Manfaat siwalan untuk promil ternyata ada, loh. Siwalan atau yang lebih dikenal dengan buah lontar, dipercaya mampu melancarkan program hamil.

Buah ini memang mengandung banyak nutrisi, ada 12 jenis vitamin berbeda, fiber, protein, kalsium, serta kandungan fitonutrien alami. Lalu, bagaimana buah lontar bisa mempengaruhi program hamil? Yuk, simak selengkapnya!

Manfaat buah siwalan

Buah lontar atau siwalan yang rupanya mirip dengan kolang-kaling, yang merupakan buah dengan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari membantu memelihara sistem pencernaan, mencegah dehidrasi, menjaga fungsi ginjal dan hati, dan mencegah diabetes. Siwalan juga berperan sebagai antioksidan dan antibiotik alami bagi tubuh. 

Tidak hanya itu, buah lontar juga mampu meredakan stress loh! Sensasi segar yang dihasilkan oleh buah lontar (terutama jika dikonsumsi sebagai minuman dingin) secara tidak langsung turut andil dalam membuat suasana hati menjadi lebih baik dan bersemangat.

Manfaat ini juga tak lepas dari kandungan vitamin C di dalamnya. Menurut penelitian, vitamin C efektif untuk meningkatkan mood pasien yang dirawat di rumah sakit. Hal yang sama juga berlaku bagi siapa saja yang mengonsumsi vitamin C secara rutin. 

5 Manfaat Daun Kelor untuk Rahim, Bisa Meringankan Gejala PMS!

Mengelola stress dengan baik juga berpengaruh pada potensi kehamilan. Mungkin kamu sudah sering mendengar, bahwa stress dapat mempengaruhi sistem reproduksi seperti siklus dan ovulasi tidak teratur. Cobalah konsumsi buah lontar saat kamu sedang stress dan buktikan khasiatnya!

Manfaat siwalan untuk promil

Pada pria, buah lontar dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Rajin-rajin mengonsumsi siwalan akan membuat wanita cepat hamil, itulah yang dipercaya hingga kini. Tidak hanya itu, lontar juga dapat mengatasi disfungsi ereksi atau impotensi. Sedangkan pada wanita, buah ini dapat membantu menyeimbangkan hormon dan menjaga kesehatan reproduksi. 

Memang belum ada penelitian yang secara khusus meneliti manfaat siwalan untuk kesuburan pria. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi buah lontar sehari-hari selama program hamil. Tentunya harus tetap diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi lainnya juga, ya!

Buah yang bagus untuk kesuburan

buah yang baik untuk kehamilan

Tips seputar konsumsi buah selama promil, yaitu disarankan untuk tidak mengonsumsi buah-buahan segera setelah makan makanan utama untuk meningkatkan kemungkinan hamil. Waktu terbaik untuk mengonsumsi buah-buahan adalah satu jam sebelum atau sesudah makan utama. Lalu, buah apa saja yang disarankan selama promil? Berikut jawabannya:

Alpukat

Sebagai makanan super, kandungan lemak yang tinggi dalam buah ini membantu pertumbuhan sel telur. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal (lemak baik) yang membantu menjaga sistem reproduksi.

Apel

Apel kaya akan vitamin C dan merupakan sumber zat besi yang sangat diperlukan untuk kesuburan. Buah ini juga dapat meningkatkan nafsu makan. Jika kamu mengalami sembelit, sebaiknya konsumsi apel dengan cara dipanggang.

Yuk, Ketahui Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan dan Promil!

Stroberi

Stroberi dianggap berharga sebagai buah yang mendukung program hamil. Buah ini juga tinggi vitamin C dan asam folat, yang menyediakan lingkungan yang kondusif untuk pembuahan. Beta-karoten dan antosianin yang terdapat dalam buah beri memiliki sifat antioksidan yang kuat dan membantu produksi hormon yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel telur yang optimal.

Plum 

Buah plum dapat memberikan manfaat maksimal bagi kesuburan. Kalium yang terkandung dalam buah ini juga melindungi dari cacat lahir pada otak dan tulang belakang, yang dapat berkembang pada beberapa minggu pertama kehamilan. Sayangnya, penderita diabetes dan obesitas tidak disarankan untuk mengonsumsi buah ini. 

Persik

Mengonsumsi buah persik juga dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Buah ini kaya akan asam nikotinat, vitamin C dan kalium, yang membantu folikel dalam ovarium matang, memperkuat tulang, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah ara

Buah ara telah dipercaya dapat meningkatkan kesuburan sejak zaman Yunani Kuno, dan sekarang kita memiliki bukti ilmiah. Buah ara mengandung banyak zat besi, yang penting untuk produksi sel telur dan ovulasi.

Delima 

Buah delima sering direkomendasikan bagi mereka yang menderita anemia defisiensi besi. Vitamin B yang ada di dalam buah ini memiliki efek antiinflamasi dan antiseptik, menetralisir bakteri patogen.

Biji delima baik untuk melindungi telur dari kerusakan karena penuh dengan antioksidan. Selain itu, delima juga dikaitkan dengan peningkatan libido wanita secara alami.

Ada banyak jenis buah yang bisa membantu meningkatkan kelancaran promil. Kamu bisa mengonsumsi semuanya, selama tidak memiliki alergi dan penyakit tertentu. Jika ragu, konsultasikan kepada dokter agar tidak salah makan.

___________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference