat hamil

Pereda kram kehamilan tergantung pada penyebab di balik rasa sakit yang kamu alami. Kiat-kiat ini dapat meredakan penyebab paling umum kram perut selama kehamilan:

  1. Berbaring dan rileks sejenak, cara ini dapat meredakan kram kehamilan yang berhubungan dengan implantasi, orgasme, peningkatan aliran darah ke rahim dan nyeri ligamen bulat
  2. Berendam dalam air hangat, dapat membantu meringankan kram kehamilan yang berhubungan dengan peningkatan aliran darah rahim
  3. Kenakan pita perut, yang dapat membantu meredakan kram perut yang terkait dengan nyeri ligamen bundar pada paruh kedua kehamilan
  4. Minum banyak air, untuk meredakan kram yang berhubungan dengan dehidrasi, kembung atau sembelit
  5. Ubah posisi (misalnya berbaring jika kamu berdiri) jika kamu merasa mengalami kontraksi braxton hicks

Tanda bahaya kram perut saat hamil

Jika kram terus-menerus atau parah, jangan ragu untuk menghubungi dokter. Lebih baik memeriksa apa pun yang tampaknya tidak benar daripada mengabaikan sesuatu yang mungkin menjadi perhatian serius.

Kram parah, khususnya, harus selalu diperiksa untuk menyingkirkan kehamilan ektopik. Menurut American Academy of Family Physicians (AAFP), kehamilan ektopik hanya terjadi pada kurang dari 2% kehamilan. Namun, itu adalah penyebab utama kematian bagi wanita di trimester pertama

Kehamilan ektopik terjadi ketika sel telur yang dibuahi berimplantasi di luar rongga rahim, dan tanda-tanda biasanya muncul saat kamu hamil enam hingga delapan minggu. Ini paling sering disertai dengan kram di satu sisi serta nyeri di leher atau bahu dan dorongan konstan untuk buang air besar.

Jika kamu merasa memiliki tanda-tanda kehamilan ektopik, segera pergi ke ruang gawat darurat karena dapat mengancam jiwa. Juga, jika kram tampaknya terfokus pada satu sisi perut bagian bawah, hubungi dokter untuk memastikannya, meskipun kramnya tidak parah.

Jika kamu mengalami pendarahan vagina apa pun bersama dengan kram pada awal kehamilan, kamu harus menghubungi dokter, sebab ada kemungkinan kamu mengalami keguguran.

Gejala-gejala ini tidak selalu berarti keguguran, tetapi dokter kamu dapat melakukan tes darah hCG atau ultrasound untuk mencari tahu apa yang terjadi.

Share artikel ini
Reference