vitamin daya ingat anak

Anak-anak menyerap berbagai informasi dan menyimpan memori dengan cepat pada otaknya. Nah, agar kecerdasaran dan perkembangan otak optimal, banyak Moms yang memberikan vitamin daya ingat anak. Lalu, apa saja vitamin itu? Supaya Moms tak penasaran, yuk simak rekomendasinya di artikel ini!

Rekomendasi vitamin daya ingat anak

Ternyata ada beberapa jenis vitamin yang dapat memperkuat daya ingat anak, yaitu:

1. Vitamin C

Vitamin C tidak hanya penting untuk sistem kekebalan tubuh, tetapi juga berfungsi menghambat radikal bebas untuk mencegah kerusakan otak. Selain itu, vitamin ini sebagai neurotransmitter yang dapat membantu proses rangsangan belajar anak.

2. Vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan otak karena kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kelambatan mental dan mudah lupa. Secara alami, vitamin B12 dapat ditemukan dalam daging segar, kerrang, ikan tuna, hingga susu. 

3. Vitamin B6

Tubuh yang kekurangan vitamin ini akan mudah lelah. Vitamin B6 yang cukup menghasilkan dopamin yang cukup. Dopamin adalah neurotransmitter yang membantu meningkatkan fokus sehingga anak bisa lebih memperhatikan pelajaran yang diterima di sekolah.

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B yang Menyehatkan

4. Zat besi

Vitamin lain yang penting untuk produksi dopamin adalah zat besi. Menurut penelitian, 84% anak yang mengalami attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) memiliki kadar zat besi yang rendah dalam darah. 

ADHD adalah gangguan mental yang menyebabkan anak sulit memusatkan perhatian serta memiliki perilaku impulsif dan hiperaktif sehingga cepat stres dan tidak dapat berkonsentrasi dalam waktu yang lama.

5. Vitamin E

vitamin daya ingat anak untuk optimalkan otak dan kecerdasan

Vitamin yang satu ini merupakan salah satu antioksidan yang dapat menangkal racun. Salah satu fungsi utamanya menjaga kesehatan sel darah merah pada anak agar dapat mengirimkan oksigen ke otak sehingga membuatnya berfungsi dengan baik. Moms bisa memberikan telur, almond, hazelnut, kacang tanah, dan brokoli pada menu makanan si kecil.

6. Omega 3

Kandungan vitamin ini sangat penting untuk perkembangan fungsi otak. Kurangnya asupan omega 3 berkontribusi terhadap tingkat IQ yang rendah. Moms bisa memasukkan menu makanan anak yang mengandung omega 3, seperti s ayuran hijau, tahu, udang, ikan teri, ikan kembung, tiram dan jenis makanan lainnya.

7. Vitamin D

Menurut uji klinis dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, remaja dan anak-anak membutuhkan vitamin D 10 kali lebih banyak daripada dosis yang dianjurkan.  Vitamin D penting untuk kesehatan tulang, penyerapan kalsium, dan banyak lagi.

Studi juga menunjukkan hubungan antara vitamin D dan perkembangan otak. Nah, Moms bisa menambahkan susu, yoghurt, sayuran hijau, salmon dan ikan berlemak lainnya pada menu makanan si kecil.

10 Makanan yang Mengandung Vitamin D, Termasuk Sereal!

8. Lutein dan zeaxanthin

Makanan dengan kadar lutein dan zeaxanthin adalah timun Jepang, telur, anggur, jeruk dan kiwi. Anak-anak juga bisa mendapatkan lutein dari kangkung, bayam, dan sayuran hijau berwarna gelap lainnya.

Itulah beragam vitamin daya ingat anak untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan kecerdasan si kecil. Namun, perlu diingat, selain pemberian vitamin, Moms juga perlu memperhatikan asupan gizi harian dan mengajak si kecil bermain yang dapat mengoptimalkan kecerdasan otak

Moms bersama dengan Dads perlu melakukan hal berikut ini untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan daya ingat anak dengan:

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi
  2. Melakukan latihan otak (bisa konsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu)
  3. Jangan lupa beristirahat dan kelola stres
  4. Tidur dengan cukup
  5. Mmengoptimalkan aktivitas kognitif dan tetap aktif secara mental (bisa konsultasikan dengan psikolog anak)

Itulah rekomendasi vitamin daya ingat anak dan sumbernya agar bisa menjadi pilihan Moms atau Dads dalam menyiapkan nutrisi harian si kecil. Semoga artikel ini membantu!


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference