cara mengatasi hb rendah pada ibu hamil

Sudah bukan rahasia lagi bila akan ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh seorang ibu hamil. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah tingkat hemoglobin (HB) dalam darah.

HB rendah pada ibu hamil bisa memicu anemia yang tentu bisa memengaruhi kesehatan ibu dan perkembangan janin. Untungnya, ada beragam cara mengatasi HB rendah pada ibu hamil di bawah ini. 

Cara mengatasi HB rendah pada ibu hamil

cara mengatasi hb rendah ibu hamil

Faktanya, ibu hamil cenderung lebih berisiko mengalami anemia defisiensi zat besi. Anemia defisiensi besi adalah kondisi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah (hemoglobin) yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh. 

Anemia pada ibu hamil tentu bisa menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu. Contohnya, kelelahan, sesak napas, pusing, kulit pucat, hingga detak jantung yang tepat. Walau begitu, hanya dokter yang bisa mendiagnosis HB rendah berdasarkan pemeriksaan medis. 

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara di bawah ini guna mengatasi HB rendah pada ibu hamil. Berikut tips-tipsnya. 

5 Cara Menurunkan Protein Urin pada Ibu Hamil

1. Konsumsi vitamin prenatal

Salah satu cara mengatasi HB rendah pada ibu hamil adalah mengonsumsi vitamin prenatal yang mengandung zat besi dan asam folat.

Zat besi menjadi nutrisi kunci dalam produksi sel darah merah dan membantu mencegah atau mengatasi anemia pada ibu hamil. 

Cara ini bisa meningkatkan kadar hemoglobin dan membantu perkembangan sel darah guna mencegah cacat tabung saraf pada janin. Konsumsi vitamin prenatal juga menjaga kadar hemoglobin dan melindungi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. 

2. Makan makanan yang kaya zat besi

Selain vitamin prenatal, dokter biasanya merekomendasikan konsumsi makanan yang kaya zat besi untuk mengembalikan kadar hemoglobin pada ibu hamil. Beberapa makanan yang mengandung zat besi tinggi antara lain: 

  • Daging merah
  • Hati sapi
  • Ayam
  • Ikan
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran hijau
  • Biji-bijian

Usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu. Ini bertujuan untuk mengetahui mana makanan yang paling tepat sesuai dengan kondisi ibu hamil sehingga bisa meningkatkan kadar HB tubuh secara alami. 

6 Manfaat Mengonsumsi Labu Siam untuk Ibu Hamil

3. Konsumsi suplemen zat besi

Suplemen zat besi berperan penting dalam mengembalikan kadar hemoglobin (HB) yang rendah. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Selama kehamilan, kebutuhan zat besi akan meningkat karena tubuh ibu hamil memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin.

Jika kebutuhan zat besi tidak terpenuhi melalui makanan, kamu bisa mencoba suplemen zat besi untuk memastikan produksi darah merah cukup. 

4. Pilih makanan yang kaya asam folat

Cara lainnya mengatasi HB rendah pada ibu hamil adalah konsumsi makanan yang kaya akan asam folat.

Asam folat berfungsi membantu memproduksi sel darah merah yang sehat dan meningkatkan sintesis hemoglobin. 

Itu sebabnya, ibu hamil dengan hemoglobin rendah sering dianjurkan untuk meningkatkan asupan makanan yang mengandung asam folat, seperti: 

  • Bayam
  • Brokoli
  • Kacang kedelai atau kacang polong
  • Jeruk
  • Pisang
  • Sereal yang diperkaya asam folat

15+ Makanan Penambah Darah untuk Atasi Anemia

5. Hindari minum teh dan kopi bersamaan

Jika mengalami HB rendah, ibu hamil disarankan untuk tidak minum kopi dan teh bersamaan. Pasalnya, kedua minuman ini mengandung zat yang dapat menghambat penyerapan zat besi, yaitu polifenol. 

Polifenol adalah zat yang dapat mengikat zat besi dalam makanan serta membentuk senyawa kompleks yang sulit diserap oleh tubuh. Akibatnya, penyerapan zat besi menjadi terhambat dan dapat memperburuk kondisi HB rendah.

6 Manfaat Tahu untuk Ibu Hamil, Sumber Protein yang Sehat!

Penyebab HB rendah

penyebab hb rendah saat hamil

Cara mengatasi HB rendah pada ibu hamil memang banyak. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua ibu hamil mengalami HB rendah.

Ini biasanya terjadi karena beberapa kondisi yang dapat diatasi dengan pola hidup sehat. Berikut penyebab kadar hemoglobin rendah. 

  • Kekurangna zat besi dan asam folat
  • Perdarahan akibat komplikasi kehamilan maupun menstruasi berlebihan
  • Penyakit kronis atau gangguan penyerapan
  • Bisul dan polip

Itu tadi sederet cara mengatasi HB rendah pada ibu hamil yang bisa kamu coba di rumah. Dengan memulai pola makan yang sehat dan memenuhi anjuran dari dokter, kamu bisa mengurangi risiko terjadinya anemia. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter ketika kondisi tidak membaik.


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference